Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Semprot Silicone Spray pada Karet Wiper Mobil

Otomotif

2022-01-30

Bahaya Semprot Silicone Spray pada Karet Wiper Mobil

Bahaya semprot silicone spray pada karet wiper mobil mungkin tidak Anda sadari. Bisa jadi karena sudah terbiasa menggunakan spray silicon ini. Memang banyak yang merekomendasikan, agar merawat karet wiper memakai semprot  silikon. 

Namun Anda harus tahu, bahwa sebenarnya menggunakan semprot silikon ini sebaiknya tidak Anda gunakan pada karet wiper. Lalu apa alasannya? Simak penjelasannya di bawah ini ! 

Bahaya Semprot Silicone Spray Pada Karet Wiper Mobil

Sebelum melangkah pada penjelasan lengkap tentang bahaya jika semprot silicone spray di karet wiper mobil, Anda perlu mengetahui terlebih dulu apa silicone spray tersebut. Anda juga harus tau apa manfaat dari spray ini, agar tepat guna dan dapat menganalisa risiko yang ditimbulkan. Karena itu simak penjelasan ini sampai selesai.

Silicon spray adalah semprotan yang memiliki banyak kegunaan. Semprotan ini mengandung formula non korosif, tidak berbau, dan bisa memberikan lapisan tipis serta dapat berfungsi sebagai pelumas.

Selain itu semprotan ini juga bisa melindungi permukaan pada benda seperti karet, logam, metal, plastik dan lain sebagainya. Bentuknya seperti cairan bening tanpa bau, tanpa noda serta tahan pada kelembaban.

Wiper merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah mobil. Pada wiper ini terdapat dua komponen lagi yakni karet wiper dan penyanggah. Karet wiper beserta wipernya ini harus Anda rawat agar bisa awet dan tidak cepat rusak. 

Untuk merawat wiper beserta karetnya, Anda bisa melakukan cara berikut ini.

  • Mencuci wiper dengan hati-hati.
  • Mempertahankan elastisitas karet wiper dengan cara tidak meletakkan mobil pada tempat yang sering terpapar panas matahari.
  • Mengisi cairan wiper secara rutin.
  • Menjaga kebersihan wiper.
  • Tidak menggunakan semprotan silikon pada karet wiper.

Kenali Bahaya Semprot Silicone spray Pada Karet Wiper Mobil

Barangkali Anda berpikir bahwa semprot silikon baik untuk merawat karet wiper mobil. Padahal sebenarnya tidak begitu. Semprot silikon memang bagus untuk karet namun bukan karet wiper.

Anda bisa menggunakan spray silicon ini pada karet body atau plastik mobil supaya tidak mengalami keretakan atau kusam.

Sedangkan penggunaan spray silicon pada karet wiper jelas tak sesuai fungsinya. Karena bila melihat fungsi silicon spray, semprotan ini bekerja dengan cara melekat dan membuat lapisan bahan karet. Sehingga kelembabannya terjaga.

Karena itu setelah menyemprot cairan silikon, bahan karet akan menjadi licin. Inilah fungsi silicon spray yang tak cocok dengan karet wiper mobil.

Anda harus ingat bahwa karet wiper mobil harus kesat dan melekat pada kaca. Tujuannya agar bisa menyapu air hujan tanpa meninggalkan jejak sama sekali. 

Coba bayangkan bagaimana jika Anda menggunakan silicon spray untuk karet wiper mobil. Pastilah wiper akan licin dan tak menggigit. Bukannya menyapu air wiper malah akan menyebarkan air. 

Hal ini tentu saja bisa memberi dampak yang membahayakan Anda. Bukan tidak mungkin akan terjadi kecelakan karena wiper yang tak bisa berfungsi dengan optimal. 

Merawat Karet Wiper Mobil Menggunakan Layanan Daihatsu

Bila Anda tak cukup paham dalam merawat karet wiper mobil, ada baiknya Anda memanfaatkan layanan service dari Daihatsu. Hal utama yang perlu Anda lakukan adalah berkonsultasi pada ahlinya.

Akan lebih baik juga bila Anda menyerahkan perawatan mobil langsung pada mekanik ahli dari Daihatsu. Supaya mobil Anda bisa terawat dengan benar dan proses perawatannya sesuai dengan prosedur.

Baca Juga: Manfaat Menyalakan Wiper Baru Saat Kondisi Kaca Mobil Kering

Untuk berkonsultasi dan mendapatkan informasi lebih jelas tentang hal ini, silakan Anda kunjungi website Daihatsu. 

Demikianlah penjelasan tentang bahaya semprot  spray silikon pada karet wiper mobil. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Mengenal 6 Komponen Power Steering pada Mobil Beserta Fungsinya

2022-01-30

Bagi Anda yang menyukai otomotif atau memiliki mobil, maka istilah power steering mungkin sudah tidak asing lagi. Power

thumbnail

Apa Itu Crumple Zone, Fungsi, dan Bagaimana Cara Kerjanya?

2022-01-30

Crumple zone atau zona benturan adalah area pada kendaraan yang dirancang untuk hancur ketika terjadi kecelakaan. Area ini berfungsi untuk menyerap energi kinetik dari benturan, dan meminimalisir e

thumbnail

Begini Cara Beli Mobil Bekas Murah

2022-01-30

Cara beli mobil bekas murah adalah hal yang dicari banyak orang. Mungkin Sahabat adalah salah satunya. Dengan mengetahui cara tersebut, Sahabat bisa mendapatkan mobil bekas yang diinginkan dengan h

thumbnail

Efek Negatif Bearing Roda Terendam Air dan Alasannya Harus Segera Diganti yang Baru

2022-01-30

Mengendarai kendaraan saat musim hujan cukuplah berbahaya. Apalagi jika curah hujannya yang tinggi, bisa saja rawan mengalami kecelakaan. Hal ini bisa terjadi karena air