Logo Daihatsu
Menu

Modifikasi Velg Mobil, Ini Untung dan Ruginya

Modifikasi

2020-11-01

modifikasi velg

Melakukan modifikasi mobil tentu bukan tanpa tujuan. Selain untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik, modifikasi mobil tentu akan memberikan nilai kepuasan tersendiri bagi penggunanya. Pada umumnya bagian-bagian mobil yang di modifikasi beragam. Misalnya menambah stiker pada badan mobil, perangkat audio, lampu, dan yang paling sering di modifikasi adalah bagian velg mobil.

Keuntungan Modifikasi Velg Mobil

Sebagian besar orang merasa bahwa jika ingin memiliki tampilan mobil yang benar-benar berbeda, bagian pertama yang harus di modifikasi adalah velg mobil. Penggantian velg mobil umumnya dari ukuran standar menjadi ukuran yang lebih besar. Memodifikasi velg dengan dimensi yang lebih besar dari ukuran standard nya memiliki tiga keuntungan sebagai berikut.

1. Tampilan Menjadi Lebih Keren

Sudah menjadi hal yang umum, tujuan modifikasi bagian velg mobil adalah mengubah tampilan mobil. Apalagi untuk Sahabat yang ingin tampil dengan beda dan terlihat unik yang berbeda dari yang lainnya bisa memodifikasi pada bagian velg mobil. Selain menjadi unik dan berbeda dari yang lain modifikasi dengan menambahkan variasi-variasi pada bagian velg mobil akan membuat tampilan mobilmu menjadi lebih keren dan terlihat lebih gagah loh, Sahabat!

2. Mampu Menempuh Medan yang Sulit

Selain memberikan tampilan mobil yang lebih keren, variasi velg mobil yang lebih besar juga akan membuat mobil menjadi mampu untuk melewati medan yang sulit sekalipun. Medan sulit yang dapat dilalui oleh model mobil yang telah di modifikasi ukuran velg nya dengan baik di antaranya jalanan berlubang, berbatuan, berundak-undak, hingga yang tidak rata. Kamu tidak perlu khawatir lagi jika melewati jalanan yang demikian. Dengan variasi velg mobil yang lebih besar, body mobilmu menjadi terangkat naik dan tidak masalah saat melewati medan yang sulit tersebut.

3. Tingkatan Performa pada Pengereman

Keuntungan lainnya dari variasi velg mobil yang dibuat lebih besar dari ukuran biasanya yaitu dalam hal performa pengeremannya. Hal tersebut disebabkan oleh luasnya dimensi ban yang akan lebih mencengkram ke aspal. Dilihat dari perhitungan jarak pengereman pun bisa lebih pendek lagi. Misalnya, dalam penggunaan ban standard membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, maka dengan menggunakan mobil bermodifikasi velg dengan ukuran besar ini kamu hanya akan membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 detik untuk melakukan pengereman.

Kerugian Modifikasi Velg Mobil 

Namun, selain memiliki keuntungan, modifikasi bagian velg mobil juga ternyata memiliki kerugian loh, Sahabat. Berikut adalah kerugian dari modifikasi velg  dengan dimensi yang lebih besar dari ukuran standard nya.

1. Boros Bensin

Dengan velg berukuran lebih besar dari standard nya ini mesin mobil tentu harus bekerja lebih keras untuk menggerakan velg dan ban yang ukurannya lebih besar. Hal tersebut menyebabkan konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih meningkat. Apalagi untuk beberapa velg variasi yang berbahan besi ini akan mengharuskan mesin bekerja lebih keras lagi. dan tentunya akan mengonsumsi bahan bakar yang lebih banyak lagi.

2. Fungsi Ban Menjadi Berkurang

Dalam melakukan pergantian dimensi ban yang awalnya berukuran tebal menjadi tipis ini biasanya diikuti dengan melakukan penggantian terhadap perubahan dimensi velg yang lebih besar. Hal ini bertujuan untuk menjaga dimensi lingkar luar roda agar tetap sama. Penggantian ban menjadi lebih tipis tersebut akan menjadikan mobil menjadi lebih keras.

Pada dasarnya ban berfungsi sebagai peredam. Dengan ukurannya yang lebih tipis, tentu akan membuat peredaman yang dilakukan ban menjadi berkurang. Hal tersebut cenderung akan membuat ban mobilmu akan semakin menipis akibat terkikis aspal jalanan.

Nah, itulah keuntungan dan kerugian memodifikasi velg mobil. Namun, sebenarnya modifikasi velg mobil tidak bisa dilakukan sembarangan loh, Sahabat. Selain keuntungan dan kerugian itu, ada hal-hal yang harus dipertimbangkan dan diperhatikan supaya tidak menimbulkan kerugian lainnya yang justru akan menghamburkan banyak uang.

Pertama, perhatikan jarak antara lubang baut pada velg mobil. Kedua, perhatikan juga ukuran diameter velg mobil. Ketiga, perhatikan bahan yang digunakan untuk modifikasi. Keempat, perhatikan off-set velg yang akan dibeli. Kelima, ini yang paling penting nih Sahabat, tentunya perlu Sahabat perhatikan budget yang dimiliki untuk melakukan modifikasi mobil.

Nah, pastikan disini Sahabat sudah mulai mempertimbangkan secara matang sebelum melakukan modifikasi pada velg mobil.

Baca juga : Jangan Sembarangan, Begini Tips Modifikasi Velg Mobil 


Tag

Modifikasi

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Modifikasi Velg Mobil, Ini Untung dan Ruginya

2020-11-01

Melakukan modifikasi mobil tentu bukan tanpa tujuan. Selain untuk membuat tampilan mobil menjadi lebih menarik, modifikasi mobil tentu akan memberikan nilai kepuasan ter

thumbnail

Tips Memilih Velg untuk Memodifikasi Mobil yang Benar!

2020-11-01

Hai Sahabat, apakah Kamu berniat untuk memodifikasi atau mengganti velg mobil supaya mendapatkan tampilan yang berbeda dan keren untuk mobilmu. Biasanya apa sih,

thumbnail

5 Jenis Velg Mobil yang Cocok Buat Modifikasi

2020-11-09

Bagi pecinta otomotif, melakukan modifikasi pada bagian velg mobil sudah menjadi hal yang umum atau bisa dijadikan sebagai hobi. Dengan memodifikasi bagian velg, kendara

thumbnail

Cara Modifikasi Stiker Mobil untuk Tampil Stylish

2020-11-01

Modifikasi stiker mobil merupakan hal menyenangkan bagi sebagian orang, ada juga yang menjadikan hal tersebut sebagai hobi, sehingga tidak peduli seberapa mahal atau seb