Logo Daihatsu
Menu

Mengenal 3 Jenis Dongrak dan Bagaiman Cara Menggunakannya

Otomotif

2020-11-15

cara menggunakan dongkrak mobil

Setiap mobil wajib memiliki dongkrak, karena alat satu ini dapat membantu sang pemilik mobil untuk mengganti ban kendaraan yang kempes atau terjadi kebocoran. Saat ini, ada berbagai jenis ban mobil yang ada di pasaran. 

Alat canggih yang satu ini dihadirkan dengan berbagai macam jenis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis dongkrak bagaimana cara menggunakannya dengan benar.

1. Dongkrak Botol 

Salah satu jenis dongkrak yang banyak ditemukan di dalam mobil adalah dongkrak botol. Alat bantu satu ini memiliki dimensi ringan serta berukuran mungil, sehingga sangat mudah disimpan di dalam mobil tanpa memakan tempat. 

Oleh sebab itu, tidak mengherankan jika banyak pemilik kendaraan yang menyediakannya sebagai alat bantu andalannya. 

Sebenarnya jenis dongkrak satu ini masuk dalam kategori dongkrak hidrolik, lantaran pengguna hanya perlu mengangkat serta menekan tuas pengungkitnya untuk mengongkrak kendaraan. 

Sedangkan cara kerjanya sendiri cukup sederhana, namun pengguna sudah bisa mendapatkan segudang keuntungannya. 

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menggunakan dongkrak yang benar? Pertama tama, tempatkan alat bantu tersebut di tempat yang memungkinkan untuk melakukan dongkrak kendaraan. Setelah mendapatkan tempat yang cocok, ambillah batang tuas nya kemudian putar pengunci hidrolik menuju ke arah kanan. 

Usai berhasil dilakukan, silahkan pindahkan tangkai dongkraknya menuju tuas hidrolik dan mulailah memompa dengan cara menaik turunkan uas tersebut. 

Perlahan namun pasti, mobil akan terangkat dan sesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk cara menurunkan kendaran kembali, Anda hanya perlu memutar tuasnya dengan arah berlawanan. 

Baca juga: Hati-Hati!Tidak Bawa Ban Serep Kurungan Penjara Menanti

2. Dongkrak Gunting 

Bagi Anda yang mencari dongkrak yang memiliki desain ringkas serta tidak memakan tempat, maka memilih dongkrak gunting bisa menjadi pilihan tepat. 

Bahkan bisa dikatakan bahwa alat bantu satu ini adalah piranti standar bagi setiap mobil. Oleh sebab itu, jenis dongkrak satu ini cukup populer ditemukan di dalam sebuah mobil pribadi.

Cara menggunakan dongkrak satu ini pun terbilang cukup mudah diterapkan, karena pengguna hanya perlu memutar tuas pengungkitnya searah jarum jam apabila ingin mendongkrak kendaraan. 

Sedangkan langkah sebaliknya berfungsi untuk menurunkan mobil hingga rodanya menapak di permukaan aspal kembali. Secara teori, kemungkinan dongkrak mobil menggunakan alat canggih ini cukup mudah dilakukan. 

Namun dalam prakteknya sendiri, ternyata sangat berbeda dengan apa yang dibayangkan. Kesulitan dongkrak kendaraan menggunakan alat ini, berasal dari tuas pengungkitnya yang terasa kurang nyaman digunakan. 

Baca juga: 5 Tips Mudik Aman dan Nyaman dengan Mobil bersama Keluarga!

3. Dongkrak Buaya 

Jenis dongkrak yang tidak kalah populer digunakan yaitu dongkrak buaya. Namanya yang unik tersebut, didapatkan dari bentuk mulutnya yang akan mengingatkan Anda pada moncong buaya ketika terbuka. 

Sedangkan dari segi sistem kinerja mesinnya, dongkrak satu ini memanfaatkan sistem hidrolik layaknya dongkrak botol. Meski menggunakan sistem hidrolik yang serupa, namun soal kualitas dongkrak buaya masih menjadi juaranya. 

Sebab dongkrak satu ini dilengkapi dengan roda pada bagian bawahnya yang memudahkan pengguna untuk memindahkannya dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Sedangkan cara menggunakan dongkrak buaya terbilang mudah, sehingga Anda bisa melakukannya sendiri. Pernahkah Anda melihat seseorang menggunakan dongkrak ketika ban kendaraan terjadi masalah? 

Melihatnya dari kejauhan terasa gampang, namun siapa sangka jika penggunaannya sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Sebab Anda harus menggunakannya sesuai prosedur agar keselamatan diri tetap terjaga. 

Baca juga: Ban Mobil Wajib Diganti Bila Empat Indikator Ini Tampak!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Penyebab Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut dan Solusinya

2022-09-09

Apakah Anda pernah mengalami masalah kunci mobil tidak bisa dicabut meski mesin mobil dalam keadaan mati? Pasti Anda langsung panik dan bingung ketika kondisi ini tiba-tiba terjadi.Meski saa

thumbnail

5 Penyebab Alternator Tidak Mengisi yang Perlu Pengendara Ketahui!

2021-01-14

Tidak sedikit pemilik kendaraan roda empat, mengabaikan perawatan berbagai komponennya. Padahal hal ini bisa menyebabkan kerusakan, terutama pada bagian alternator. Untu

thumbnail

Parkir Mobil Menanjak dan Cara Melakukannya

2021-01-02

Parkir mobil menanjak adalah hal yang sebetulnya berbahaya, karena akan merusak sejumlah komponen mobil. Sayangnya, hal itu masih dilakukan karena sejumlah faktor. Mulai