Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Serba-Serbi Ban Tubeless, Mulai dari Fungsi, Kelebihan, hingga Rekomendasi Produknya
01 Februari 2021
ban tubeless

Salah satu jenis ban yang lazim dipakai pada mobil adalah ban tubeless. Ban satu ini punya ciri khas berupa lapisan fluid sealant yang ada di bagian dalamnya. Lapisan tersebut bisa membantu ban tubeless untuk merapatkan permukaan ban. Terutama, saat permukaan ban tertusuk oleh benda tajam.

Pada artikel ini, kami akan memberikan serba-serbi informasi yang berkaitan dengan ban tubeless. Mulai dari fungsi, kelebihan, hingga rekomendasi produk ban tubeless yang bisa Sahabat pilih. Serba-serbi informasi itu bisa Sahabat simak sebagai berikut!

Fungsi Ban Tubeless

Seperti ban pada umumnya, fungsi utama dari ban tubeless adalah untuk membantu mobil melaju di jalanan. Hanya saja, ban tubeless punya banyak kelebihan yang membantu mobil semakin baik kala melaju di jalanan. Kelebihan-kelebihan ban tubeless sendiri akan kami jelaskan pada sub judul di bawah ini.

Kelebihan Ban Tubeless

Sebagaimana yang sudah dijelaskan sebelumnya, ban tubeless punya banyak kelebihan yang bikin dia bisa membantu mobil melaju di jalan. Di antara banyak kelebihan tersebut, empat di antaranya adalah:

Tidak Mudah Kempes Saat Tertusuk Benda Tajam

Kelebihan pertama yang dimiliki ban tubeless adalah tidak mudah kempes saat tertusuk benda tajam. Hal itu tak lepas dari lapisan adanya fluid sealant di dalam bannya. Lapisan tersebut mampu membantu ban tubeless untuk tidak kempes bila tertusuk benda tajam.

Walau demikian, bukan berarti Sahabat tidak boleh membiarkan ban terus tertusuk benda tajam. Sebab, jika ban tubeless dibiarkan terus tertusuk benda tajam, ban tersebut akan kehilangan teksturnya. Segera bawa ban ke bengkel bila ban tubeless terlalu lama tertusuk benda tajam.

Bisa Dipakai untuk Bermanuver

Untuk Sahabat yang suka bermanuver saat berkendara, ban tubeless sangat cocok digunakan. Pasalnya, ban ini bisa mencengkeram aspal jalanan dengan kuat. Hal itu bikin Sahabat bisa melakukan sejumlah manuver dalam berkendara. Mulai dari melaju dalam kecepatan tinggi, ataupun menyalip kendaraan lain.

Mampu Melewati Jalanan yang Rusak

Selain bisa dipakai bermanuver, ban tubeless juga bisa dipakai untuk melewati jalanan yang rusak. Selain karena memiliki lapisan fluid sealant, struktur karetnya yang tebal dan padat adalah alasan lain mengapa ban tubeless mampu melewati jalanan rusak.

Kendati begitu, bukan berarti Sahabat bisa terus-terusan melewati jalanan rusak dengan ban tubeless. Terlalu sering melewati jalanan rusak justru akan membuat ban tubeless menjadi rusak.

Bisa Ditambal dalam Waktu Singkat

Berbeda dengan ban biasa, ban tubeless bisa ditambal dalam waktu singkat. Sahabat hanya perlu memberikan lem atau cairan anti bocor ke bagian ban tubeless yang bocor. 

Jika ban tubeless yang bocor itu masih ditempeli benda tajam, maka benda tajam tersebut harus dilepas terlebih dahulu. Barulah setelah itu Sahabat bisa memberikan lem atau cairan anti bocor. Sahabat bisa melakukan penambalan sendiri ataupun meminta bantuan tukang tambal ban.

Perawatan yang Sederhana

Tidak sulit untuk melakukan perawatan terhadap ban tubeless. Sahabat hanya perlu menjaga tekanan angin pada ban, serta rutin membersihkan ban dan pelek.

Menjaga tekanan angin pada ban tubeless akan membuat ban kuat dan tidak mudah kempes. Sementara itu, membersihkan ban dan pelek bisa membantu ban tubeless tetap bersih, serta tidak menimbulkan kelonggaran pada ban.

