Logo Daihatsu
Menu

Amankan Mencuci Mobil dengan Air Bertekanan Tinggi?

Otomotif

2022-03-09

cuci mobil air tekanan tinggi

Mencuci mobil memang membutuhkan waktu yang lama sehingga pemiliknya memilih untuk mencucinya di jasa cuci mobil. Dengan cuci mobil air tekanan tinggi membuat kotoran yang menempel pada mobil lebih mudah menghilang. Akan tetapi amankan hal ini untuk mobil Anda?

Mencuci mobil melalui jasa cuci mobil memang lebih praktis dan efisien, akan tetapi Anda perlu memperhatikan bahwa tidak semua bagian mobil bisa disemprot air dengan tekanan tinggi.

Cuci Mobil Air Tekanan Tinggi, Aman atau Tidak?

Meskipun ada beberapa mobil tertentu yang aman untuk dilakukan cuci mobil dengan air tekanan tinggi, akan tetapi hal ini tidak semestinya sering dilakukan. Tidak hanya mobil-mobil modern jaman sekarang, komponen mobil yang berumur juga dikhawatirkan akan mudah rusak jika menggunakan air bertekanan tinggi.

Lalu, risiko apa saja yang bisa terjadi jika cuci mobil air tekanan tinggi? Berikut penjelasannya:

 Dapat merusak ruang mesin

Jika komponen mobil Anda telah berumur cukup tua, maka Anda perlu waspada jika mencucinya dengan air bertekanan tinggi. Setelah disiram dengan air, maka ruang mesin harus segera dikeringkan. Karena jika tidak dikeringkan bisa menyebabkan karat.

Akan lebih baiknya jika menggunakan ruang mesin tidak menggunakan air dengan tekanan tinggi, baik mobil tua maupun modern. Lebih baik, Anda menggunakan lap basah saja untuk membersihkan ruang mesin mobil Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cairan khusus yang dirancang untuk membersihkan area pada ruang mesin sehingga tidak merusaknya. Untuk itu, Anda bisa membersihkan ruang mesin ini secara mandiri.

Saat membersihkan ruang mesin, Anda tidak perlu terlalu sering membersihkannya karena di dalamnya terdapat banyak sistem elektrik yang berbahaya jika sering dibersihkan.  

Potensi cat mobil mengelupas

Risiko lain yang bisa terjadi jika cuci mobil dengan air tekanan tinggi adalah cat mobil berpotensi untuk mengelupas terutama bagi cat mobil yang pernah repaint atau cat mobil yang kualitasnya kurang baik.

Hal ini biasa terjadi karena teknik penyemprotan air bertekanan tinggi yang kurang tepat sehingga bisa menimbulkan goresan dari kotoran yang awalnya menempel menjadi tergerus dan catnya memudar.

Untuk itu, Anda bisa memberitahukan kepada petugas cuci mobil untuk mencuci mobil dengan air yang tekanannya tidak terlalu tinggi agar proses cuci mobil bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Jika mencuci mobil di bagian panel bodi plastic sebaiknya tekanan air diarahkan frontal atau tidak menyamping. Hal ini karena daya lekat cat mobil di panel plastic lebih lemah dibandingkan dengan panel bodi logam. Sisanya, proses penyemprotan air bisa dilakukan dari atas ke bawah agar bersih merata.

Menyebabkan kolong mobil keropos

Mencuci mobil dengan tekanan tinggi juga bisa menyebabkan kolong mobil keropos. Hal ini terjadi karena mencuci kolong mobil terlalu sering, bahkan bisa merusak lapisan plat pada dek kolong mobil Anda.

Air tersebut akan mengendap dan lama-kelamaan bisa menyebabkan keropos pada bagian tertentu. Dalam hal ini, Anda bisa mempercayakan cuci mobil di jasa mobil yang menggunakan teknologi hidrolik.

Baca Juga: Cara Cuci Mobil yang Benar Agar Cat Tidak Cepat Kusam

Akan tetapi, Anda juga perlu mewaspadai bagian suspense atau kaki-kaki setelah cuci mobil. Hal ini disebabkan karena jenis dongkrak yang digunakan hanya bertumpu pada rangka bawah.

Akibatnya, roda jadi menggantung bebas saat mobil sudah terangkat. Jika sudah begitu, suspensi roda akan kehilangan pijakan dan bisa mengakibatkan melemahnya kekuatan suspensi mobil.

Dapat merusak bagian lampu mobil

Untuk melunturkan kotoran pada mobil, jasa cuci mobil biasa menggunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkannya. Hal ini ternyata juga bisa membahayakan bagian lampu mobil Anda.

Bagian-bagian seperti lampu mobil dan sensor parkir di bumper belakang, ternyata akan rentan rusak jika terkena air bertekanan tinggi. Ada kemungkinan air yang disemprotkan bisa masuk ke sela-sela lampu maupun ke dalamnya.

Hal ini dikhawatirkan bisa mengganggu kelistrikan lampu dan sensor karena sisa airnya membuat terjadi nya korsleting saat ada arus listrik. Untuk itu, pastikan jasa cuci mobil menyemprot bagian tersebut dengan air bertekanan rendah.

Dapatkan Layanan Servis Terbaik di Bengkel Daihatsu!

Itulah beberapa risiko yang terjadi jika Anda sering mencuci mobil dengan air tekanan tinggi. Memang diperlukan kemampuan yang tepat agar proses mencuci mobil dapat dilakukan dengan benar sehingga hasilnya optimal.

Hanya saja, Anda perlu memperhatikan bagian-bagian mobil yang berisiko mengalami gangguan jika cuci mobil dengan air tekanan tinggi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika bagian-bagian tersebut mengalami gangguan setelah Anda mencuci mobil, maka ada baiknya jika Anda segera membawanya di bengkel Daihatsu terdekat di kota Anda.

Kami akan membantu Anda dalam mengatasi kendala serta gangguan yang menyebabkan kerusakan pada mobil Anda sehingga mobil Anda bisa kembali dalam keadaan normal.

Bengkel Daihatsu kami didukung oleh mekanik yang berpengalaman sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada kendaraan Anda dengan mudah. Dapatkan informasi selengkapnya melalui laman website kami hanya disini. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Pendingin Tidak Berfungsi dengan Baik, Berikut Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Harus Diganti

2022-03-09

Kehadiran air radiator sebagai komponen pendingin berfungsi untuk membantu suhu mesin pada kendaraan tetap stabil. Sehingga Anda

thumbnail

Perlukah Mobil Baru Dipasangi Anti Karat dan Kisaran Biayanya?

2022-03-09

Perlukah mobil baru dipasangi anti karat dan biaya dalam kisaran berapa, mungkin itu yang menjadi pertanyaan Anda saat ini. Jika Anda ingin mengetahui l

thumbnail

Beberapa Cara Reset Alarm Mobil yang Bisa Dilakukan

2022-03-09

Seringkali, alarm mobil mengalami masalah yang mengharuska

thumbnail

Tips Memilih Ban Mobil Agar Tak Salah Pilih

2022-03-09

Tips memilih ban mobil adalah hal yang harus Sahabat ketahui. Dengan tips tersebut, Sahabat bisa terhindar dari memilih ban mobil yang salah. Dengan begitu, peluang Saha