Logo Daihatsu
Menu

Cara Deteksi Kaca Mobil Mulai Berjamur dan Tindakan Preventifnya

Otomotif

2022-05-22

Kaca Mobil Mulai Berjamur

Pernahkan Anda melihat kaca mobil mulai berjamur? Lalu tahukah apa penyebabnya dan apakah Anda mengetahui cara untuk mencegahnya? 

Pertanyaan ini mungkin muncul dalam benak Anda. Supaya tidak penasaran, simak ulasan lengkap berikut ini sampai selesai.

Cara Mendeteksi Kaca Mobil Mulai Berjamur 

Sebuah mobil akan tampak menarik, jika secara tampilan terlihat bersih dan mulus. Namun tahukah Anda selain tampilan yang bersih mobil Anda juga harus bebas dari jamur. Terutama pada bagian kacanya.

Lalu bagaimana cara mengetahui bahwa kaca pada mobil mulai berjamur dan apa saja tindakan preventif atau pencegahannya?

Secara kasat mata, mungkin jamur tidak begitu tampak jelas pada kaca mobil Anda. Bisa saja jamur tersebut masih tipis sehingga belum tampak jelas. 

Penyebab munculnya jamur pada kaca mobil biasanya karena sisa – sisa air hujan yang tidak segera dibersihkan sehingga terkena panas. Atau bisa juga karena mencuci mobil yang kurang bersih.

Karena itu berikut adalah cara untuk mendeteksi keberadaan jamur pada kaca mobil  yang bisa Anda coba di rumah: 

1. Lakukan pengecekan kaca dari luar

Cara mendeteksi adanya jamur pada kaca mobil yang pertama adalah melakukan pengecekan dari luar. Seperti biasa, bersihkan mobil Anda dengan cara mencucinya menggunakan sabun. Setelah itu bilas dan lap sampai benar-benar kering.

Selanjutnya ketika mobil sudah dalam kondisi bersih sempurna, coba lakukan pengecekan pada kaca. Bila tampak bercak putih yang tak hilang maka itulah kaca mobil Anda sudah mulai tumbuh jamur.

2. Lakukan pengecekan kaca saat malam hari

Anda juga bisa melakukan pengecekan saat malam hari. Sebelum melakukan pengecekan bersihkan terlebih dahulu kaca mobil Anda. Selanjutnya coba perhatikan kendaraan lain yang melintas melewati mobil Anda.

Untuk mendeteksi apakah kaca mobil Anda berjamur atau tidak coba perhatikan kendaraan yang melewati mobil Anda. Apabila Anda tidak bisa melihat dengan jelas kendaraan tersebut, maka sudah pasti kaca mobil Anda telah berjamur.

Atau cahaya lampu dari kendaraan lain tersebut berpendar tak beraturan, maka itu juga sebuah tanda kalau mobil Anda sudah pasti berjamur.

Tindakan Preventif Agar Kaca Mobil Tidak Berjamur

Sebenarnya untuk mencegah kaca pada mobil berjamur, Anda bisa melakukan tindakan sederhana ini. Yakni membersihkan atau mencuci mobil langsung setelah terkena hujan. 

Mengapa demikian?  Karena air hujan memiliki pH yang cenderung asam. Kondisi pH ini, bisa memberikan pengaruh pada kaca mobil Anda. Sehingga cara terbaik untuk mencegah munculnya jamur adalah mencuci mobil dengan segera.

Selanjutnya segera keringkan mobil dengan menggunakan lap yang bersih. Cara ini merupakan cara satu-satunya yang dapat Anda gunakan untuk tindakan preventif. 

Namun bagaimana jika kaca sudah mulai berjamur? Untuk kondisi ini memerlukan tindakan yang lain. Contohnya adalah membersihkan kaca memakai pembersih khusus jamur kaca.

Pembersih khusus jamur kaca ini merupakan cairan kimia yang berguna untuk membersihkan kaca dari serangan jamur. Menggunakan pembersih ini tak hanya bisa membuang jamur, tapi akan mengembalikan kondisi kaca menjadi jernih seperti semula. 

Merawat Kaca Mobil Menggunakan Jasa Service Daihatsu

Di samping cara pencegahan di atas, ada cara lain untuk menghilangkan jamur yang telah tumbuh pada kaca mobil Anda. Caranya adalah dengan memanfaatkan layanan atau service dari Daihatsu. 

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Stiker Pada Kaca Mobil

Anda bisa membawa mobil Anda ke bengkel servis resmi Daihatsu dan serahkan proses pembersihan jamur mobil pada yang ahli. Untuk infomarsi lebih lengkap silakan kunjungi website kami. 

Demikianlah ulasan mengenai penyebab kaca mobil mulai berjamur dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang cara merawat kaca mobil dengan benar.


Tag

Otomotif

Share This