Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Mobil LCGC? Ini Konsep dan Keunggulannya

Otomotif

2023-12-17

Apa Itu Mobil LCGC? Ini Konsep dan Keunggulannya

Ketika Anda hendak mencari referensi sebelum membeli mobil, pasti Anda pernah mendengar atau melihat istilah LCGC. Lantas apa itu mobil LCGC sebenarnya? Agar Anda tidak penasaran, yuk ketahui penjelasan selengkapnya tentang pengertian mobil LCGC, konsepnya, keunggulannya, serta perbedaannya dengan mobil biasa di ulasan berikut.

Apa Itu Mobil LCGC?

Mobil LCGC (Low Cost Green Car) adalah istilah yang disematkan untuk mobil-mobil yang ramah lingkungan dan memiliki harga murah. LCGC sendiri sebenarnya merupakan program pemerintahan yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan negara melalui pembelian mobil. Namun, mobil LCGC ini bisa dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat karena harganya yang terjangkau, sehingga masyarakat bisa menghemat pengeluaran harian karena sering menggunakan angkutan umum. 

Konsep Mobil LCGC

Jika dilihat secara umum, mobil LCGC juga memiliki desain layaknya mobil pada umumnya. Mulai dari jenis SUV hingga MPV. Namun, mobil LCGC memiliki perbedaan dengan mobil-mobil biasanya karena mobil LCGC memiliki konsep tersendiri. Berikut konsep mobil LCGC selengkapnya.

  • Mobil LCGC rata-rata menggunakan mesin bensin berkapasitas 980-1200 cc. Sedangkan untuk mesin diesel rata-rata menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc.
  • Harga beli mobil LCGC terbilang terjangkau karena dibanderol mulai harga Rp95 jutaan dengan ketentuan 10% untuk keamanan, 15% untuk tipe matic, dan harga jual dapat disesuaikan dengan kondisi inflasi setiap tahunnya.
  • Mobil LCGC dengan mesin bensin wajib menggunakan RON 92 atau setara dengan Pertalite. Sedangkan untuk mesin diesel wajib menggunakan CN 51. 
  • Mobil LCGC yang dipasarkan di Indonesia wajib memiliki logo tambahan Indonesia.
  • Mobil LCGC bermesin bensin ataupun diesel rata-rata memiliki konsumsi bahan bakar kurang lebih 20 km per liter. 
  • Mobil LCGC rata-rata memiliki radius putar maksimum sejauh 4,6 meter.

Baca Juga : Mobil LCGC untuk Jarak Jauh, Ada Nggak Sih? Cek Disini!

Keunggulan Mobil LCGC

Ketika Anda membeli mobil LCGC, tentu Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Sebab mobil LCGC memiliki banyak keunggulan seperti berikut.

1. Harga bersahabat

Keunggulan pertama mobil LCGC, terdapat pada harga belinya yang sangat bersahabat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, rata-rata harga mobil LCGC dijual mulai kisaran harga Rp95 jutaan.

2. Bahan bakar irit

Selain harganya yang murah, mobil LCGC sangat irit terhadap konsumsi bahan bakar sehingga tidak membuat kantong Anda jebol. Rata-rata mobil LCGC mampu menempuh jarak 20 Km hanya dengan 1 liter bahan bakar.

3. Cocok digunakan pada medan jalanan yang macet

Keunggulan ketiga, mobil LCGC sangat cocok digunakan pada jalanan perkotaan yang kerap kali mengalami kemacetan. Sebab, mobil LCGC memiliki desain bodi yang kompak sehingga Anda tidak perlu takut mobil Anda menyerempet mobil lain atau sebaliknya. Contohnya, bodi mobil Daihatsu Ayla yang memiliki bodi sangat ramping yakni 3,6 meter x 1,6 meter x 1,52 meter. 

Selain itu, mobil LCGC juga memiliki durabilitas yang tinggi, terutama mobil-mobil LCGC Daihatsu. Mobil LCGC Daihatsu saat ini sudah menggunakan konsep DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Konsep ini membuat mobil LCGC Daihatsu memiliki desain interior dan eksterior yang mewah, bodi kuat, fitur keselamatan dan keamanan yang lebih modern dan unggul, bahan bakar efisien, serta harganya yang cukup terjangkau.

4. Perawatannya mudah dan murah

Keunggulan terakhir, perawatan untuk mobil LCGC cukup mudah dan murah sehingga tidak menguras kantong Anda secara berlebihan. Terutama, jika Anda menggunakan mobil LCGC Daihatsu seperti Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, dan lainnya. Apabila komponen mobil tersebut rusak, harganya tidak mahal dan komponen tersebut mudah ditemukan di bengkel Daihatsu terdekat. Banyaknya bengkel Daihatsu yang tersebar di Indonesia memudahkan para pemilik mobil LCGC ketika melakukan perawatan. 

Selain itu, bengkel Daihatsu menjamin komponen atau suku cadang yang dijualnya asli. Ditambah lagi mekanik yang kompeten membuat perawatan mobil Anda menjadi semakin maksimal.

