Logo Daihatsu
Menu

Apa itu Test Drive? Lakukan Hal Ini Sebelum Beli Mobil

Otomotif

2023-03-15

Apa itu Test Drive? Lakukan Hal Ini Sebelum Beli Mobil

Saat hendak membeli mobil, tentu Anda harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu guna memastikan benar-benar nyaman, salah satunya dengan melakukan test drive. Test drive artinya Anda mencoba mobil tersebut untuk mengetahui seberapa nyaman saat berkendara.

Pengertian Test Drive

Mungkin beberapa orang masih belum mengetahui betul tentang apa itu test drive. Oleh karena itu, Anda bisa memperhatikan bagian ini dengan saksama. Pada dasarnya, test drive merupakan salah satu prosedur yang perlu dilakukan saat membeli mobil, baik itu baru maupun bekas.

Tujuan dari test drive adalah agar Anda mengenali dan menilai bagaimana rasanya menggunakan mobil tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan apakah mobil yang dicoba layak dibeli atau tidak.

Dalam membeli mobil bekas, Anda juga bisa memanfaatkan test drive untuk mengecek performa mobil. Beberapa hal yang bisa dilihat antara lain sistem rem, suspensi, mesin, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, test drive tidak boleh dilewatkan saat membeli mobil.

Yang paling penting, Anda bisa mencoba langsung fitur-fitur yang dimiliki oleh mobil tersebut. Jadi, di satu sisi Anda dapat memperoleh bahan pertimbangkan. Di sisi lain, mencoba fitur-fitur pada mobil tertentu juga pasti sangat menyenangkan.

Tips dalam Melakukan Test Drive

Untuk bisa memaksimalkannya, Anda tidak bisa melakukan test drive sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dengan begitu, maka Ada akan mendapatkan segala aspek yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih mobil. Berikut adalah penjelasannya.

1. Membandingkan dengan mobil yang lain

Beberapa dealer atau penjual mobil biasanya akan menawarkan test drive tidak hanya satu mobil saja. Jadi, silakan manfaatkan hal tersebut sebaik mungkin. Jika memungkinkan, cobalah bandingkan antara satu mobil dengan mobil yang lain.

Cara ini sangat penting karena bisa jadi seseorang tidak akan mendapatkan pengalaman terbaik ketika melakukan test drive pertama. Untuk mendapatkannya, Anda perlu menjajal beberapa mobil lain dan kemudian menentukan mana yang paling cocok.

2. Merasakan duduk di berbagai posisi

Setelah nantinya sudah membeli mobil, Anda mungkin tidak akan selalu berada di posisi pengemudi dan terkadang menjadi penumpang. Jadi, saat melakukan test drive usahakan untuk merasakan beberapa posisi duduk baik itu pengemudi maupun penumpang belakang.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk duduk di kursi belakang. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan dua bahan penilaian baik secara pengemudi atau penumpang.

Baca Juga : Inilah Waktu yang Tepat Beli Mobil Baru dan Tipsnya, Yuk Ketahui!

3. Memilih rute yang sering dilalui

Jika mobil yang Anda miliki bertujuan untuk keperluan kantor atau urusan sehari-hari, akan lebih baik jika saat melakukan test drive pilihlah rute yang hampir sama. Dengan cara ini, Anda akan lebih mudah memperkirakan bagaimana nanti saat digunakan sehari-hari.

Meski begitu, beberapa orang bahkan menyarankan untuk menjajal berbagai medan untuk mendapatkan pengalaman menyeluruh, baik itu di jalanan rata maupun bergelombang. Dari sini kualitas suspensi dan mesin mobil bisa dirasakan dengan jelas.

4. Menggunakan semua fitur yang ada

Hal terakhir dan yang paling penting adalah jangan pernah melewatkan untuk mencoba seluruh fitur yang dimiliki pada mobil. Setiap mobil biasanya memiliki fitur yang berbeda-beda, mulai dari hiburan, keamanan, dan lain-lain.

Saat melakukan test drive, Anda berhak untuk mencoba fitur tersebut. Lagipula, hal ini juga akan memberikan gambaran apakah fitur tersebut berfungsi dengan baik atau tidak. Biasnya pengecekan fitur sangat krusial ketika hendak membeli mobil bekas.

Kurang lebih itulah beberapa penjelasan mengenai test drive. Bisa dikatakan saat menjalankan test drive artinya Anda dapat merasakan pengalaman berkendara secara langsung. Dengan begitu, hal ini akan menjadi bahan pertimbangan yang sangat baik.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengulas Cara Kerja Rem ABS pada Mobil Secara Detail

2021-01-14

Rem merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan roda empat. Maka dari itu, banyak perusa

thumbnail

Plat AG Daerah Mana? Simak Jawabannya di Sini!

2024-02-22

Apakah Anda pernah melihat Plat AG di jalanan ketika sedang berkendara. Jika pernah, apakah Anda mengetahui daerah asal kendaraan tersebut? Jika belum, Anda perlu me

thumbnail

Apa Itu Pajak Karbon dan Efeknya pada Harga Jual Mobil?

2021-11-20

Sudahkah Anda mengetahui tentang pajak karbon? Banyak yang berpendapat bahwa pajak ini akan mempengaruhi perekonomian negara, khususnya Indonesia.Bukan hanya pada perekonomian, tetapi juga b

thumbnail

Efek Buruk Mengurangi Tekanan Angin Ban Mobil

2021-10-28

Kenyamanan dan keamanan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting. Seperti misalnya keadaan tekanan angin ban mobil yang sesuai dan tidak dalam kondisi yang diku