Logo Daihatsu
Menu

Tips Mudah Menaikkan Performa Mobil yang Menurun

Otomotif

2022-03-16

menaikkan performa mobil

Menaikkan performa mobil dapat Sahabat lakukan dengan mudah. Seperti yang diketahui, semakin lama mobil digunakan, maka performanya juga akan semakin menurun.

Berbeda dengan performa mobil yang baru, yang masih enak dan nyaman saat dikendarai. Namun tentu saja, Sahabat harus mengeluarkan biaya untuk menaikkan performa mobil ini.

Tetapi, Sahabat tak perlu merasa rugi, karena apa yang dibayarkan pastinya sesuai dengan yang diharapkan. Selain membuat Sahabat nyaman berkendara, komponen mobil Sahabat juga akan jauh lebih sehat. Berikut ini tips yang dapat dilakukan, agar performa mobil tetap prima seperti baru.

Tips Menaikkan Performa Mobil

Selain memperhatikan keselamatan dalam berkendara, Sahabat juga perlu memperhatikan kenyamanan, terutama bagi Sahabat yang sering menggunakan kendaraan mobil setiap hari.

Apabila mobil mulai tidak nyaman saat dikemudikan, maka akan berpengaruh pada kesehatan Sahabat. Maka dari itu, diperlukan pemeliharaan maupun penggantian komponen agar dapat menaikkan performa mobil. Jika Sahabat penasaran bagaimana caranya, berikut adalah tipsnya.

1.      Sesuaikan Bahan Bakar dengan Mobil

Bahan bakar pada kendaraan mobil terdiri dari dua jenis, ada yang menggunakan pertamax ada juga yang menggunakan solar. Maka dari itu, jika ternyata bahan bakar mobil Sahabat harus menggunakan solar, jangan pernah sesekali menggunakan pertamax. Begitupun sebaliknya, karena hal ini dapat mempengaruhi performa mobil Sahabat jadi tidak seimbang.

2.      Rutin Servis Mobil

Servis mobil merupakan hal penting untuk pemilik kendaraan, umumnya harus dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali, atau ketika mobil sudah mencapai jarak tempuh 10.000 km.

Servis mobil bisa Sahabat lakukan di bengkel umum maupun di bengkel resmi. Namun disarankan untuk dibawa ke bengkel resmi agar hasil lebih maksimal. Disana mobil Sahabat akan dikerjakan oleh teknisi yang sudah terlatih dan tentu saja dengan komponen yang original.

3.      Menggunakan Volt Stabilizer

Volt stabilizer adalah komponen mobil yang mampu meredam gangguan voltage pada sistem kelistrikan. Perlu diketahui, mobil yang kurang bertenaga cenderung disebabkan oleh aliran listrik yang tidak stabil, sehingga menyebabkan beberapa komponen kekurangan pasokan listrik.

Selain kekurangan pasokan listrik, ada juga komponen yang mendapatkan listrik berlebihan sehingga menyebabkan korsleting. Oleh sebab itu, gunakanlah volt stabilizer untuk menyeimbangkan kinerja kelistrikan.

Alat ini membantu beberapa kinerja komponen kelistrikan mobil lebih baik, seperti menjaga kualitas audio lebih jernih, membuat akselerasi dan kecepatan mobil lebih maksimal, hingga mobil lebih nyaman dikendarai.

4.      Perawatan Tune Up Mobil

Tune up mobil hampir sama dengan servis, hanya saja tune up ini bertujuan untuk menjaga performa mobil agar tetap maksimal. Tune up merupakan perawatan yang seharusnya dilakukan secara rutin.

Tune up dilakukan dengan cara mengecek kondisi mesin bagian dalam dan sistem pembakarannya dengan dilakukan pembongkaran. Teknisi akan memeriksa keadaan baterai, saringan udara hingga tali kipas yang mungkin saja keausan, retak maupun tegang.

5.      Menggunakan Sistem Knalpot Free Flow

Knalpot free flow adalah sistem yang didesain pada area muffler atau sillince agar minim hambatan. Dengan menggunakan knalpot free flow, maka tenaga mesin mobil Sahabat jadi lebih ringan.

Baca Juga: Penting! Tips Merawat Mesin Mobil Xenia Agar Performa Selalu Prima

Selain itu, knalpot ini juga dapat mengoptimalkan sirkulasi gas buangan dari silinder mesin. Ketika Sahabat berkendara, maka distribusi bahan bakar dapat ditingkatkan, membuat energi yang dihasilkan bertambah.

Kelima hal diatas dipercaya dapat menaikkan performa mobil Sahabat. Apabila kendaraan mobil Sahabat Daihatsu, maka segeralah pergi ke bengkel resmi untuk layanan yang lebih maksimal. Kunjungi website Daihatsu untuk melakukan booking service!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Harga Daihatsu Charade, Mobil Klasik untuk Koleksi Terbaik

2022-03-16

Memburu mobil klasik merupakan hobi yang cukup menyenangkan. Salah satu yang menjadi incaran para kolektor adalah Daihatsu Charade, baik versi turbo atau standar. Harga

thumbnail

Surat Sehat untuk Mudik, Penting Nggak Sih?

2022-03-16

Surat sehat untuk mudik merupakan syarat wajib bagi masyarakat yang ingin bepergian ke luar kota di masa pandemi. Surat sehat itu bukanlah keterangan kesehatan, melainka

thumbnail

Ini Rahasia Mengapa Transmisi CVT Lebih Irit Bahan Bakar

2022-03-16

Semua jenis kendaraan sudah seharusnya memiliki sistem transmisi. Sistem transmisi ini berfungsi untuk meneruskan tenaga yang dihasilkan pada mesin dan diteruskan menuju

thumbnail

Ingin Bisa Lulus Tes Simulator SIM C? Yuk Ikuti Tips Berikut Ini!

2022-03-16

Tes simulator SIM C adalah salah satu langkah yang mesti ditempuh, supaya bisa secara resmi mendapatkan SIM C. Tes simulator SIM C sendiri tidak sesulit yang dikira. Den