Logo Daihatsu
Menu

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

Otomotif

2020-12-03

mobil bekas

Banyak orang yang memilih mobil bekas dengan alasan murah. Namun untuk membeli mobil bekas harus memiliki beberapa pertimbangan. Mengingat bukan kondisi baru, jadi kita harus teliti dalam memperhatikan kondisi mobil agar nantinya kita tidak tertipu sekaligus menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti Cacat lantaran bekas mengalami kecelakaan, terendam banjir, atau lainnya.
Agar tak menyesal membeli mobil bekas, berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan:

Bandingkan Harga

Pastinya banyak showroom mobil bekas menawarkan harga murah kepada pembelinya. Tentunya ini mempermudah Anda untuk menimbang mana yang terbaik. Alangkah baiknya Anda juga lakukan pengecekan beberapa showroom atau bisa membeli secara online sehingga Anda bisa memilih mobil yang tepat sesuai dengan budget.

Periksa Body Mobil

Jangan tertipu membeli mobil bekas tabrakan. Cara mudah untuk mengetahui mobil yang pernah terlibat kecelakaan adalah dengan memeriksa lekuk bodi dan garis sambungan.  Mobil yang sudah diperbaiki tidak akan bisa sesempurna sambungan yang dibuat dari pabrik. Cara lainnya adalah dengan melihat kondisi cat, karena mobil bekas tabrakan meski sudah dicat ulang warnanya akan berbeda dengan warna orisinalnya.

Cek Mesin

Meski terdengar ribet, hal ini sangat penting dilakukan Anda yang berniat beli mobil bekas. Pastikan keadaan mesin di kedua lokasi tersebut masih baik dan gak karatan. Jangan beli mobil bekas dengan keadaan mesin bocor dan aliran olinya sudah tak beraturan alias bocor. Pasalnya, setelah itu Anda bakal kesusahan untuk mengendarai bahkan merawat mobil. 

Tes Drive

Biar lebih meyakinkan, Anda bisa lakukan dengan test drive, dengan begitu Anda bisa mengetahui langsung apakah ada masalah dalam mobil bekas yang Anda pilih. Selain itu dengan test drive Anda bisa mengetahui peforma mesin, maupun beberapa panel seperti pendingin udara (AC), audio, dan panel indikator pada mobil.

Cek Surat Kendaraan

Sesuaikan nomor rangka dan nomor mesin dengan yang tertera pada BPKB dan STNK. Cek pula ke polisi, apakah pelat mobil tersebut terdaftar atau tidak. Dengan langkah ini, pembeli bisa terhindar dari mobil curian atau kemungkinan surat-suratnya yang bermasalah.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

GPS Tercanggih untuk Mobil Kesayangan Sahabat

2020-12-03

GPS tercanggih adalah alat paling manjur untuk mobil Sahabat. Terutama, dalam menemukan rute jalan yang hendak dituju, atau untuk kepentingan navigasi lainnya.

thumbnail
New

Apa Maksud dari DOT 3, DOT 4, dan DOT 5 pada Minyak Rem?

2020-12-03

Apakah Anda pernah mengamati bahwa di setiap kemasan minyak rem atau cairan rem akan ada kode yang bertuliskan DOT? Kode ini bisa terbagi menjadi minyak rem DOT 4, DOT 5

thumbnail
New

Peraturan Baru Berkendara Selama Masa PSBB Transisi

2020-12-03

Selama masa pandemic Covid-19 seperti sekarang, banyak daerah yang menerapkan karantina wilayah atau yang lebih dikenal dengan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB). Pemb

thumbnail
New

Penyebab Munculnya Karat di Pompa Radiator Mobil

2020-12-03

Salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi penting adalah pompa radiator. Fungsi utamanya adalah untuk mensirkulasi air radiator agar berjalan dengan baik. Namun sem