Logo Daihatsu
Menu

Bahaya Terus Memakai Ban Mobil yang Retak

Otomotif

2022-06-24

Ban Retak

Anda pengguna mobil sebagai kendaraan sehari - hari? Apakah mobil Anda selalu dalam keadaan yang terawat? Perawatan mobil tidak hanya penting dari sisi mesinnya saja, perawatan komponen fisik pun sangat penting untuk diperhatikan. Seperti memperhatikan kondisi ban misalnya. Ketika ban retak, apakah baik untuk terus digunakan?

Kerusakan dari ban mobil tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang menjadi pemicu dari kerusakannya. Salah satunya ialah tidak merawat mobil secara menyeluruh. Berikut ini telah kami siapkan beberapa penyebab terjadinya ban retak, simaklah!

Inilah Penyebab Ban Retak

Terjadinya retak halus pada ban mobil memang tak dapat dihindari. Sebagai komponen yang bekerja secara fisik di bagian luar, sudah pasti membuat ban melintasi berbagai macam lintasan. Selain karena faktor tersebut, masih ada cukup banyak faktor penyebabnya. Apakah itu?

1. Tekanan Angin

Faktor yang paling sering diabaikan ialah tekanan angin. Tekanan angin dalam ban tidak bisa dalam keadaan yang kurang atau berlebih. Ban mobil haruslah dalam kondisi tekanan angin yang sesuai. Jika tidak, mobil yang terus menerus Anda gunakan, akan dengan mudah mengalami keretakan di bannya.

2. Faktor Cuaca

Cuaca yang berubah - ubah sudah pasti sangat berdampak pada kondisi ban. Ban yang berbahan utama karet, sudah pasti akan dengan mudah berubah ketika sering terkena panas, air, lembab, maupun cairan lain. Lapisan paling luar dari ban akan dengan mudah mengalami retak halus.

3. Muatan Terlalu Berlebih

Meski mobil merupakan kendaraan yang memiliki daya tampung tinggi, Anda tidaklah boleh menampung beban dengan kapasitas berlebih. Ketika mobil mengangkut muatan dengan kapasitas berkali - kali, maka ban pun akan mudah terbebani. Ban retak akan terjadi, dan bisa saja sampai pecah.

Apa Bahaya Ban Retak jika Digunakan Terus - menerus?

Seperti yang telah disampaikan di atas, terdapat banyak penyebab ban mobil mengalami keretakan. Meski retak halus merupakan hal yang wajar dialami oleh ban mobil, terkadang bisa saja menjadi penyebab terjadinya masalah. Anda haruslah memperhatikan dengan baik, kondisi retak tersebut.

Ketika retak yang terjadi dalam ukuran sangat kecil pada dinding samping ban, bisa dikatakan tidak masalah. Sisi keindahannya saja yang akan berkurang, seperti warnanya yang mulai pudar. Tapi bagaimana kalau keretakan pada ban mobil tersebut bukanlah keretakan yang benar - benar halus dan dangkal?

Memperhatikan keretakan pada ban mobil dengan mendetail sangatlah diperlukan. Apakah retaknya sudah dalam ataukah belum. Ketika retaknya masih sekitar 1 mm, maka ban retak masihlah patut untuk digunakan. Beberapa lapisan struktur ban pasti masih sanggup menjadi pengamannya, seperti serta benang nilon dan lapisan karet dalam misalnya.

Sedangkan ketikan keretakan ban terjadi pada bagian yang merupakan area bekas tambal, barulah Anda harus sedikit mengkhawatirkannya. Mungkin saja lapisan pengaman pada ban sudah benar - benar terkelupas dan perlu untuk segera diganti. Apalagi jika mobil Anda sering digunakan untuk perjalanan yang jauh dan memerlukan waktu lama.

Untuk mengatasi ban retak seperti itu, Anda bisa segera datang ke bengkel terdekat. Anda bisa langsung mengganti ban yang baru dengan kualitas yang bagus, atau melakukan perawatan pada ban yang retak.

Demi mendapat pelayanan service terbaik dan terpercaya, datanglah ke bengkel Daihatsu untuk mengatasinya. Anda juga bisa mendapat layanan service lain yang diperlukan oleh mobil kesayangan. Teknisi ahli pasti bisa menyelesaikan masalah Anda dengan tepat. Untuk informasi lengkap, kunjungi laman berikut ini!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Komponen Gardan Mobil dan Fungsinya

2022-06-24

Differential atau gardan menjadi komponen penting yang ada pada sistem pemindah tenaga atau yang disebut dengan power train system. 

thumbnail

Kredit Mobil Syariah: Keuntungan & Perbedaannya dengan Kredit Konvensional

2022-06-24

Kredit mobil syariah adalah salah satu cara membeli mobil mobil bekas maupun baru yang diinginkan, tanpa harus terkena bunga ataupun riba.

thumbnail

Butuh Jual Mobil Saat Masih Kredit? Begini Tipsnya!

2022-06-24

Mempunyai kendaraan pribadi terutama mobil, memberikan keuntungan dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan mobil dinilai lebih efisien ketika pergi bersama keluarga, kare

thumbnail

Tanda-tanda Selang Rem Perlu Diganti

2022-06-24

selang rem adalah salah satu komponen paling penting dalam sistem pengereman mobil, jika komponen yang satu ini mengalami kerusakan maka efektivitasnya pun akan tergangg