Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Memakai Selang Rem Braided Murahan

Otomotif

2022-05-13

Bahaya Selang Rem Braided Murahan

Banyak yang memilih untuk memakai selang rem braided pada kendaraannya karena, beberapa keunggulan yang dimiliki oleh selang rem model ini. Namun perlu diingat! Jangan tergiur dengan harga yang murah, Anda perlu tahu bahaya selang rem braided murahan bila dipakai. 

Salah satu komponen paling paling vital ketika berkendara adalah perangkat rem, komponen ini harus dipastikan bekerja secara optimal ketika digunakan dan rem braided merupakan salah satu yang dapat memenuhi hal ini. Asalkan selang rem braided yang digunakan asli dan berkualitas, ya.

Apa Saja Bahaya Selang Rem Braided Murahan?

Selang rem braided atau selang rem dengan anyaman serat baja memang menjadi salah satu yang banyak dipilih karena, selang rem braided ini diklaim lebih baik dalam memberikan performa dalam pengereman dibandingkan selang rem bawaan.

Hal ini dikarenakan selang rem braided tidak mudah mengembang saat mendapatkan tekanan, terutama ketika rem bekerja dalam kondisi berat, sehingga akan membuat tekanan ke kaliper menjadi lebih mumpuni.

Sedangkan selang rem bawaan yang berbahan karet ada kecenderungan melar yang membuat tekanan minyak rem ke kaliper kurang optimal dan mempengaruhi performa pengereman.

Apalagi jika mobil sudah berumur, otomatis karet selang rem pun mulai getas dan jika dibiarkan akan berisiko minyak rem bocor dan hal ini sangatlah berbahaya tentunya

Selang rem braided biasanya digunakan untuk kebutuhan performa tinggi yang membutuhkan pengereman lebih seperti pada mobil atau motor balap, namun memang selang rem braided juga sangat cocok untuk penggunaan kendaraan harian. 

Selang rem braided memang mudah ditemukan, apalagi di zaman teknologi yang semakin berkembang seperti saat ini Anda bisa menemukannya di berbagai marketplace atau toko-toko online hanya dengan menggunakan smartphone saja tanpa keluar rumah.

Banyak ditemukan selang braided dengan harga murah, besar kemungkinan pembeli akan tergiur dengan hal ini. Namun secara kualitas, selang braided dengan harga di bawah normal ini dari segi kualitas tentunya berbeda. Tidak disarankan untuk menggunakan selang rem braided dengan harga miring tersebut dalam waktu lama.

Bahaya selang rem braided murahan yaitu mudah mengalami kerusakan seperti bocor. Selang rem yang mudah rusak tentunya akan sangat berbahaya karena bisa membuat rem tiba-tiba blong saat digunakan. 

Sangat menyeramkan lagi apabila mobil digunakan dengan laju kecepatan yang kencang dan saat itu rem tidak berfungsi dengan baik. Jangan sampai ini terjadi pada kita semua. Oleh karena itu, belilah selang rem braided dengan merk terbaik, asli, dan sudah  pasti kualitasnya.

Sebaiknya usahakan untuk membeli selang rem yang memiliki kualitas bagus dan original, jangan sampai tergiur dengan harga jual yang murah namun ternyata palsu dan memiliki kualitas jelek.

Betapa bahaya selang rem braided murahan, oleh karena itu, hal tersebut harus Anda hindari agar keamanan dalam berkendara lebih terjaga.

Rekomendasi produk terbaik dalam berkendara, khususnya mobil adalah Daihatsu. Daihatsu telah terjamin dalam kualitas dan juga memiliki banyak pilihan jenis dan model yang cocok untuk digunakan para keluarga di Indonesia.  Jangan ragu gunakan produk Daihatsu! karena Daihatsu adalah sahabat kita semua.

Bila Anda tertarik untuk menggunakan produk dan layanan dari Daihatsu, Anda dapat mengunjungi laman ini dan mendapatkan informasi lengkap mengenai berbagai hal seperti dealer terdekat di kota Anda, event menarik kami, price list, brosur hingga tips berkendara dan informasi bermanfaat lainnya di sini.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Mari Mengenal Aspal Hotmix, Mulai dari Definisi Sampai Jenis-Jenisnya

2022-05-13

Salah satu jenis aspal yang lazim kita dengar adalah aspal hotmix. Jenis aspal ini lazim dipakai untuk jalan raya, jalan di perumahan, atau bisa juga dipakai pada lapang

thumbnail
New

3 Penyebab Utama Mobil Tiba-Tiba Mati dan Tidak Bisa Distarter

2022-05-13

Mesin mobil yang tak terawat bisa mendadak mogok dan di tengah jalan serta bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan. Hal tersebut a

thumbnail
New

Jangan Disepelekan, Ini Efek Buruk dari Tutup Tangki Bahan Bakar yang Kotor

2022-05-13

Salah satu bagian mobil yang seringkali diabaikan oleh sang pemilik ialah tutup tangki bahan bakar. Hal ini cukup disayangkan, karena efek lubang tutup

thumbnail
New

Ini Dia Komponen Mobil yang Membutuhkan Servis Berkala

2022-05-13

Mobil sebagai kendaraan yang sahabat gunakan sehari-hari baik jarak dekat maupun jarak jauh, tentunya membutuhkan perawatan rutin. Bagaimana tidak? Dengan penggunaan mob