Logo Daihatsu
Menu

Manfaat Menyalakan Wiper Baru Saat Kondisi Kaca Mobil Kering

Otomotif

2022-05-22

Menyalakan Wiper Baru Pada Kondisi Kaca Kering

Menyalakan wiper baru pada kondisi kaca kering ternyata memiliki banyak manfaat. Meski lebih banyak yang mengatakan bahwa tidak boleh menyalakan wiper saat kondisi kaca kering, pasalnya menyalakan wiper saat kaca sedang kering bisa membuat wiper tersebut rusak. Begitu juga dengan kaca mobilnya. Namun benarkah demikian ? Untuk penjelasan lengkapnya, Anda bisa membaca artikel di bawah ini. 

Manfaat Menyalakan Wiper Baru Pada Kondisi Kaca Kering

Wiper merupakan komponen kecil yang ada pada sebuah mobil. Meski kecil fungsi sebuah wiper tak boleh Anda sepelekan. Tanpa wiper, maka Anda akan kesulitan mengatur jarak pandang. Terutama bila sedang dalam kondisi hujan.

Namun tak hanya saat kondisi hujan, wiper juga sangat bermanfaat saat kondisi panas dan berdebu. Saat kondisi seperti ini, kegunaan wiper adalah menghilangkan debu yang menempel pada kaca mobil dan mengganggu jarak pandang.

Adapun saat musim hujan, wiper dapat membantu menghalau atau membersihkan titik-titik hujan atau embun. Terutama pada kaca mobil bagian depan. 

Setelah mengetahui pentingnya wiper, sebaiknya Anda juga mengetahui apa saja komponen yang ada pada wiper tersebut. Simak beberapa komponen wiper serta fungsinya berikut ini : 

1. Wiper Blade

Komponen wiper yang satu ini merupakan komponen yang paling sering orang lihat. Memiliki model seperti pedang. Fungsi utamanya adalah membersihkan air yang tampak pada permukaan kaca mobil. 

Wiper blade terdiri dari dua komponen utama yakni frame dan karet. Frame merupakan rangka yang menopang atau merekatkan karet wiper.

2. Wiper Arm

Berfungsi sebagai penghubung seperti sebuah lengan antara bagian bilah dengan penggeraknya. Fungsi utamanya adalah menjaga agar bilah wiper tetap menempel kuat pada kaca.

3. Wiper Link Mechanism

Ada dua mekanisme kerja pada komponen ini yakni mengubah gerakan putaran motor menjadi gerakan bolak balik. Kemudian menyalurkan gerakan tersebut bolak balik ke dua wiper arm.

4. Wiper Motor

Fungsinya mengubah energi listrik menjadi energi putar. Wiper motor ini merupakan asal sumber dari tenaga wiper.

5. Wiper Electricity Control

Komponen wiper yang satu ini berfungsi mengatur semua yang berhubungan dengan wiper. Dalam hal ini adalah daya listrik yang akan wiper pakai. 

Manfaat Menyalakan Wiper Baru Pada Kondisi Kaca Kering

Banyak orang mengatakan bahwa tak boleh menyalakan wiper baru dalam kondisi kaca kering. Pasalnya hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada karet wiper serta pada kaca mobil.

Namun benarkah demikian? Tidak salah memang jika Anda mengatakan demikian. Karena kondisi kaca yang kering akan terasa lengket. Bahkan tak jarang jika menyalakan wiper baru pada kaca kering bisa membuat suara decitan pada wiper

Tapi tahukah Anda bahwa menyalakan wiper baru dalam keadaan kaca kering mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat penting? Hal ini malah sangat dianjurkan khususnya untuk wiper yang masih baru.

Hasil gesekan bilah wiper yang masih baru pada kaca, akan memanaskan karet wiper. Sehingga akan membuat flex lebih optimal, karena wiper yang masih baru biasanya masih sangat kaku.

Panas yang timbul akibat gesekan karet wiper juga dapat membuat karet wiper lebih menempel erat pada kaca mobil.

Mengenai kaca mobil yang bisa gores akibat menyalakan wiper yang masih baru dalam kondisi kaca kering ternyata tidak semua kaca akan mengalaminya. Hal itu  tergantung pada perawatan kaca mobil tersebut.

Baca Juga: Cara Deteksi Kaca Mobil Mulai Berjamur dan Tindakan Preventifnya

Untuk Anda yang masih belum percaya tentang manfaat menyalakan wiper baru  pada kaca kering ini, silakan baca informasi lebih dalam. Anda bisa mengunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. 

Demikianlah ulasan mengenai manfaat menyalakan wiper baru pada kondisi kaca kering. Semoga informasi bisa memberi manfaat dan menambah pengetahuan Anda dalam dunia otomotif. 


Tag

Otomotif

Share This