Perbedaan mobil LCGC dengan mobil biasa

Low Cost Green Car (LCGC) adalah kategori mobil di Indonesia yang mendapat insentif pajak dan memiliki harga yang terjangkau. Berikut adalah beberapa perbedaan antara mobil LCGC dengan mobil biasa:

1. Harga yang Terjangkau

  • LCGC: Mobil LCGC dirancang dengan fokus pada biaya yang rendah, sehingga harganya lebih terjangkau untuk masyarakat umum. Program insentif pajak dari pemerintah membantu menekan harga jualnya.
  • Mobil Biasa: Mobil biasa cenderung memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan LCGC. Harga mobil ini bisa dipengaruhi oleh merek, fitur, dan spesifikasi yang ditawarkan.

2. Ukuran dan Dimensi

  • LCGC: Mobil LCGC umumnya memiliki ukuran dan dimensi yang lebih kecil. Desainnya lebih simpel untuk memenuhi standar efisiensi dan kepraktisan.
  • Mobil Biasa: Mobil biasa memiliki variasi ukuran yang lebih luas, mulai dari mobil kecil hingga SUV besar, sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan konsumen.

3. Mesin dan Performa

  • LCGC: Mesin pada mobil LCGC biasanya lebih kecil dan memiliki daya yang lebih rendah. Meskipun lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar, performanya mungkin tidak sekuat mobil biasa.
  • Mobil Biasa: Mobil biasa dapat memiliki berbagai pilihan mesin dengan daya yang lebih besar, memberikan performa yang lebih baik terutama untuk kebutuhan akselerasi dan beban yang lebih berat.

4. Fitur Keselamatan dan Kenyamanan

  • LCGC: Untuk menjaga harga tetap terjangkau, mobil LCGC mungkin memiliki fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih sederhana dibandingkan dengan mobil biasa.
  • Mobil Biasa: Mobil biasa cenderung menawarkan beragam fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih lengkap dan canggih, tergantung pada kelas dan mereknya.

5. Pajak dan Insentif

  • LCGC: Mendapatkan insentif pajak dari pemerintah sebagai bagian dari program untuk mendorong penggunaan kendaraan ramah lingkungan.
  • Mobil Biasa: Tidak mendapatkan insentif khusus terkait pajak dari program LCGC.

6. Target Pasar

  • LCGC: Ditujukan untuk pasar yang mencari mobil dengan biaya operasional dan pembelian yang rendah.
  • Mobil Biasa: Dapat ditujukan untuk berbagai segmen pasar, termasuk mereka yang mencari performa tinggi, fitur canggih, dan kemewahan.

Perlu dicatat bahwa perbedaan ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan model mobil spesifik di dalam masing-masing kategori. Seiring perkembangan industri otomotif, batasan antara LCGC dan mobil biasa dapat menjadi lebih kabur dengan adanya inovasi teknologi dan perubahan regulasi.

Secara keseluruhan, kehadiran mobil LCGC telah mengukir jejak yang signifikan dalam peta industri otomotif Indonesia.

Dengan fokus pada efisiensi biaya, ramah lingkungan, dan insentif pajak, mobil-mobil ini tidak hanya menjawab kebutuhan akan transportasi pribadi yang terjangkau, tetapi juga merangkul semangat keberlanjutan.

Terlepas dari perbedaan dengan mobil konvensional dalam ukuran, performa, dan fitur, mobil LCGC telah membuktikan bahwa inovasi dapat hadir dalam bentuk yang sederhana namun berdampak besar.

Sebagai pilihan yang bersahabat bagi berbagai lapisan masyarakat, mobil LCGC mewakili tonggak baru dalam evolusi dunia otomotif, menciptakan perubahan positif yang tidak hanya terasa di jalan raya, tetapi juga dalam iklim lingkungan dan kesejahteraan ekonomi.

Jika Anda tertarik membeli mobil LCGC dengan segudang manfaat, Anda bisa mengunjungi dealer Daihatsu terdekat. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Mudah Pasang Antena Sirip Hiu pada Mobil, Yuk Praktikkan!

2023-05-17

Keberadaan antena di mobil terbilang cukup menarik perhatian, karena dapat menghadirkan kesan menarik dan nyentrik salah satunya sirip hiu. Cara pasang antena sirip

thumbnail

Penting, Ini Fungsi Lampu Mundur Mobil yang Perlu Sahabat Ketahui

2021-08-31

Semakin hari mobil sebagai kendaraan utama semakin dibekali dengan banyak fitur keamanan yang menarik. Salah satunya adalah lampu mundur mobil. Lampu ini cenderung lebih

thumbnail

Apa itu Jack Stand Mobil, Fungsi, Komponen & Penggunaannya

2023-03-21

Fungsi jack stand sangat krusial karena peralatan yang satu ini tidak boleh terpisahkan dengan alat dongkrak mobil. Jika Anda penasaran dengan fungsi tersebut, Anda

thumbnail

Cara Memilih Ban dengan Benar

2020-12-03

Sahabat, mobil kamu tidak mungkin bisa berjalan tanpa ban. Ban adalah salah satu faktor penting yang bisa membawa kamu naik mobil ke mana-mana, lho. Makanya, kalau ban m