Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Airbag Mobil? Begini Cara Kerja & Fungsinya

Otomotif

2022-08-19

apa itu airbag mobil

Apa itu airbag mobil? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di benak Anda. Di dalam sebuah mobil, keselamatan menjadi sebuah bagian yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena fitur keselamatan akan membantu pengendara dengan lebih aman. 

Dari sejumlah fitur keselamatan, salah satu jenis yang banyak digunakan adalah airbag. Airbag merupakan fitur yang berada di bagian depan sebagai pencegah terjadinya benturan di kepala pengemudi serta penumpang bagian depan. 

Tetapi, sekarang ini sudah banyak mobil yang meletakkan airbag di bagian samping mobil selain airbag yang berada di bagian depan.

Apa itu Airbag Mobil?

Airbag mobil merupakan inovasi keselamatan yang penting dalam beberapa waktu belakangan ini. Fitur keselamatan yang dimiliki mobil ini akan memberikan perlindungan saat pengendara mengalami kecelakaan.

Dimana letak airbag pada mobil? Biasanya, airbag mobil tersembunyi dan muncul ketika terjadi kecelakaan yaitu di bagian depan dan samping. Bahkan, airbag depan sudah menjadi keselamatan untuk seluruh kendaraan dari tahun 1999.

Sedangkan, untuk airbag bagian samping bukan sebuah kewajiban, tetapi banyak pabrik yang memasukkannya sebagai komponen standar. 

Penempatan dari airbag di depan serta samping akan membantu menyelamatkan banyak nyawa. Contohnya, di bagian depan saja bisa mengurangi kecelakaan fatal hingga 29% untuk sang pengemudinya. Kemudian di penumpang bagian depan hingga 32%. 

Sedangkan, airbag yang berada di samping bisa melindungi kepala dan dapat mengurangi risiko meninggalnya pengemudi di kecelakaan dari samping hingga 37%.

Hingga sekarang, para insinyur terus menerus mencari cara agar dapat menggunakan airbag dengan aman. Di bagian kaca belakang airbag sengaja dibuat untuk melindungi orang-orang yang duduk di kursi bagian belakang ketika terjadi kecelakaan dari belakang. 

Kemudian, airbag yang berada di samping bisa mengurangi kemungkinan saling menyakiti antar penumpang ketika terjadi kecelakaan. 

Baca Juga : Keuntungan Memilih Mobil dengan Fitur Airbag

Fungsi Airbag Pada Mobil

Setelah mengetahui apa itu airbag mobil, berikutnya Anda harus mengenal fungsi yang dimilikinya. Airbag adalah fitur keselamatan yang dapat mengurangi cedera penumpang serta pengemudi ketika terjadi kecelakaan. 

Tetapi, fitur ini tidak selalu muncul ketika terjadi kecelakaan tertentu sehingga pengendara juga harus memahami kapan airbag dapat muncul serta tetap menggunakan sabun pengaman untuk pelindung utama.

Airbag akan membantu menjadi pelindung ketika terjadi kecelakaan yang terbentur keras. Fitur ini juga bisa membantu pengendara serta penumpang agar tidak mengalami cedera fatal. 

Lebih-lebih cedera fatal ini umumnya mengenai bagian dada, leher, serta kaki. Airbag umumnya akan langsung muncul sesudah kecelakaan terjadi dan berbagai bagian tubuh tersebut dapat terlindungi. 

Bagaimana dengan lokasinya? Pada dasarnya, lokasi airbag bergantung dari tipe mobil Anda. Umumnya airbag ada di bagian depan. Tetapi, seperti yang sudah disinggung di atas, ada pula airbag yang lokasinya berada di samping. 

Bila hanya menggunakan pelindung seperti sabuk pengaman, hal ini akan membuat cedera di bagian kepala serta dada yang parah. Tetapi, dengan adanya airbag, airbag bisa membantu memperlambat gerak laju penumpang dalam waktu yang singkat ketika kecelakaan terjadi.

Lalu, Apakah semua mobil memiliki airbag? Tidak semua mobil mempunya airbag. Nah, untuk mengetahui mobil apa saja yang dilengkapi komponen airbag dan kisaran harganya, bisa klik link berikut Kisaran Harga Airbag Mobil Beserta Daftar Mobil yang Sudah Dilengkapi Airbag.

Cara Kerja Airbag Mobil

Airbag ini bekerja dengan otomatis ketika sensor merasa terdapat perlambatan kecepatan yang cukup tinggi serta terjadi benturan keras di beberapa bagian. Sensor airbag ini biasanya berada di depan serta langsung mengirim sinyal agar katup udara menjadi panas dan gas nitrogen mengisi airbag ini. 

Ketika terjadi kecelakaan, kepala pengemudi serta penumpang akan langsung terkena benturan airbag serta kantong udara akan mengeluarkan gas nitrogen yang ada. Perlu diketahui bahwa gas di airbag bukanlah jenis gas berbahaya. 

Setelah mengetahui apa itu airbag mobil, cara kerja airbag, hingga fungsinya pastikan untuk selalu memeriksa kerusakan pada sistem airbag apakah dalam kondisi baik atau rusak. Jika airbag pada mobil rusak, Anda bisa memperbaikinya dengan melakukan service berkala di bengkel resmi Daihatsu untuk memastikan performa komponen ini. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mudah Melepas Sabuk Pengaman Mobil Yang Benar

2022-08-01

Meskipun terbilang mudah cara melepas dan memasang sabuk pengaman mobil, namun masih banyak orang yang mengabaikannya. Sabuk pengaman diciptakan untuk keamanan pengemudi dan penumpang  mobil a

thumbnail

Tips Memilih Mobil Pick Up Terbaik Beserta Rekomendasinya

2021-01-05

Mobil pick up terbaik adalah hal yang Sahabat miliki, jika hendak memiliki mobil untuk kendaraan niaga. Adanya mobil pick up bisa membantu Sahabat dalam membawa barang-b

thumbnail

Kenali Gejala Awal Rusaknya AC Mobil

2021-02-19

Mobil tanpa AC ibarat kaum adam tanpa kaum hawa. Merasa hidup tapi serasa ada yang kurang alias belum lengkap. Kamu juga pasti tidak ingin menghadapi teriknya sinar mata

thumbnail

Seperti Apa Ciri Kompresor AC Mobil Rusak?

2020-12-03

Mengetahui ciri kompresor AC mobil rusak adalah mutlak adanya. Mengetahui hal itu bikin Sahabat paham mengapa sebuah kompresor AC mobil bisa mengalami kerusakan. Jika Sahabat belum mengetahui hal i