Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Penting! Tips Merawat Mesin Mobil Xenia Agar Performa Selalu Prima
31 Agustus 2021
Merawat mesin mobil daihatsu xenia

Xenia menjadi salah satu produk andalan Daihatsu yang sering dijadikan pilihan para konsumen. Tampilan interior dan eksterior yang mewah menjadi daya tarik tersendiri bagi kebanyakan orang. Agar tetap awet, mobil Daihatsu Xenia membutuhkan perawatan khusus dan rutin. Tentu Anda harus mengetahui tips merawat mesin mobil Xenia yang baik.

Perawatan mobil Xenia tidaklah sulit, tak heran jika banyak yang tertaring menggunakan Xenia. Mobil yang terawat tentunya lebih nyaman dan aman saat digunakan berkendara. Selain itu performanya jauh lebih baik daripada mobil yang jarang dirawat.

Berikut Ini Beberapa Tips Merawat Mesin Mobil Xenia

Berikut inilah beberapa tips merawat mesin mobil Xenia yang perlu Anda ketahui :

1. Pergantian Oli Gardan dan Perseneling

Merawat mobil Xenia dapat dilakukan dengan cara rutin mengganti oli gardan dan perseneling. Untuk melakukan pergantian ini sebaiknya dilakukan dalam jangka waktu ideal yaitu kilometer 40.000 atau 2 tahun (mana yang tercapai lebih dulu) bisa lebih cepat waktunya (20.000 KM / 12 bulan) apabila pemakaian yang berat/sering digunakan perjalanan jauh (Khusus perseneling).

Pergantian secara rutin tersebut berfungsi untuk menjaga akselerasi mobil agar tetap ringan dan penggunaan bahan bakar jadi lebih efisien.

2. Periksa Tie Root, Leher Roda dan Ball Joint

Pemeriksaan mobil Xenia pada bagian tersebut merupakan salah satu hal yang penting. Jika terdapat masalah pada bagian tersebut, maka bagian bawah kendaraan akan muncul bunyi yang mengganggu.

Tentu saja kondisi seperti itu akan menganggu perjalanan Anda. Jadi jika bunyi tersebut mulai muncul, segera periksa tiga komponen tersebut dan lakukan perbaikan. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama karena akan menimbulkan kerusakan lebih besar.

3. Lakukan Service Secara Berkala

Tips merawat mesin mobil Xenia bisa adalah dengan melakukan service secara berkala. Biasanya perawatan dilakukan setiap kelipatan 10.000 KM atau 6 bulan (mana yang tercapai lebih dulu). Anda bisa membawa mobil ke bengkel resmi karena akan dikerjakan oleh mekanik profesional yang sudah berpengalaman.

Melakukan perawatan di bengkel resmi menghindari resiko yang akan terjadi. Jangan sampai mobil Xenia kesayangan Anda mendapat perawatan yang kurang berkualitas dan justru merusak mobil.

4. Perhatikan Interior Mobil

Jika Anda memiliki mobil Xenia, jangan sampai hanya melakukan perawatan pada bagian eksterior mobil saja. Bagian interior mobil juga termasuk hal penting yang harus diperhatikan. Seperti misalnya pemilihan jok yang nyaman dengan melapisinya dari bahan kulit atau lainnya yang mudah dibersihkan.

Selain nyaman digunakan, tampilan jok mobil jadi lebih enak untuk dipandang. Selain itu menjaga kebersihan bagian dalam mobil seperti kaca dalam, bagasi, dashboard dan lainnya. Pastikan semua nyaman saat digunakan.

5. Periksa Kondisi Radiator

Radiator mobil berperan penting dalam menjaga suhu mesin tetap dingin. Dalam hal ini radiator tetap menjaga mesin tidak mudah panas (over heating). Anda bisa melakukan pengecekan rutin untuk menghindari masalah pada radiator.

Permasalahan yang sering terjadi pada radiator biasanya adalah kebocoran, keretakan, hingga radiator yang karatan. Untuk itu periksa radiator agar performanya dalam mendinginkan mesin tetap maksimal.

Penutup

Nah itulah berbagai tips merawat mesin mobil Xenia yang bisa Anda lakukan. Jangan sampai mobil kesayangan Anda mengalami kerusakan hingga menurunkan performanya saat digunakan. 

Untuk mendapatkan mobil Daihatsu Xenia berkualitas, Anda bisa beli secara langsung melalui website kami. dan dapatkan penawaran harga menarik. Dan jika Anda ingin melakukan perawatan rutin terhadap mobil Xenia, datang saja langsung ke bengkel Daihatsu untuk mendapatkannya. Mari rawat mobil secara rutin seperti merawat keluarga sendiri!

Tips Sahabat Lainnya
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Perbedaan Mesin Diesel dan Mesin Bensin
Zaman terus bergulir dan perkembangan di dunia otomotif terus melaju. Beberapa dekade ke depan, perdebatan antara perbedaan mesin diesel dan mesin bensin akan dikalahkan dengan tren baru yang akan mun
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
30 Komponen Karburator Mobil Dan Fungsinya
Bagi Sahabat pengguna mobil tua, tentu tidak asing lagi dengan komponen karburator mobil. Karburator ini tidak akan kita temukan pada kendaraan keluaran terbaru. Karena mobil yang diproduksi baru-baru
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor