Logo Daihatsu
Menu

Jangan Sembarangan Cuci Mobil, Perhatikan Lima Hal ini!

Otomotif

2020-11-03

null

Cuci mobil sekilas tampak sepele. Siram dengan air sabun, bilas dengan air bersih, kemudian lap sampai kering, selesai. Ternyata tidak semudah itu loh Sahabat. Jika dilakukan dengan salah, resikonya cat mobil bisa cepat rusak. Bahkan, di beberapa kasus, cara mencuci yang salah dapat menyebabkan komponen body mobil cepat keropos.

Lalu bagaimana cara cuci mobil yang baik dan benar? Setidaknya, Sahabat perlu memperhatikan lima hal ini bila ingin melakukan cuci mobil sendiri.

1. Biarkan Mesin Dingin Terlebih Dulu

 

Jangan terburu-buru mencuci, ketika mobil selesai digunakan. Sebaiknya diamkan dulu beberapa saat sampai mesin dan knalpotnya dingin. Bila masih panas sudah diguyur air, maka banyak permasalahan yang bisa timbul.

Logam panas dan air dingin adalah dua hal yang saling bertentangan. Hukum fisika dasar menyebutkan perubahan suhu secara tiba-tiba dapat merusak bagian logam, ini berlaku pula pada komponen logan di mobil. Misalnya, bila menyiram knalpot yang masih panas, dapat merusak elemen chrome atau bisa menyebabkan perubahan warna.

2. Tidak Terpapar Matahari Langsung

 

Saat mencuci sebaiknya ditempat yang teduh. Pasalnya bulir-bulir air yang menempel di bodi mobil ibarat kaca pembesar; bila terkena sinar matahari langsung bisa merusak cat. Kemudian panas matahari juga mampu membuat air sabun cepat mengering, sehingga menimbulkan kerak yang sulit dihilangkan. Ciri-cirinya ada noda warna putih setelah mobil kering, terutama di bagian bodi, kaca, dan lain-lain.

3. Kualitas Air

 

Hati-hati dengan kualitas air ketika mencuci mobil. Contohnya ketika di rumah pakai air tanah dengan kadar asam tinggi, maka bisa merusak cat secara cepat dan bahkan menimbulkan jamur. Kalau airnya mengandung kadar garam tinggi, bisa-bisa menyebabkan karat.

Jika Sahabat memiliki saluran air PDAM (Perusahaan Dagang Air Minum), sebaiknya pakai itu saja untuk cuci mobil. Lantaran kadar air sudah dikontrol oleh perusahaan penyedia.

4. Jangan Lupa Kolong

 

Ketika harus cuci mobil sendiri, paling malas memang membersihkan kolong. Hanya saja jangan dituruti malasnya loh Sahabat, karena cuci kolong ini wajib dilakukan. Apalagi sehabis hujan dan melewati jalan berlumpur. Kotoran yang menempel di kaki-kaki mobil, bila didiamkan bisa menyebabkan karat dan keropos. Paling mudah, cuci kolong mobil dengan air bertekanan tinggi supaya kotoran cepat hilang dari sela-sela suspensi dan ban mobil.

5. Kabin Harus Dibersihkan

 

Setelah kolong mobil, bagian kabin juga harus diperhatikan. Kamu bisa gunakan vacuum cleaner dulu untuk menghilangkan debu yang ada di jok dan karpet. Kemudian lap jok, dashboard dan lingkar kemudi dengan cairan kimia khusus.

Mobil bersih merupakan cerminan pribadi penggunanya. Dari cara cuci mobil yang baik dan benar, Sahabat juga bisa memperpanjang usia mobil. Minim masalah, minim reparasi, maka minim pula uang yang harus dikeluarkan. Dari cuci mobil, ujung-ujungnya kamu bisa berhemat loh.

Baca juga : 4 Teknik Sederhana Merawat Ban Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Perbedaan VVTI Dan Non VVTI yang Harus Diketahui

2021-07-22

Seiring perkembangan teknologi, sudah banyak produk kendaraan roda empat yang mengandalkan mesin VVTI namun juga ada yang masih belum menggunakannya. 

thumbnail

Ayla dan Sigra, Mobil LCGC Terbaik dari Daihatsu

2021-01-05

Mobil LCGC adalah singkatan dari Low Cost Green Car atau varian mobil yang muncul setelah ada regulasi otomotif di Indonesia dan mengutamakan harga ekonomis serta spesif

thumbnail

Apa Itu Platina Mobil? Inilah Fungsi & Cara Kerjanya

2022-08-19

Berbicara tentang mobil, pasti Anda pernah mendengar tentang platina. Meski begitu, tidak semua pengguna mobil mengenali apa itu platina mobil, apa fungsinya, dan bagaimana cara ke

thumbnail

Samsat Online Pajak Kendaraan Bermotor – Cek Biaya dan Cara Bayar

2020-10-28

Dulunya, pembayaran PKB harus dilakukan melalui kantor Samsat secara langsung dan tentunya menghabiskan banyak waktu Sahabat untuk mengantri. Namun kini, lewat samsat on