Logo Daihatsu
Menu

Apa Penyebab Mobil Brebet di RPM Rendah?

Otomotif

2020-12-03

penyebab mobil brebet di rpm rendah

Penyebab mobil brebet di RPM rendah adalah hal yang jarang diketahui banyak orang. Padahal, mengetahui hal tersebut membuat kita paham mengapa mobil bisa brebet saat melaju di RPM yang rendah.

Bila Sahabat salah satu orang yang belum mengetahui hal itu, janganlah khawatir. Pasalnya, kami akan memberitahukan itu kepada Sahabat via artikel ini. Kalau tak percaya, langsung saja simak uraian di bawah ini!

Bahan Bakar yang Dipakai Tidak Sesuai dengan Kebutuhan Mobil

Setidaknya ada lima hal yang menjadi penyebab mobil brebet di RPM rendah. Adapun penyebab yang pertama adalah ketidaksesuaian antara bahan bakar dengan kebutuhan mobil.

Misalnya, Sahabat punya mobil dengan injeksi tinggi, namun memakai bahan bakar beroktan rendah seperti premium. Hal semacam itu bisa bikin performa mesin memburuk, serta berpotensi menimbulkan mobil brebet di RPM rendah.

Solusi utama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengisi mobil dengan bahan bakar yang dia butuhkan. Contohnya, jika Sahabat punya mobil berinjeksi tinggi, maka Sahabat mesti mengisinya dengan bahan bakar yang oktannya juga tinggi (misal: pertalite).

Terjadinya Kerusakan Pada Salah Satu Sensor EFI

Mobil brebet juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada salah satu sensor EFI. Sensor EFI sendiri merupakan salah satu komponen mobil yang berfungsi mendeteksi kondisi suhu mesin, serta aliran udara.

Hasil deteksi itu nantinya akan menjadi data yang membantu perhitungan ECU. Jika sensor tersebut rusak, maka data yang dihasilkan sensor tersebut bakal mengacaukan hasil perhitungan ECU. Akibatnya, suplai bensin pun tidak pas, serta terjadilah mobil brebet di RPM rendah.

Busi Mobil yang Sudah di Bawah Standar

Idealnya, busi mobil yang standar bisa menghasilkan percikan api yang pas. Namun, jika busi mobil sudah mulai di bawah standar, maka percikan yang dihasilkan akan terlalu tinggi ataupun rendah.

Percikan yang terlalu tinggi akan suara mesin bisa terdengar kasar. Sebaliknya, percikan yang terlalu kecil akan membuat mesin tersendat. Jika dibiarkan saja, maka itu akan bikin mobil brebet, terutama saat berada di RPM rendah. Untuk mengatasi hal ini, Sahabat tinggal mengganti busi mobilnya dengan yang sesuai standar.

Sistem Bahan Bakar Mengandung Gelembung Udara

Seperti halnya sistem lain dalam mesin mobil, sistem bahan bakar juga lazim mengalami masalah. Adapun salah satu masalah klasik pada sistem tersebut adalah munculnya gelembung udara di dalamnya.

Sistem bahan bakar yang mengandung gelembung udara akan membuat tekanan di ujung sistemnya tidak stabil. Akibatnya, suplai bahan bakar akan sedikit putus-putus, serta tentu saja bikin mobil brebet di saat mobil dalam RPM rendah.

Filter Bahan Bakar Mobil Kotor

Penyebab terakhir yang memicu mobil brebet di RPM rendah adalah filter bahan bakar yang kotor. Filter bahan bakar mobil yang kotor bisa menyumbat aliran bensin ke seluruh komponen mesin. Akibatnya, tenaga mesin berkurang dan performa mobil pun jadi brebet.

Membersihkan filter bahan bakar adalah solusi atas masalah tersebut. Namun, Sahabat harus berhati-hati melakukannya. Sebab, letak filter mesin ini lumayan susah dijangkau, sehingga perlu kehati-hatian khusus. Meminta bantuan mekanik barangkali bisa menjadi solusi yang bisa Sahabat lakukan.

Itulah sejumlah penyebab mobil brebet di RPM rendah. Semoga bisa membantu Sahabat saat mobil Sahabat dirasa mengalami brebet di RPM rendah. Tetaplah selalu merawat kondisi mobil Sahabat, agar terhindar dari sejumlah masalah.

Baca juga: Serba-serbi Kelistrikan Mobil, Mulai Sistem hingga Skemanya

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Kopling Mobil Keras? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

2023-02-16

Anda pasti pernah merasakan pedal kopling mobil keras saat diinjak. Kondisi ini sangat menjengkelkan karena dapat mengacaukan konsentrasi ketika berkendara. Untuk me

thumbnail

4 Rekomendasi Mobil Kabin Lega untuk Keluarga, Paling Nyaman!

2023-10-10

Mengetahui rekomendasi terbaik mobil lega untuk keluarga sangat diperlukan, terutama ketika hendak membeli mobil. Pasalnya mobil dengan kabin yang lega akan memberik

thumbnail

Kenali Cat Mobil yang Bagus dan Cara Menggunakannya

2023-10-30

Pergantian cuaca, serta lamanya penggunaan mobil dapat menyebabkan cat mobil menjadi kusam dan baret. Kondisi tersebut tentunya membuat mobil kurang menarik untuk di