Logo Daihatsu
EN | ID

Tips Sahabat

Bagikan
Bagi yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Ban Tubeless dan Ban Biasa
01 Februari 2021
perbedaan ban tubeless

Seringkali orang-orang sulit membedakan ban tubeless dan biasa. Hal ini wajar karena kedua ban tersebut terlihat sama bila dilihat dari kejauhan. Pada artikel ini, kami akan memberikan sejumlah perbedaan antara ban tubeless dan ban biasa. Sejumlah perbedaan tersebut adalah sebagai berikut!

Material Utama Ban

Perbedaan pertama pada ban tubeless dan biasa adalah materialnya. Dari segi ini, ban tubeless cukup kokoh lantaran punya bahan material yang solid. Ban tubeless dibuat dari karet yang dilapisi dengan fluid sealant

Fluid sealant sendiri merupakan material yang bisa merapatkan bagian ban saat terkena benda tajam. Hal itu bikin ban tubeless lebih solid dibanding ban biasa. Ban biasa sendiri dibuat oleh karet yang memiliki ban dalam. Tak hanya ban dalam, ban biasa juga memiliki komponen ban luar, pelek, lock ring, serta ban luar.

Daya Tahan

Karena materialnya yang berbeda, daya tahan kedua bannya pun juga jadi berbeda pula. Ban tubeless bisa melewati berbagai medan karena mengandung fluid sealant di dalamnya.

Sementara itu, ban biasa bisa meredam getaran yang mengenai ban, karena ban biasa mengandung ban dalam. Karena mampu meredam getaran, ban biasa pun bisa lebih mudah melewati jalan aspal. Ban biasa juga cocok untuk melewati jalan yang basah karena hujan.

Harga

Walaupun hanya terbuat dari karet dan fluid sealant, harga ban tubeless cenderung lebih mahal dibanding ban biasa. Hal itu tak lepas dari kehadiran fluid sealant pada ban tubeless.

Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, fluid sealant mampu membuat ban tidak bocor saat terkena tusukan benda tajam. Hal itu bikin ban tubeless tak perlu ditambal jika terkena benda tajam.

Tetapi, cukup diberi tambahan lem khusus agar ban tubeless semakin mudah rapat. Ban tubeless baru boleh diganti jika sudah betul-betul tipis.

Hal berbeda terjadi pada ban biasa. Bila ban inj terkena tusukan benda tajam, ban tersebut akan segera bocor. Bila sudah bocor, Sahabat harus segera menambalnya sendiri. Atau, bisa dibawa langsung ke tambal ban.

Tingkat Kenyamanan Ban

Hal selanjutnya yang membedakan ban tubeless dan biasa adalah tingkat kenyamanannya. Dari segi ini, ban biasa punya banyak keunggulan dibanding ban tubeless.

Ban biasa mampu memberi kenyamanan selama dipakai. Bahkan, jika ban tersebut harus melewati jalan yang basah dan licin akibat hujan. Kenyamanan tersebut bisa didapatkan bila ban biasa punya tekanan ban yang keras.

Kenyamanan semacam itu tak akan Sahabat temui pada ban tubeless. Walaupun tekanan bannya sudah keras, ban tubeless akan terasa tak nyaman selama dipakai. Apalagi, jika sampai melewati jalanan yang basah dan licin.

Masa Pakai

Hal terakhir yang membedakan antara ban tubeless dan ban biasa adalah masa pakainya. Seperti pada poin sebelumnya, ban biasa lagi-lagi menjadi unggulan dibandingkan ban tubeless.

Ban biasa bisa Sahabat pakai hingga 2 tahun atau lebih. Adapun ban tubeless hanya bisa dipakai selama 1,5 tahun saja. Komponen compound yang lebih lunak dibanding ban biasa membuat ban tubeless punya masa pakainya jadi lebih pendek.

Seringkali orang-orang sulit membedakan ban tubeless dan biasa. Hal ini wajar karena kedua ban tersebut terlihat sama bila dilihat dari kejauhan. Namun, jika dilihat lebih seksama, keduanya punya cukup banyak perbedaan. Perbedaan-perbedaan di antara kedua ban tersebut sudah kami sampaikan di atas. Jadi, sudah tahu ‘kan perbedaan di antara ban tubeless dan ban biasa?

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor