Logo Daihatsu
Menu

Inilah Ciri-Ciri Mobil yang Pernah Turun Mesin

Otomotif

2022-10-25

Inilah Ciri-Ciri Mobil yang Pernah Turun Mesin

Mencari mobil bekas yang memiliki harga miring sekarang memang lebih mudah. Kita bisa dengan mudah menggunakan jaringan internet serta media sosial. Namun, ketika mencari mobil murah, salah satu hal yang harus diperhatikan adalah ciri ciri mobil apakah pernah turun mesin atau belum.

Mobil yang sudah pernah turun mesin merupakan mobil yang pernah mengalami kerusakan berat. Oleh sebab itu, hindari mobil dengan kerusakan seperti ini karena Anda dapat mengeluarkan biaya dengan jumlah yang tidak sedikit.

Ciri Ciri Mobil Pernah Turun Mesin

Agar dapat terhindar dari mobil bekas yang pernah mengalami turun mesin, berikut sejumlah cirinya, antara lain:

1. Ruang Mesin Mobil Terlalu Bersih

Ketika akan membeli mobil bekas, Anda dapat memperhatikan ruang mesin mobil. Mobil yang pernah turun mesin biasanya memiliki ruang mesin yang terlalu bersih. Hal ini disebabkan karena saat turun mesin, seluruh komponen mesin akan diangkat dan diperbaiki. 

Ketika perbaikan tersebut, ruang mesin akan ikut dibersihkan. Sehingga, bila Anda menemukan mobil bekas yang memiliki ruang mesin terlalu bersih, ini menjadi hal yang harus dipertanyakan. 

Namun, bukan berarti seluruh mobil bekas yang memiliki ruang mesin bersih merupakan mobil yang pernah turun mesin. Anda harus mencocokannya dengan kebiasaan pemilik kendaraan. 

Baca Juga : Biaya Turun Mesin Mobil, Ini Rincian Lengkapnya!

2. Adanya Goresan di Lubang Baut

Baut blok mesin di mobil yang sudah pernah turun mesin biasanya mempunyai goresan halus. Hal ini disebabkan karena mekanik bengkel harus membuka seluruh baut tersebut. Terkadang, karena usia mobil yang lama, baut akan sulit dibuka dan akhirnya menimbulkan goresan halus di baut. 

3. Adanya Segel Mesin Baru

Bukan hanya sejumlah ciri di atas, ciri ciri mobil pernah turun mesin yang tidak boleh dilewatkan adalah adanya segel mesin baru. Mesin mobil yang tidak pernah mengalami turun mesin tidak akan menggunakan seal silicon. 

Proses penyatuan dan perakitan seluruh komponen mobil biasanya dilakukan secara otomatis dengan bantuan robot. Bila Anda menemukan seal silicon, ini menandakan bila mobil pernah dibongkar kemudian dirakit kembali. 

Seal silicon dibuat dari material cair yang terus menerus mengeras menjadi karet. Bekas seal ini sangat mudah dikenali karena beda dengan komponen lain di dalam mesin mobil. 

4. Performa Mesin Menjadi Berubah

Bukan hanya suara, perbedaan lain yang menjadi ciri mobil mengalami turun mesin adalah performa mesin. Bila mobil bekas yang Anda beli berusia lebih dari 5 tahun memiliki performa seperti mobil baru, dapat dikatakan jika mesinnya sudah pernah turun mesin.

Mobil yang mengalami turun mesin, performanya akan mudah dirasakan. Oleh sebab itu sebelum melakukan pembelian, pastikan Anda melakukan test drive terlebih dahulu. 

Baca Juga : Tips Mudah Menaikkan Performa Mobil yang Menurun

5. Suara Menjadi Berbeda

Tanda mobil pernah mengalami turun mesin yang lainnya adalah suara menjadi berbeda. Terdapat perbedaan suara antara mesin yang sudah pernah mengalami turun mesin dengan mobil yang belum pernah mengalami turun mesin. 

Untuk membedakannya, Anda dapat mengajak mekanik berpengalaman sehingga dapat membedakan suara mesin normal serta yang sudah pernah turun mesin. 

Ciri ciri mobil pernah turun mesin di atas harus diperhatikan dengan baik, jangan sampai hanya karena tergiur dengan harga murah, Anda langsung menyetujui pembelian mobil. Bila sudah menemukan mobil yang tepat, jangan lupa melakukan perawatan secara berkala. 

Pastikan melakukan perawatan di bengkel resmi Daihatsu. Memiliki mekanik yang berpengalaman, Anda juga dapat melakukan pemesanan service secara online, sehingga Anda tidak perlu menunggu waktu lama. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Peran Penting Ring Piston Mobil hingga Tips Jitu Perawatannya

2021-05-06

Ring piston mobil merupakan salah satu bagian mesin sebagai komponen slow moving. Menjadi salah satu sparepart yang berada di dalam sehingga tidak bisa dil

thumbnail

Daftar Produk untuk Mengkilapkan Cat Mobil yang Bisa Sahabat Pilih

2021-01-06

Produk untuk mengkilapkan cat mobil adalah barang yang mesti Sahabat punya, jika mau menjaga cat mobil Sahabat. Kebetulan, sekarang sudah banyak produk semacam itu di pa

thumbnail

Apa Itu Pajak Karbon dan Efeknya pada Harga Jual Mobil?

2021-11-20

Sudahkah Anda mengetahui tentang pajak karbon? Banyak yang berpendapat bahwa pajak ini akan mempengaruhi perekonomian negara, khususnya Indonesia.Bukan hanya pada perekonomian, tetapi juga b

thumbnail

Tidak Perlu ke Bengkel, Berikut Cara Cek Koil Mobil Injeksi Sendiri

2020-12-29

Koil atau ignition coil merupakan suatu komponen yang dirancang sebagai penguat listrik pada sistem kelistrikan sebuah mobil. Sama halnya dengan komponen mobil pa