Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu DNGA dan Sudah Diterapkan di Produk Daihatsu Mana Saja?

Brand

2021-10-28

dnga rocky

Daihatsu sebagai salah satu produsen otomotif dari Jepang yang telah lama merambah pasar Indonesia selalu melakukan inovasi. Saat ini perusahaan ini telah mengembangkan teknologi DNGA. Namun sebenarnya apa itu DNGA?

Mengenal Apa Itu DNGA

DNGA sendiri merupakan singkatan dari Daihatsu New Global Architecture, dimana konsep ini mengikuti induknya yaitu TNGA Toyota. Toyota telah lebih dulu mengembangkan teknologi Toyota New Global Architecture.

Jadi, sebenarnya apa yang dimaksud dengan DNGA? DNGA merupakan sebuah platform yang dikembangkan oleh Daihatsu, dimana memiliki beberapa konsep untuk diaplikasikan pada mobil besutannya. 

Konsep yang dikembangkan yaitu produk berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dan teknologi terkini. Dalam konsep DNGA Daihatsu, efisiensi kendaraan sangatlah diperhatikan bahkan hingga ke detail terkecil. 

Berat, ukuran, waktu, dan juga harga menjadi komponen-komponen yang sangat diperhatikan sehingga menghasilkan mobil yang lebih efisien. Konsep yang diusung oleh Daihatsu dalam menggunakan platform DNGA adalah 1-1-1-1. 

Konsep tersebut tidak sekedar konsep, namun memiliki filosofi 1 gram, 1 millimeter, 1 sen, dan 1 detik. Filosofi tersebut menunjukkan bahwa Daihatsu sangat memperhatikan setiap aspek pembuatan mobil dengan teknologi DNGA hingga ke detail terkecil. 

Hal ini menjadikan mobil-mobil yang menggunakan DNGA platform memiliki performa maksimal dengan mesin lebih halus. Selain itu, dari segi harga tentu saja juga lebih terjangkau.

Konsep DNGA sendiri telah mulai dikembangkan dan diaplikasikan di Jepang sejak tahun 2017. Teknologi ini sudah diterapkan pada beberapa jenis mobil yang dipasarkan di Jepang. Meski demikian, platform ini baru masuk ke Indonesia pada tahun 2021. 

Produk Daihatsu yang Menggunakan Teknologi DNGA

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa konsep DNGA telah mulai digunakan di Jepang sejak tahun 2017 dan tahun 2021 di Indonesia. Oleh karena itu, ada beberapa jenis mobil yang dipasarkan di kedua negara yang telah menggunakan teknologi tersebut. 

Lantas, apa saja mobil yang telah memanfaatkan DNGA?

1. Daihatsu New Tanto

Kendaraan pertama yang memanfaatkan teknologi DNGA adalah Daihatsu New Tanto dan telah dirilis di Jepang sejak bulan Juli tahun 2019 lalu. Mobil ini memiliki kapasitas mesin yang cukup mungil karena hanya 600 cc.

Meski memiliki kapasitas mesin yang imut, namun mobil ini dibekali dengan teknologi Turbocharge. Teknologi ini memungkinkan mesin Daihatsu New Tanto menghasilkan performa mesin layaknya mesin kendaraan dengan kapasitas 1.000 cc.

Kapasitas mesin yang kecil pada kendaraan ini menjadikannya memiliki konsumsi bahan bakar cukup efisien. Sistem pengereman darurat yang bekerja secara otomatis dan juga Smart Assistant generasi terbaru menjadi daya tarik lain dari New Tanto. 

2. Apa itu DNGA, Digunakan pada Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky merupakan generasi kedua yang mengaplikasikan DNGA. Di Jepang telah rilis pada tahun yang sama dengan New Tanto. Rocky merupakan kolaborasi kelima antara Daihatsu dengan Toyota yang memiliki teknologi TNGA.

Di Indonesia sendiri Daihatsu Rocky menjadi mobil pertama yang menggunakan teknologi DNGA. Mobil ini telah mulai diperkenalkan secara virtual di Indonesia sejak bulan April 2021.

Mobil ini telah masuk pasar Indonesia sehingga para pecinta mobil Daihatsu bisa langsung memilikinya. Bagi yang penasaran tentang mobil Rocky ini, bisa langsung berkonsultasi di sini

3. New TAFT

Mobil ketiga yang menggunakan teknologi DNGA dan rilis di Jepang adalah Daihatsu New TAFT. Nama mobil ini sendiri memiliki akronim “Tough & Almighty Fun Tool”. Atap kaca yang diadopsi oleh Daihatsu TAFT menjadikannya memiliki kesan lebih luas.

Bagi Anda yang penasaran dengan produk Daihatsu, bisa langsung menghubungi Authorized Daihatsu Dealer. Salah satu dealer terpercaya untuk membeli produk Daihatsu adalah PT. Kharisma Sentosa. 

Demikianlah penjelasan tentang apa itu DNGA, jenis mobil yang menggunakannya dan jenis yang masuk ke pasar Indonesia. Kunjungi situs kami untuk mendapatkan info lengkap tentang produk-produk Daihatsu.


Tag

Brand

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Desain Mobil Daihatsu Paling Outstanding, Pilih yang Mana?

2020-11-25

Memilih mobil itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Perlu ketelitian dan pemahaman terhadap banyak hal. Mulai dari kemampuan mesin, pemakaian bahan bakar, hingga t

thumbnail

Penyebab Indikator Eco Daihatsu Terios Tidak Menyala

2021-09-30

Daihatsu All New Terios memiliki fitur baru yakni Eco Idle. Eco Idle atau indikator eco memiliki fungsi utama untuk menghemat bahan bakar. Indikator eco dapat membuat mo

thumbnail

Catat, Ini Kelebihan Mobil Daihatsu Ayla yang Perlu Sahabat Ketahui

2020-12-15

Sejak 2012, mobil Ayla merupakan salah satu pelopor LCGC (Low Cost and Green Car) buatan Daihatsu. Pertama kali diperkenalkan ke publik, Ayla sukses menarik perhatian ma

thumbnail

Pelajari Perbedaan Daihatsu Rocky Tipe Terbawah dan Teratas

2021-08-31

Tersedia dengan berbagai harga varian, Daihatsu Rocky menjadi perbincangan di kalangan pecinta mobil. Bagaimana tidak