Rekomendasi Produk Ban Tubeless Terbaik yang Bisa Sahabat Pilih

Saat ini, sudah banyak produk ban tubeless berkualitas baik yang bisa Sahabat pilih. Dari banyaknya pilihan produk ban tubeless, beberapa di antaranya akan kami rekomendasikan di sini. Beberapa rekomendasi itu adalah:

Dunlop

Rekomendasi produk ban tubeless yang pertama adalah Dunlop. Produk ban tubeless yang sudah ada sejak 125 tahun lebih itu memiliki fitur hydro-paddle yang mampu mengalihkan air, sehingga ban tidak licin saat melewati jalanan yang basah. Khususnya, jalanan yang basah karena hujan.

Dunlop kini tersedia dalam tiga pilihan ban. Enasave EC300+, Grandtrek AT25, serta SP Sport LM705 adalah ketiga pilihan tersebut. Selain itu, Dunlop juga menyediakan ban tubeless untuk motor, truk, dan juga bus.

Michelin

Sudah ada sejak 1907, produk ban ini menawarkan ban tubeless yang kuat dan sulit untuk bocor. Ada banyak varian ban tubeless yang ditawarkan Michelin. Salah satunya adalah Michelin Energy XM2+.

Varian ban ini mampu memberi pengereman basah yang lebih pendek daripada ban lainnya. ka kondisi bannya masih baru, Michelin Energy XM2+ mampu memberi pengereman basah sejauh 1,5 meter.

Sedangkan bila kondisinya sudah mulai aus, maka pengereman basah yang dihasilkan oleh ban ini adalah 2,6 meter. Dibanding ban tubeless premium di tempat lain, kedua jarak pengereman basah tersebut tergolong pendek.

Michelin menyediakan ban untuk berbagai jenis kendaraan bermotor. Mulai dari mobil hingga sepeda motor dan skuter.

GT Radial

Ini merupakan produk ban tubeless asli buatan Indonesia. Produk ini menawarkan ban tubeless yang tidak mudah terkikis, serta daya cengkram yang kuat. Dua kelebihan itu membuat ban buatan Radial lebih awet, serta bisa dipakai dalam kecepatan yang tinggi.

Seperti produk-produk sebelumnya, produk satu ini menawarkan berbagai macam varian ban. Salah satunya yang recommended adalah Champiro SX2. Ban ini punya fitur rib tengah yang bikin ban mampu mengurangi spin di tempat. Terutama, saat mobil tengah melaju dalam akselerasi tinggi. Saat ini, GT Radial tak hanya dijual di Indonesia. Tetapi, juga diekspor ke luar negeri.

Hankook

Bagi Sahabat yang mau ban tubeless anti slip, Hankook adalah pilihan tepat buat Sahabat. Hankook menawarkan banyak varian produk ban untuk berbagai jenis ban. Mulai dari mobil SUV, mobil penumpang, mobil komersial, hingga bus dan truk.

Ventus Prime 3 adalah salah satu varian produk yang dihasilkan oleh Hankook. Varian ini punya kelebihan berupa pola garisnya yang tidak mudah rusak, meskipun ban sudah dalam kondisi aus.

Kelebihan lainnya terletak pada fitur sabuk penguatan penutup yang penuh tanpa sambungan. Fitur ini membuat ban bisa menapak ke permukaan secara ideal.

Continental

Rekomendasi produk ban terakhir di daftar ini adalah Continental. Produk yang pernah menjadi sponsor Piala Dunia 2014 ini menawarkan ban yang mantap. Terutama, saat ban mengalami proses pengereman.

Kelebihan lainnya yang ada pada ban Continental adalah adanya teknologi ContiSilent yang ada di dalam bannya. Teknologi tersebut membantu ban Continental tidak menimbulkan suara bising saat bergesekan dengan permukaan jalan. Hal itu tentu membuat Sahabat nyaman saat berkendara memakai ban satu ini.

Continental juga bisa membuat Sahabat stabil saat berkendara nanti. Hal itu tak lepas dari adanya ukiran di bagian permukaan yang mampu mencengkram permukaan jalan dengan kuat

Itulah serba-serbi soal ban tubeless. Mulai dari fungsi sampai rekomendasi produknya. Semoga bisa menambah wawasan Sahabat soal ban tubeless. 

Penulis : Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku