Logo Daihatsu
Menu

5 Jenis Ban Mobil yang Ada di Pasaran

Otomotif

2020-11-09

jenis ban mobil

Ban merupakan salah satu komponen vital bagi kendaraan bermotor, dimana fungsinya sendiri bak kaki pada manusia. Tanpa adanya ban, kemungkinan besar kendaraan tidak akan bisa menelusuri jalan dengan mulus. 

Meski tampak serupa, ban kendaraan roda empat dibagi menjadi beberapa jenis dan disesuaikan dengan medannya. Berikut jenis ban mobil yang wajib Anda tahu. 

1. Ban Tubeless 

Bagi Anda yang tertarik dalam bidang otomotif, tentunya sudah tidak asing mendengar jenis roda bernama ban tubeless. 

Jenis roda satu ini sudah banyak disematkan pada mobil canggih jaman sekarang, karena ban satu ini diklaim memiliki ketahanan udara sehingga tidak mudah kempes bahkan tanpa dilengkapi ban dalam sekalipun.

Daya tahannya dari adanya cairan anti bocor yang ditambahkan saat roda pertama kali disematkan pada kendaraan. 

Cairan inilah yang membuatnya tidak mudah mengalami kebocoran udara layaknya jenis roda pada umumnya. Bahkan ketika ban secara tidak sengaja tertusuk paku maupun kerikil, roda penggeraknya tidak akan kempes seketika.

2.  Ban Bias 

Ban bias tidak kalah populer digunakan sebagai salah satu jenis ban mobil jaman sekarang. Ban satu ini terpilih menjadi salah satu jenis roda penggerak terbaik, karena terbuat dari berlembar lembar cord yang umumnya digunakan pada rangka ban itu sendiri. Ketika badan ban tersentuh ke aspal jalanan, secara otomatis panasnya akan tersentral ke bagian tengah. 

Baca juga: Hal yang Harus Dipahami Mengenai Penentuan Tekanan Ban Mobil

3. Ban Radial

Ban radikal adalah salah satu jenis roda yang banyak ditemui dalam kehidupan sehari hari. Pasalnya roda satu ini terbuat dari lapisan serat dengan arah menyilang di bagian lingkar ban. Umumnya ban satu ini banyak disematkan pada kendaraan yang membawa penumpang ataupun pada truk bermuatan ringan. 

4. Ban RFT (Run Flat Tyre)

Ban mendadak terasa kempes di tengah perjalanan ? Kondisi tersebut tidak akan meresahkan ketika kendaraan menggunakan jenis ban mobil RFT. 

Bahkan dengan ban satu ini, kendaraan dapat melesat pada angka kecepatan tertentu meski tidak ada angin di dalam bannya. S

ebab ban satu ini diklaim mampu melaju dalam tekanan 0 hingga 80 km dengan kecepatan mencapai 80 km/jam. 

Tentu saja keunggulan tersebut tidak dimiliki oleh ban konvensional yang dua kali mudah tercabik ketika pengemudi melanjutkan perjalanan meski mengetahui ban kendaraan kempes. 

Untuk mendapatkan keuntungan tersebut, Anda harus rela mengeluarkan dana sedikit lebih banyak, mengingat daya tahan bannya yang begitu tinggi. 

Baca juga: Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil

5. All Terrain

Apakah Anda ingin membawa si kendaraan kesayangan melaju di medan yang terdapat kubangan air atau cenderung lembab? Tidak perlu khawatir ban akan rusak, karena Anda bisa mengandalkan jenis ban mobil all terrain sebagai solusinya. 

Sebab tekstur ban didesain khusus agar tahan dalam melaju di medan yang dipenuhi kerikil, tanah, atau bahkan berair. 

Seiring berjalannya jaman, berbagai vendor mobil berlomba lomba menciptakan produk baru demi memenuhi kebutuhan penggunanya. 

Selain menyesuaikan mesin canggih yang digunakan, ternyata ban yang digunakan pun harus disesuaikan dengan jenis mobilnya. Bahkan ban perlu mendapatkan perhatian khusus, karena tidak semua medan dapat dilalui dengan jenis ban biasa. 

Baca juga: 4 Teknik Sederhana Merawat Ban Mobil


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Daftar Aplikasi Cek Nomor Plat Kendaraan Beserta Cara Memakainya

2020-12-24

Aplikasi cek nomor plat kendaraan adalah alat yang bisa membantu Sahabat untuk mengecek

thumbnail

Rekomendasi Mobil Kecil untuk 4 Orang & Harganya [2024]

2024-02-15

Mobil kecil untuk 4 orang saat ini merupakan solusi yang tepat bagi Anda yang hidup di perkotaan. Seperti diketahui, jalanan di perkotaan kerap kali mengalami macet.

thumbnail

Sederet Mitos dan Fakta Ganti Oli Mobil yang Perlu Diketahui

2021-08-31

Oli berperan sebagai pelumas pada komponen-komponen mesin mobil Anda. Perawatan mesin seperti mengganti oli mobil perlu dilakukan secara berkala guna menjaga stabilitas

thumbnail

Di Musim Hujan,Ini Bagian Terpenting Dalam Mobil yang Membutuhkan Perhatian Ekstra

2021-02-18

Hayo siapa di sini yang sayang banget sama mobilnya? Meskipun hanya sebuah benda, tentunya sahabat sangat menyayangi mobil dong, apalagi mobil hasil kerja keras sendiri,