Logo Daihatsu
Menu

Apa Itu Mobil LCGC, SUV, MPV? Ketahui Perbedaannya di Sini!

Otomotif

2023-10-30

Apa Itu Mobil LCGC, SUV, MPV? Ketahui Perbedaannya di Sini!

Apa itu LCGC SUV MPV? Pertanyaan tersebut kerap kali ditanyakan oleh sebagian besar pengguna mobil, khususnya pemula atau orang yang pertama kali hendak membeli mobil. Lantas apa perbedaan dari ketiga istilah tersebut pada mobil? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya, mari perhatikan pembahasan berikut ini.

Apa Itu Mobil LCGC, SUV, dan MPV? 

Ketika Anda sedang membaca sebuah brosur atau artikel mengenai jual beli mobil, tentu sudah tidak asing dengan istilah mobil LCGC, SUV, dan MPV. Istilah LCGC sendiri digunakan untuk menggambarkan mobil yang memiliki spesifikasi ramah lingkungan dan ramah di kantong. Sedangkan untuk istilah SUV dan MPV sendiri, merupakan istilah untuk menggambarkan jenis mobil berdasarkan desain.

Perbedaan Antara Mobil LCGC, SUV, dan MPV

Mobil LCGC, SUV, dan MPV memiliki beberapa perbedaan yang mencolok, di antaranya sebagai berikut.

Mobil LCGC (Low Cost Green Car) 

Mobil LCGC memiliki perbedaan yang sangat signifikan dibandingkan dengan jenis mobil biasanya. Sesuai dengan namanya, mobil LCGC lebih dominan pada harganya yang murah dan ramah lingkungan. Mobil LCGC sendiri memiliki konsumsi bahan bakar yang sangat irit yakni 1 liter per 20 Km. Hal tersebut membuat emisi gas buang mobil LCGC rendah sehingga tidak mencemari udara di sekitarnya. 

Selain itu, mobil LCGC memiliki bodi yang ramping atau kompak sehingga cocok digunakan di jalanan yang macet. Meski irit dan murah, dapur pacu mobil LCGC juga lumayan besar yakni dibekali dengan mesin berkapasitas mulai dari 980 cc hingga 1.200 cc. Di pasaran sendiri, mobil LCGC juga ada yang mengusung konsep mobil SUV dan MPV. Contohnya, Daihatsu Ayla, mobil ini merupakan mobil jenis SUV LCGC dari Daihatsu. Sedangkan untuk LCGC jenis MPV, ada Daihatsu Sigra.

Mobil SUV (Sport Utility Vehicle)

Mobil SUV merupakan jenis mobil yang memiliki desain unik yang menggabungkan antara desain mobil pick up, sedan, serta jeep. Dengan kombinasi ketiga jenis mobil tersebut, membuat mobil SUV handal di segala medan jalanan. Baik jalanan yang lurus, jalanan yang bergelombang, maupun yang rusak. Untuk konfigurasi kursi sendiri, mobil SUV biasanya menggunakan dua baris atau tiga baris kursi. 

Sedangkan untuk mobil LCGC dan MPV, biasanya menggunakan konfigurasi kursi sebanyak tiga baris disertai dengan dua baris kursi di bagian belakang yang dapat dilipat. Untuk mobil SUV rata-rata menggunakan mesin berkapasitas 1.5 hingga 3.0 liter. Untuk harganya sendiri, mobil SUV di banderol jauh lebih mahal dibandingkan harga mobil LCGC. Mobil SUV rata-rata di jual dengan harga mulai Rp130 jutaan. Untuk daya angkut penumpang sendiri mobil SUV, tidak jauh beda dengan mobil LCGC yakni mampu menampung empat hingga lima orang penumpang.

Baca Juga : Mobil SUV Terbaik 2023 di Indonesia, Ini Rekomendasinya

Mobil MPV (Multi Purpose Vehicle)

Mobil MPV merupakan mobil yang mengusung konsep mobil keluarga karena memiliki daya tampung penumpang yang besar yakni tujuh hingga sembilan orang penumpang. Selain memiliki bodi yang besar, mobil MPV memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibandingkan mobil LCGC dan SUV. Hal tersebut agar mobil dapat meredam guncangan ketika mobil melaju sehingga kenyamanan penumpang terjamin. 

Soal mesin sendiri, mobil MPV memiliki mesin yang cukup besar yakni 2.0 liter hingga 2.5 liter sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibandingkan jenis LCGC. Untuk fitur keselamatan sendiri, mobil MPV tidak jauh beda dengan mobil LCGC yang kurang begitu mumpuni dibandingkan jenis SUV. Untuk harganya sendiri mobil MPV dijual dengan harga mulai Rp200 jutaan.

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa mobil LCGC merupakan mobil paling irit dan paling murah. Namun, kurang cocok untuk keluarga karena kapasitas penumpang sedikit. Jika, Anda Anda mencari mobil keluarga dengan fitur mumpuni, Anda bisa memilih mobil SUV. Jika Anda tertarik dengan ketiga jenis mobil tersebut, jangan lupa kunjungi dealer Daihatsu terdekat


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Merawat Aki Kering Mobil Biar Hemat dan Awet

2022-07-28

Pada dasarnya, aki kering lebih banyak dijadikan sebagai pilihan karena terkesan lebih mudah perawatannya bila dibandingkan dengan aki basah. Cara merawat aki kering mobil sebenarnya sangat mudah.&

thumbnail

Penyebab Stang Piston Mobil Bisa Bengkok

2022-04-12

Stang piston atau disebut dengan connecting rod pada setiap kendaraan memiliki fungsi yang penting. Memiliki fungsi sebagai lengan untuk mengubah gaya naik turun

thumbnail

Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 Mobil Manual & Perbedaannya

2022-08-22

Harus diakui, menyetir kendaraan yang menggunakan transmisi manual memang tidak mudah untuk semua orang. Lebih-lebih jika Anda merupakan pemula yang sekarang baru belajar mengemudi. Tentu butuh lat