Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Jack Stand Mobil, Fungsi, Komponen & Penggunaannya

Otomotif

2023-03-21

Apa itu Jack Stand Mobil, Fungsi, Komponen & Penggunaannya

Fungsi jack stand sangat krusial karena peralatan yang satu ini tidak boleh terpisahkan dengan alat dongkrak mobil. Jika Anda penasaran dengan fungsi tersebut, Anda perlu memperhatikan ulasan di bawah ini. Karena akan dijelaskan secara lengkap mengenai fungsi, komponen, dan cara penggunaan jack stand mobil yang benar. Berikut ulasan selengkapnya.

Apa itu Jack Stand Mobil?

Ketika Anda mendengar istilah jack stand, pasti Anda bertanya-tanya apa sebenarnya jack stand itu? Pasalnya hal tersebut selalu dibahas ketika mobil mengalami permasalahan di tengah perjalanan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jack stand merupakan sebuah alat untuk melakukan perbaikan mobil di kala kondisi sedang darurat.

Jack stand sendiri biasanya sepaket dengan penggunaan dongkrak mobil. Jack stand sendiri merupakan alat perbaikan mobil yang digunakan untuk menopang bodi mobil dengan kapasitas berat bodi dan ketinggian tertentu. 

Baca Juga : Sering Keliru, Begini Cara Mendongkrak Mobil yang Aman

Fungsi Jack Stand Mobil 

Jack stand sendiri memiliki beberapa fungsi penting sebagai berikut.

1. Mengangkat bodi mobil

Fungsi utama jack stand untuk mengangkat bodi mobil, ketika bagian bawah mobil bermasalah misalnya mesin bawah mobil bermasalah atau penggantian ban.

Dengan adanya jack stand, Anda bisa melihat dan memeriksa bagian bawah mobil yang sedang bermasalah. Serta memudahkan Anda ketika sedang melakukan perbaikan. 

2. Menjaga keamanan ketika sedang memperbaiki mobil

Ketika ban mobil Anda pecah di tengah jalan, Anda tentu perlu mendongkrak mobil untuk melakukan proses penggantian. Ketika Anda melakukan proses perbaikan tersebut, Anda perlu bantuan jack stand untuk menopang beban mobil dan meninggikan mobil sesuai dengan standar ketinggian proses pendongkrakan.

Jack stand akan membantu menyangga bodi mobil tersebut agar tidak jatuh mengenai Anda ketika proses perbaikan berlangsung. Atau menghindari kaki terjepit. 

Komponen-Komponen Jack Stand Mobil

Sebelum Anda memahami bagaimana cara menggunakan jack stand yang benar dan aman. Anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai komponen-komponen di dalamnya. Berikut komponen selengkapnya.

1. Pin pengunci atau lock pin

Komponen ini dibuat dari material besi dan memiliki bentuk bundar atau segitiga. Komponen ini berfungsi sebagai pengunci dan penahan komponen tube agar kestabilan jack stand selalu terjaga saat digunakan.

2. Rahang atau tube

Komponen ini berfungsi sebagai tempat atau alas dimana bagian bawah bodi mobil diletakkan. Untuk menghindari lecet di bagian bawah bodi mobil, komponen ini dilengkapi dengan fixture (sadel). Sedangkan di bagian bawah komponen ini, ditopang dengan base jack agar komponen ini tidak turun ketika digunakan. 

3. Pengatur tube atau control lever

Komponen ini berbentuk tuas dan berfungsi sebagai penahan tube dan pengatur ketinggian tube. 

4. Base jack

Seperti yang dijelaskan di atas, base jack berfungsi menopang jack stand ketika proses pengangkatan bodi bawah mobil. 

Baca Juga : Dongkrak Hidrolik: Fungsi, Cara Kerja & Tips Menggunakannya

Cara Menggunakan Jack Stand yang Benar dan Aman

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan ketika hendak menggunakan jack stand mobil agar aman. Berikut langkah selengkapnya.

  1. Pertama-tama Anda lepas terlebih dahulu bagian pin pengunci sehingga bagian tube bisa dikendalikan naik atau turun.
  2. Langkah selanjutnya, Anda bisa menaikkan bagian tube sesuai dengan tinggi mobil.
  3. Langkah ketiga, kunci kembali dengan cara memasukkan bagian pin pengunci ke bagian lubang pengunci.
  4. Langkah keempat, letakkan jack stand di bagian chassis atau as roda mobil. Anda bisa meletakkannya di bagian bawah samping jika mobil yang Anda gunakan berjenis sedan.
  5. Jika posisi dirasa sudah sesuai dan tepat, Anda bisa menurunkan dongkrak secara perlahan.

Demikian cara penggunaan jack stand yang benar dan aman yang bisa Anda praktikkan. Bagaimana? Mudah sekali bukan.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Cara Membuka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam

2021-01-14

Sebagai pemilik kendaraan roda empat, pernahkah Anda menemukan momen kunci yang tertinggal di dalam mobil?  Dengan keadaan y

thumbnail

5 Cara Mengecas Aki Mobil Sendiri Dengan Benar

2022-08-30

Aki mobil merupakan bagian krusial yang tentu dimiliki oleh setiap kendaraan. Seperti komponen penting lainnya, aki juga membutuhkan perawatan intens agar kinerja mobil tetap stabil. Salah satu per

thumbnail

Sudah Tahu Cara Setel Karburator Mobil Biar Lebih Irit?

2020-12-30

Karburator termasuk salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting, karena bertugas mengabutkan bahan bakar yang kemudian diolah menjadi tenaga untuk mengoperasik

thumbnail

Pengendara Wajib Tahu! Yuk Simak Bagian-Bagian Mobil dan Fungsinya

2021-01-14

Bisa dibilang sebuah kendaraan akan sulit bergerak atau dinyalakan tanpa adanya beberapa komponen di dalamnya. Jika salah satu ba