Tips Sahabat

Apa Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah?

03 Desember 2020
penyebab mobil brebet di rpm rendah

Penyebab mobil brebet di RPM rendah adalah hal yang jarang diketahui banyak orang. Padahal, mengetahui hal tersebut membuat kita paham mengapa mobil bisa brebet saat melaju di RPM yang rendah.

Bila Sahabat salah satu orang yang belum mengetahui hal itu, janganlah khawatir. Pasalnya, kami akan memberitahukan itu kepada Sahabat via artikel ini. Kalau tak percaya, langsung saja simak uraian di bawah ini!

Bahan Bakar yang Dipakai Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Mobil

Setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab mobil brebet di RPM rendah. Adapun penyebab yang pertama adalah ketidaksesuaian antara bahan bakar dengan kebutuhan mobil.

Misalnya, Sahabat punya mobil dengan injeksi tinggi, namun memakai bahan bakar beroktan rendah seperti premium. Hal semacam itu bisa bikin performa mesin memburuk, serta berpotensi menimbulkan mobil brebet di RPM rendah.

Solusi utama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengisi mobil dengan bahan bakar yang dia butuhkan. Contohnya, jika Sahabat punya mobil berinjeksi tinggi, maka Sahabat mesti mengisinya dengan bahan bakar yang oktannya juga tinggi (misal: pertalite).

Terjadinya Kerusakan Pada Salah Satu Sensor EFI

Mobil brebet juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada salah satu sensor EFI. Sensor EFI sendiri merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi mendeteksi kondisi suhu mesin, serta aliran udara.

Hasil deteksi itu nantinya akan menjadi data yang membantu perhitungan ECU. Jika sensor tersebut rusak, maka data yang dihasilkan sensor tersebut bakal mengacaukan hasil perhitungan ECU. Akibatnya, suplai bensin pun tidak pas, serta terjadilah mobil brebet di RPM rendah.

Busi Mobil yang Sudah di Bawah Standar

Idealnya, busi mobil yang standar bisa menghasilkan percikan api yang pas. Namun, jika busi mobil sudah mulai di bawah standar, maka percikan yang dihasilkan akan terlalu tinggi ataupun rendah.

Percikan yang terlalu tinggi akan suara mesin bisa terdengar kasar. Sebaliknya, percikan yang terlalu kecil akan membuat mesin tersendat. Jika dibiarkan saja, maka itu akan bikin mobil brebet, terutama saat berada di RPM rendah. Untuk mengatasi hal ini, Sahabat tinggal mengganti busi mobilnya dengan yang sesuai standar.

Sistem Bahan Bakar Mengandung Gelembung Udara

Seperti halnya sistem lain dalam mesin mobil, sistem bahan bakar juga lazim mengalami masalah. Adapun salah satu masalah klasik pada sistem tersebut adalah munculnya gelembung udara di dalamnya.

Sistem bahan bakar yang mengandung gelembung udara akan membuat tekanan di ujung sistemnya tidak stabil. Akibatnya, suplai bahan bakar akan sedikit putus-putus, serta tentu saja bikin mobil brebet di saat mobil dalam RPM rendah.

Filter Bahan Bakar Mobil Kotor

Penyebab terakhir yang memicu mobil brebet di RPM rendah adalah filter bahan bakar yang kotor. Filter bahan bakar mobil yang kotor bisa menyumbat aliran bensin ke seluruh komponen mesin. Akibatnya, tenaga mesin berkurang dan performa mobil pun jadi brebet.

Membersihkan filter bahan bakar adalah solusi atas masalah tersebut. Namun, Sahabat harus berhati-hati melakukannya. Sebab, letak filter mesin ini lumayan susah dijangkau, sehingga perlu kehati-hatian khusus. Meminta bantuan mekanik barangkali bisa menjadi solusi yang bisa Sahabat lakukan.

Itulah sejumlah penyebab mobil brebet di RPM rendah. Semoga bisa membantu Sahabat saat mobil Sahabat dirasa mengalami brebet di RPM rendah. Tetaplah selalu merawat kondisi mobil Sahabat, agar terhindar dari sejumlah masalah.

Baca juga: Serba-serbi Kelistrikan Mobil, Mulai Sistem hingga Skemanya

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Inilah 4 Tanda Ban Harus Diganti Agar Aman dan Nyaman di Jalan
Inilah 4 Tanda Ban Harus Diganti Agar Aman dan Nyaman di Jalan
JAKARTA, NOVEMBER 2024, Ban merupakan salah satu komponen yang vital pada mobil. Pasalnya, kerap terjadi kecelakaan diakibatkan karena pecah ban. Perhatikan betul bagian ini.Termasuk soal mengganti ba
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release Bearing: Fungsi, Cara Kerja, dan Tanda Kerusakannya
Release bearing merupakan salah satu komponen penting dari kopling mobil bertransmisi manual. Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil harusnya mengetahui fungsi, cara kerja serta tanda kerusakan dari k
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Fungsi Reservoir Tank & Cara Kerjanya pada Sistem Pendinginan Mobil
Reservoir tank merupakan komponen pada sistem pendingin mobil yang memiliki fungsi vital di dalam sistem tersebut. Komponen ini kerap kali disebut sebagai tabung cadangan air radiator. Bagi Anda yang
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Mengenal Trade In dan Cara Kerja Tukar Tambah Mobil
Trade in adalah istilah lain yang digunakan untuk proses tukar tambah kendaraan. Istilah tersebut biasanya digunakan dalam mekanisme jual beli. Lantas bagaimana cara kerja trade in dalam proses jual b
Logo Daihatsu
Daihatsu Access
1500898
hotline@daihatsu.astra.co.id
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami