Logo Daihatsu
Menu

Inilah Cara Kerja Airbag Mobil Beserta Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Otomotif

2020-12-15

driver airbag

Mengetahui cara kerja airbag mobil adalah hal yang akan membuat Sahabat menyadari betapa berartinya airbag pada mobil. Utamanya, bagi keselamatan Sahabat selaku pemilik mobil.

Cara kerja airbag sendiri tidaklah terlalu sederhana. Cara kerja komponen mobil yang tidak sederhana itu akan kami bahas di artikel ini. Namun, sebelum itu, akan kami beritahu lebih dulu apa fungsi dan jenis dari airbag itu sendiri.

Fungsi Airbag Pada Mobil

Mengetahui fungsi airbag pada mobil terbilang penting. Mengetahui itu akan membuat Sahabat mengenal airbag, sekaligus mempermudah Sahabat dalam memahami cara kerjanya.

Fungsi utama airbag sendiri adalah melindungi kepala saat kecelakaan mobil terjadi. Dengan adanya airbag, kepala Sahabat akan terhindar dari cedera parah akibat kecelakaan mobil. Airbag lazimnya dipasang di beberapa bagian mobil yang rentan terbentur oleh kepala. Utamanya, saat kecelakaan mobil terjadi.

Selain kepala, airbag juga bisa melindungi dada dan leher Sahabat saat terjadi. Itu pun dengan catatan jika airbag yang dipakai merupakan jenis airbag yang lazim diletakkan di dekat kepala, dada, dan leher.

Jenis-Jenis Airbag

Saat ini, airbag telah tersedia dalam berbagai jenis. Jenis-jenis airbag sendiri terbentuk berdasarkan dimana airbag itu terpasang. Adapun jenis-jenis airbag itu adalah:

1. Driver Airbag

Jenis airbag yang pertama ini lazim dipasang di roda kemudi mobil. Utamanya, di bagian tengah. Jenis airbag ini tergolong wajib dimiliki setiap pemilik mobil. Terlepas apa pun jenis mobilnya.

Roda kemudi atau setir sendiri merupakan area yang rawan terkena benturan kepala, terutama saat kecelakaan terjadi. Dengan adanya jenis airbag ini, kepala tak akan terbentur ke roda kemudi.

2. Side Airbag

Kalau yang satu ini lazim dipasang disamping pengemudi mobil. Dengan adanya jenis airbag ini, tubuh pengemudi tidak terbentur ke samping saat kecelakaan terjadi. Terutama, bila kecelakaannya berupa tabrakan mobil dari arah samping.

3. Passenger Airbag

Sesuai namanya, jenis airbag ini diperuntukkan untuk melindungi penumpang mobil. Khususnya, penumpang yang duduk di bagian depan. Jenis airbag ini biasa dipasang di dalam dasbor mobil. Beberapa pemilik mobil juga di luar dasbor mobil.

Pastikan airbag ini tidak dipasang bersama dengan benda yang mudah terpental. Ponsel misalnya. Sebab, jika itu terjadi, airbag jenis ini akan mementalkan benda itu saat jenis airbag ini mengembang.

4. Curtain Airbag

Jenis airbag ini lazim dipasang di atap yang ada di dalam mobil. Jenis airbag ini bisa melindungi kepala dan leher pengemudi dan penumpang mobil. Utamanya saat mobil terjungkal akibat kecelakaan.

Cara Kerja Airbag Mobil

Kini kita masuk ke bahasan utama artikel ini, yaitu cara kerja airbag mobil. Sesuai dengan yang kami sebutkan sebelumnya, kalau cara kerja airbag mobil sendiri tidaklah sederhana. Jika diuraikan dengan subjudul, cara kerja airbag mobil kurang lebih seperti ini:

Dimulai dari Benturan Pada Mobil

Airbag akan mulai bekerja bila mobil mulai mengalami benturan, khususnya saat kecelakaan terjadi. Bila benturan terjadi, sensor mobil akan mengirimkan sinyal ke airbag.

Setelah menerima sinyal, airbag akan memanas dan mengeluarkan zat nitrogen. Zat tersebut nantinya akan membuat airbag mengembang. Zat nitrogen pada airbag sendiri tergolong aman. Selain mengembangkan airbag, nitrogen juga bikin airbag tidak lengket saat masih belum mengembang.

Terbentur Oleh Pengemudi

Setelah airbag berhasil berkembang, airbag akan langsung terbentur oleh pengemudi (biasanya di bagian kepala) yang terkena dampak kecelakaan. Bila berhasil terbentur, airbag akan langsung mengempis secara perlahan

Khusus untuk Side Airbag, jenis airbag ini akan mengembang bila mobil mengalami kecelakaan dari sisi berlawanan. Misalnya, jika Side Airbag terpasang di sebelah kiri, maka jenis airbag ini akan mengembang saat mobil kecelakaan di sebelah kanan.

Mengetahui cara kerja airbag mobil adalah hal yang akan membuat Sahabat menyadari betapa berartinya airbag pada mobil. Utamanya, bagi keselamatan Sahabat selaku pemilik mobil.

Bila Sahabat belum mengetahuinya, Sahabat bisa membaca uraian yang sudah tertera di artikel ini. Semoga bermanfaat dan bisa dipahami, ya!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Alasan Mengapa Knalpot Mobil Lebih Mudah Bocor di Musim Hujan

2021-12-30

Risiko knalpot mobil bocor di musim hujan lebih besar. Hal itu karena faktor air hujan yang mengendap di bagian knalpot. Maka dari itu, membutuhkan pengecekan secara berkala.Tujuannya untuk

thumbnail

Inilah Perbedaan Speedometer, Odometer, & Tachometer Mobil

2022-09-14

Bicara soal alat ukur kecepatan di dalam dunia otomotif, kebanyakan orang identik dengan speedometer mobil. Hampir semua kalangan mengenali apa itu speedometer, mulai dari kalangan pecinta otomotif

thumbnail

Berikut Tips Membersihkan Kaca Spion Mobil yang Bisa Sahabat Lakukan Sendiri

2020-12-22

Tips membersihkan kaca spion mobil adalah hal yang perlu diketahui, saat Sahabat mau membersihkan

thumbnail

Apa Itu Onderdil? Pahami Jenis-Jenisnya pada Mobil di Sini!

2023-10-06

Apa itu onderdil mungkin menjadi salah satu pertanyaan bagi Anda yang masih awam soal dunia otomotif. Untuk mengetahui tentang onderdil kendaraan bermotor serta jeni