Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Buat Body Kit dari Paralon

Otomotif

2020-12-03

cara buat body kit dari paralon

Body kit pada mobil bisa dibuat dari bahan apa saja, termasuk dari paralon alias PVC. Jika Sahabat tertarik untuk membuat body kit dari bahan tersebut, mengetahui cara buat body kit dari paralon adalah wajib hukumnya.

Untungnya, cara melakukan hal tersebut akan kami beritahukan kepada Sahabat kepada artikel ini. Namun, sebelum itu kami akan memberitahu apa saja yang menjadi kelebihan dari paralon alias PVC.

Kelebihan Paralon

Paralon punya sejumlah kelebihan di dalamnya. Maka dari itu, mengapa bahan ini sangat cocok dipakai sebagai bahan untuk body kit. Adapun beberapa kelebihan di antaranya adalah:

Tahan dari Korosi

Tak seperti besi, paralon atau PVC jauh lebih tahan dari korosi. Sangat cocok untuk Sahabat yang bikin body kit dari bahan yang tidak mudah mengalami korosi.

Mudah Dipasang atau Diinstalasi

Selain tahan korosi, pipa paralon juga untuk dipasang. Jika Sahabat mau bikin body kit yang tidak ribet dari sisi pemasangan, maka pipa paralon adalah bahan yang tepat. Menurut hasil penelitian dari TEPPFA, pemasangan pipa paralon rupanya lebih cepat 30 persen dibanding pemasangan pipa beton.

Umurnya Lebih Panjang

Pipa paralon juga punya umur yang panjang, sehingga tetap awet dan dipakai kapan pun juga. Beberapa penelitian di luar negeri menunjukan, pipa paralon bisa dipakai selama 50 hingga 100 tahun lamanya. Cukup lama, bukan?

Lebih Murah

Bagi Sahabat yang mau bikin body kit dari bahan yang murah, pipa paralon adalah jawabannya. Dibanding besi, harga paralon sendiri tidaklah begitu mahal. Biaya pemasangan dan tingkat kerusakannya pun juga tergolong rendah. Jadi, masih ragu memakai bahan ini sebagai bahan body kit Sahabat?

Cara Buat Body Kit dari Paralon

Kini kita masuk ke inti bahasan artikel ini. Cara buat body kit dari paralon sendiri cukup panjang. Namun, jika Sahabat bisa melakukannya, Sahabat akan lebih mampu menghasilkan body kit dari paralon yang bagus. Lalu, apa saja cara-cara tersebut?

Sediakan Sejumlah Alat Bantu

Agar bisa menghasilkan body kit dari paralon, Sahabat harus menggunakan sejumlah alat bantu. Adapun sejumlah alat bantu itu adalah butane torch, tang, obeng kecil, mur dan baut, gergaji, serta bor. Jangan lupa juga untuk menyiapkan sejumlah pipa paralon sebagai bahan utamanya.

Lakukanlah Pengukuran

Pengukuran yang kami maksud adalah pengukuran terhadap tempat yang akan dipasangi body kit. Cara ini patut dilakukan agar Sahabat tahu berapa ukuran yang tepat untuk body kit yang hendak Sahabat buat.

Buatlah Bentuk Body Kit dari Pipa Paralon yang Sudah Disediakan

Jika cara sebelumnya sudah dilakukan, maka kita langsung untuk membuat bentuk body kit dari paralon yang sudah disiapkan. Mulailah dari melakukan pengukuran dari kedua ujung paralon.

Ukurlah 1 sampai 2 inci ke bawah dari kedua ujung paralon yang tersedia, kemudian tandai keduanya. Ambil butane torch dan panaskan salah satu ujung paralon yang telah diukur. Bila memungkinkan, tekuk ujung paralon yang telah dipanaskan ke sudut kendaraan yang hendak ditutupi oleh body kit paralon tersebut. Tahan selama 30 hingga 60 detik. Setelah selesai, lakukanlah cara tersebut pada ujung paralon lainnya.

Lubangi Beberapa Bagian Body Kit Paralon yang Telah Dibuat

Usai melakoni cara sebelumnya, segeral lubangi beberapa bagian body kit paralon tersebut. Hal itu dilakukan agar nantinya Sahabat bisa memasukan mur dan baut pada paralon tersebut.

Pasanglah Body Kit dari Paralon itu ke Mobil Sahabat

Inilah cara terakhir yang harus Sahabat lakukan. Bila body kit sudah jadi, Sahabat tinggal memasangkannya ke mobil Sahabat. Jangan lupa pasang mur dan bautnya agar body kit semakin nempel dengan mobil Sahabat.

Itulah sejumlah cara buat body kit dari paralon. Semoga bisa dipraktekan oleh Sahabat. Jika tidak, jangan ragu untuk meminta bantuan orang yang lebih ahli. Entah itu teman ataupun pembuat body kit yang andal.

Baca juga: Mengenal Bemper Mobil, Mulai dari Fungsi hingga Modifikasi

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Efek Buruk Cuci Mobil Menggunakan Sabun Colek

2022-04-12

Mencuci mobil terkadang menjadi suatu hal yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil menghabiskan waktu luang. Akan tetapi Anda tidak bisa mencuci mobil sendiri secara

thumbnail

Cara Bayar Pajak Mobil Online di Medan dengan Aplikasi, Mudah!

2023-09-29

Cara bayar pajak mobil online Medan saat ini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga sangat efisiensi waktu. Dengan begitu, masyarakat Medan tidak perlu monda

thumbnail

Bukan Cuma Nama, Ini Beberapa Perbedaan Mesin 2 Tak dan 4 Tak!

2021-03-22

Hampir seluruh masyarakat tanah air telah memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan pekerjaan hariannya. Meski seringkali mengendarainya, tidak banyak pula yang memaha

thumbnail

Apa itu Tow Bar Untuk Mobil? Ini Jenis, Fungsi & Cara Kerjanya

2023-07-03

Sebagai pemilik mobil, Anda pasti pernah mendengar komponen bernama tow bar? Agar lebih memahami lebih jauh komponen ini, Yuk perhatikan ulasan lengkapnya berikut in