Logo Daihatsu
Menu

Cara Memilih Ban dengan Benar

Otomotif

2020-12-03

memilih ban

Sahabat, mobil kamu tidak mungkin bisa berjalan tanpa ban. Ban adalah salah satu faktor penting yang bisa membawa kamu naik mobil ke mana-mana, lho. Makanya, kalau ban mobil kamu rusak, bisa jadi repot. Udah gitu, kalo kamu pilih ban yang asal-asalan, bisa jadi cepet juga rusaknya.Sahabat, mobil kamu tidak mungkin bisa berjalan tanpa ban. Ban adalah salah satu faktor penting yang bisa membawa kamu naik mobil ke mana-mana, lho. Makanya, kalau ban mobil kamu rusak, bisa jadi repot. Udah gitu, kalo kamu pilih ban yang asal-asalan, bisa jadi cepet juga rusaknya.

Ada beberapa hal yang mesti Sahabat ketahui tentang ban mobil. Tentunya, Sahabat harus tau jenis ban, tahun pembuatan, pola ukiran, dan masih banyak lagi. Di bawah ini, Sahabat bisa lihat cara memilih ban dengan benar. Mari ikuti!

Jenis Ban

Ban punya berbagai macam jenis. Pemilihan jenis ban haruslah sesuai dengan kebutuhan mobil Sahabat. Ada ban dengan jenis ?P?, yang berarti passenger. Ban ?P? bisa digunakan untuk mobil yang mengangkut penumpang. Ada juga ban tipe ?LT? yang berarti Light Truck dan ?ST? yang berarti Special Trailer. Sementara itu, ada juga tipe ?T? yang berarti Temporary. Ban ?T? disebut juga sebagai ban serep. Berdasarkan gambar di atas, kita juga menemukan huruf ?R?.

Huruf ini menunjukkan kriteria ban radial. Kriteria ban dapat dibagi menjadi Radial, Tubeless (tanpa ban dalam), Tubetype (dengan ban dalam), dan Bias. Di dalam ban bias terdapat konstruksi jalinan benang yang disusun secara menyilang. Umumnya, ban bias digunakan oleh kendaraan komersial berukuran besar. Sementara itu, di dalam ban radial terdapat konstruksi jalinan benang yang disusun lurus. Umumnya, ban radial digunakan oleh mobil penumpang biasa.

Ukuran Ban

Setelah melihat jenis ban, Sahabat perlu mengetahui ukuran ban mobil. Ukuran ban mobil dapat dilihat melalui ukiran angka di samping ban, rupanya berbentuk susunan kode. Sebagai contoh, Daihatsu All New Sirion memiliki ban dengan kode 185/55 R15 95H. Angka 185 menunjukkan berapa lebar telapak ban dalam satuan milimeter. Lebarnya sebuah ban dapat mempengaruhi peningkatan performa kecepatan mobilmu. Kemudian, angka 55 menunjukkan menunjukkan ketebalan ban dibandingkan dengan lebar telapak ban. Penulisan angkanya merupakan rasio ban dalam persentase. Berarti angka 55 mengatakan bahwa tebal ban adalah 55% dari 185 milimeter. Semakin tebal sebuah ban, maka keseimbangan mobil dapat lebih terjaga.

Kemudian huruf R menyatakan kriteria ban Radial. Angka 15 menunjukkan diameter pelek yang digunakan dalam satuan inci. Lalu, 95H adalah kapasitas maksimum beban dan batas kecepatan yang aman untuk dioperasikan. Angka 95 memiliki load index sebesar 690 kg sedangkan huruf H melambangkan kecepatan maksimal sampai 210 km/jam. Setiap ban mobil mempunyai kapasitas beban dan kecepatan maksimal yang berbeda. Berikut adalah daftarnya:

Kapasitas Beban

-       Kode 62: 265 kg

-       Kode 63: 272 kg

-       Kode 64: 280 kg

-       Kode 66: 300 kg

-       Kode 68: 315 kg

-       Kode 70: 335 kg

-       Kode 73: 365 kg

-       Kode 75: 387 kg

-       Kode 80--89: 450--580 kg

 

-       Kode 90--100: 600--800 kg

Kecepatan Maksimal

-       Kode P: 150 km/jam

-       Kode Q: 160 km/jam

-       Kode R: 170 km/jam

-       Kode S: 180 km/jam

-       Kode T: 190 km/jam

-       Kode H: 210 km/jam

-       Kode V: 240 km/jam

-       Kode W: 270 km/jam

-       Kode Y: >300 km/jam 

Ukiran Ban


 

Selanjutnya, Sahabat bisa memeriksa ukiran ban. Ban mobil yang bagus harus menekankan besarnya daya gesek ke jalan. Semakin besar daya gesek sebuah ban ke jalan, maka resiko mobil tergelincir dapat diminimalisasikan.

Tahun Pembuatan

Pilihlah ban yang masih berusia muda, lebih bagus lagi baru diproduksi. Ban dengan tahun pembuatan yang lebih muda dapat menjamin kualitasnya yang terjaga. Sahabat bisa melihat kode pada ban untuk mengetahui usianya.

Terdapat empat digit yang berderet, misalnya 0814. Angka 08 menunjukkan minggu pembuatan sedangkan angka 14 menunjukkan tahun pembuatan. Dapat disimpulkan, ban tersebut dibuat pada minggu ke-8 pada 2014. Jangan tergesa-gesa dalam memilih ban mobil. Sahabat perlu memahami kode-kode yang terdapat pada ban, membacanya dengan teliti lalu sesuaikan dengan pelek mobil kamu. Bahkan, Sahabat juga perlu memperhatikan tempat penyimpanan ban mobil tersebut. Sebaiknya, ban mobil tidak disimpan pada tempat yang lembap dan juga tidak mengalami kontak langsung dengan sinar matahari. Untuk mendapat kualitas yang bermutu, tentunya Sahabat dianjurkan untuk membeli ban mobil di tempat yang resmi dan terpercaya.

Baca juga : Jangan Lakukan Ini Supaya Ban Mobil Tetap dalam Kondisi Baik 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Merawat Mobil Saat Musim Hujan Tiba

2020-11-17

Merawat mobil saat musim hujan adalah keharusan. Melakukan hal tersebut sama dengan menyelamatkan mobil Sahabat dari kerusakan jangka panjang. Ada sejumlah cara yang bisa Sahabat lakukan saat henda

thumbnail

Cara Memperbaiki Tape Mobil Mati Total, Yuk Kenali Penyebabnya!

2022-12-29

Tape bisa dibilang sahabat pengusir penat bagi para pengemudi mobil ketika sedang bepergian. Dengan tape, Anda bisa memutar lagu atau video kesukaan Anda sehingga pe

thumbnail

Merk Terbaik Ban Tubeless yang Tersedia di Pasaran

2020-12-03

Ban menjadi salah satu bagian penting dalam setiap kendaraan. Oleh sebab itu pemilihan komponen ban harus diperhatikan dengan seksama baik itu untuk kendaraan otomotif r

thumbnail

Daihatsu Rocky - Sejarah, Spesifikasi hingga Harganya

2021-05-06

Setelah merilis sejumlah mobil kembar seperti Agya dan Ayla, Daihatsu kembali merilis mobil baru hasil kerjasama dengan Toyota, mobil tersebut adalah