Logo Daihatsu
Menu

Penyebab Mobil Mengalami Pecah Ban

Otomotif

2022-02-07

Pecah Ban

Ban menjadi salah satu unsur penting yang harus ada di kendaraan, salah satunya adalah mobil. Tanpa adanya ban ini, mobil tak bisa bergerak. Untuk itu, kualitas ban yang prima inilah juga menentukan kenyaman saat berkendara. Namun, tanpa disadari, dalam perjalanan mobil Anda bisa saja mengalami kebocoran atau bahkan pecah. Padahal Anda yakin bahwa ban dalam keadaan baik. Lalu tahukah Anda apa saja penyebab pecah ban?

Ada banyak penyebab pecah pada ban, mulai dari ban menabrak benda tajam, ban yang memiliki tekanan yang kurang, dan masih banyak yang lainnya. 

Pecahnya ban ini ditengah jalan, tentunya bisa membahayakan diri sendiri dan pengguna mobil lain yang sedang berkendara. Untuk itu, simak informasi dibawah ini untuk mengetahui penyebab pecah ban sekaligus sebagai langkah antisipasi agar Anda lebih aware dengan kondisi ban, demi kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. 

Inilah 5 Penyebab Mobil Mengalami Pecah Ban

Berikut merupakan 5 penyebab mobil mengalami pecah ban : 

1. Menabrak Benda Tajam

Salah satu penyebab pecah ban yang sering terjadi adalah karena mobil menabrak benda tajam. Benda tajam ini pun beragam mulai dari paku, hingga pecahan botol kaca yang mungkin saja tergeletak ditengah jalan. Mobil yang sedang melaju dengan kecepatan tertentu dan menabrak benda tajam ini bisa menyebabkan karet pembungkus pelek robek. 

2. Tekanan yang Kurang pada Ban

Tekanan yang kurang pada ban juga bisa menjadi salah satu penyebab ban mobil pecah. Sebagai pemilik kendaraan, Anda harus menyesuaikan tekanan ban pada mobil yang direkomendasikan oleh pabrik kendaraan. 

Apalagi jika tekanan pada ban mobil Anda tidak sesuai standar pabrik, dan ditambah dengan mobil yang digunakan untuk membawa beban berat. Jelas hal ini bisa menambah resiko ban mobil Anda mengalami pecah ban. 

Dengan memperhatikan tekanan pada ban, kendaraan Anda juga bisa lebih hemat bahan bakar. 

3. Perlakuan Keras Saat Berkendara

Perlakuan keras yang Anda lakukan saat berkendara juga bisa menjadi salah satu penyebab pecah ban. 

Seringkali ada saja pengendara yang tidak bijak saat mobil melaju, misalnya pada kecepatan tinggi mobil, Anda melakukan pengereman secara mendadak. Hal seperti inilah yang sering terjadi dan jarang menjadi perhatian pengendara, yang menyebabkan ban lebih cepat aus dan tipis dari seharusnya. 

4. Salah Dalam Memilih Pelek dan Ban

Saat seseorang melakukan modifikasi pada mobil, pelek atau bahkan ban pada mobil juga menjadi salah satu yang banyak dirubah untuk mempercantik tampilan. Namun salah dalam memilih pelek dan ban yang kurang tepat inilah juga bisa menjadi penyebab ban mudah pecah. 

Tak masalah jika Anda ingin memodif pelek dan ban mobil, namun pastikan untuk memilih ukuran yang tepat dan benar untuk mobil. Agar kenyamanan saat berkendara dapat Anda rasakan. 

5. Perawatan Ban yang Kurang Tepat atau Salah

Karena menjadi salah satu untuk penting saat berkendara, maka ban juga membutuhkan perawatan. Perawatan bisa dilakukan dengan rutin memeriksa permukaan ban, atau membersihkannya jika ada benda kecil yang menempel pada ban mobil yang mungkin saja menjadi penyebab ban pecah. 

Demikian informasi mengenai 5 penyebab pecah ban. Karena kondisi ban menjadi unsur utama saat berkendara, maka Anda harus lebih berhati – hati serta lebih rajin untuk mengecek kondisi ban pada mobil. Untuk Anda yang sedang membutuhkan ban mobil dengan kualitas terbaik untuk berbagai ukuran, maka Anda bisa mendapatkannya di Daihatsu. Cek beragam jenis ban serta harganya di dalam website ini. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Bengkel Ketok Magic Jakarta, Kualitas Terbaik dan Harga Terjangkau

2022-02-07

Ketok Magic adalah proses sederhana dalam memperbaiki mobil yang rusak. Cepat dan harga terjangkau menjadikan ketok magic banyak digemari oleh pemilik mobil. Mungkin tid

thumbnail

5 Penyebab Lampu Indikator Injeksi Mobil Menyala Terus

2022-02-07

Pada dashboard mobil biasanya akan dilengkapi dengan berbagai lampu indikator, mulai dari speedometer, lampu sein, termasuk lampu injeksi atau check engine. Biasanya, nyalanya lampu

thumbnail

Manfaat Geber Mesin Mobil Sampai Batas Maksimal Sesekali Waktu

2022-02-07

Melakukan geber mesin mobil memang bisa menyebabkan dampak yang kurang bagus jika dilakukan secara terus menerus. Namun ternyata ada manfaat geber mesin mobil sesekali,

thumbnail

Manfaat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik

2022-02-07

Pada saat ini penggunaan mobil dengan sistem transmisi matik mulai banyak digemari oleh masyarakat. Tentunya perawatan mobil matik ini perlu diperhatikan dengan baik. Terlebih lagi untuk mengganti