Tips Sahabat

Begini Cara Kerja Rem Cakram pada Mobil

27 November 2020
cara kerja rem cakram

Sistem rem hidrolik cakram adalah salah satu tipe rem yang paling banyak digunakan untuk kendaraan. Baik itu mobil atau motor, cakram atau disc brake lebih diminati karena memiliki keefektivitasan yang lebih unggul. Lantas, apa rahasia sistem ini? berikut adalah cara kerja rem cakram pada mobil yang menggunakan prinsip tekanan hukum pascal.

Prinsip Komponen Pada Sistem Disc Brake

Komponen pada sistem pengereman cakram sendiri terdiri dari enam peranti dasar. Peranti tersebut adalah Disc atau rotor, backing plate, roda penghubung, brake caliper, sekrup penahan, dan pedal rem. Letak dari cakram sendiri berada di balik ban, yang membuatnya berinteraksi langsung dengan pergerakan ban mobil. 

Prinsip kerja yang mendasari cakram adalah hukum pascal yang mana berkaitan dengan penggunaan cairan hidrolik pada sistem pengereman. 

Fungsi yang berkesinambungan pada komponen tersebut kemudian menghasilkan prinsip lain, yakni perubahan gaya kinetik menjadi energi panas. Energi panas kemudian akan dilepas ke udara luar. 

Dari mana energi panas tersebut? Jika diperhatikan dengan baik, hal tersebut karena adanya gesekan pada media stasioner (brake caliper) dengan benda bergerak (disc rotor). Bisa dikatakan cara kerja rem cakram ini akan membuat perputaran roda juga ikut berkurang dan berakhir dengan kendaraan terhenti. 

Baca juga: Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol

Cara Kerja Saat Pedal Rem Diaktifkan 

Untuk lebih jelasnya, rangkaian operasional dari sistem ini bermula dengan diaktifkannya pedal rem. Atau bisa dikatakan saat Anda menginjak pedal rem. 

Sistematika aktivitas ini akan dimulai dari pedal rem yang akan menghasilkan tekanan hidrolik pada master silinder. Karena adanya tekanan tersebut, piston yang berkaitan dengan aktuator rem akan aktif. 

Piston inilah yang akan menggerakkan brake caliper yang berguna untuk menghentikan rotor dengan paksaan. Cara kerjanya adalah dengan mengapit rotor menggunakan dua buah kampas yang digerakkan piston. 

Efek dari jepitan ini adalah rotor akan mengalami hambatan untuk terus berputar, yang kemudian menghasilkan panas karena gesekan. Saat disc brake berhenti, ban kendaraan juga akan dipaksa untuk berhenti atau mengalami pengurangan kecepatan. 

Cara kerja rem cakram ini juga akan memberi efek gaya gesek pada ban dan juga permukaan aspal. Yang mana kerap hadir dengan suara decitan keras hingga bau gosong akibat perubahan gaya gesek ke panas. 

Baca juga: 4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil

Cara Kerja Saat Pedal Rem Dilepas

Sistematika daya apit ini bisa aktif dan non aktif bergantung dengan pedal rem. Saat diaktifkan maka daya hidrolik akan melakukan tugasnya. Namun saat pedal rem dilepas, maka tekanan hidrolik akan terlepas atau hilang. 

Efeknya adalah brake caliper, piston, dan juga aktuator akan kehilangan kekuatan untuk pengeraman. Saat itu pula, cara kerja rem cakram akan berakhir sepenuhnya. Rotor yang tidak lagi terapit dan terganggu putarannya akan kembali berfungsi. 

Pada dasarnya sistem ini juga akan bergantung dengan kekuatan injakan pedal rem, semakin kuat pijakan maka akan semakin erat jepitan kampas dan pengereman . 

Secara garis besar, prinsip kerja dari disc brake sendiri terdiri dari berbagai kegiatan yang saling berkesinambungan. Mulai dari perubahan gaya gesek bidang putar dan diam menghasilkan panas, hingga konfigurasi beberapa komponen keseluruhan pada sistem mobil. 

Bisa disimpulkan bahwa pedal akan membuat brake caliper mengapit cakram untuk mengurangi laju mobil.

Baca juga: Mengenal Aneka Jenis Sistem Rem Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Rest Area Jakarta-Surabaya: Rekomendasi Tempat Berhenti yang Nyaman
Rest Area Jakarta-Surabaya: Rekomendasi Tempat Berhenti yang Nyaman
Road trip dari Jakarta ke Surabaya via jalan tol kerap kali menjadi pilihan karena mampu mempercepat estimasi perjalanan. Seperti diketahui jarak antara Jakarta ke Surabaya kurang lebih 783 kilometer
Rest Area Jakarta-Jogja: Pilihan Tempat Istirahat Nyaman di Perjalanan
Rest Area Jakarta-Jogja: Pilihan Tempat Istirahat Nyaman di Perjalanan
Jogja kerap kali menjadi destinasi wisata bagi kebanyakan wisatawan karena disana terdapat destinasi wisata terbaik seperti Malioboro, Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Bukit Bintang. Bagi wisataw
Rest Area Jakarta-Merak: Daftar Tempat Singgah Terbaik untuk Pengemudi
Rest Area Jakarta-Merak: Daftar Tempat Singgah Terbaik untuk Pengemudi
Ketika hendak pergi ke Banten melalui Pelabuhan Merak dari Jakarta memang lebih cepat jika menggunakan jalan Tol Jakarta Merak. Selain itu, di ruas jalan tol tersebut terdapat tempat peristirahatan ya
Exit Tol Kanci: Panduan Lengkap Akses & Lokasi Terdekat
Exit Tol Kanci: Panduan Lengkap Akses & Lokasi Terdekat
Exit Tol Kanci merupakan gerbang keluar dari Ruas Tol Palimanan-Kanci yang akan mengantarkan penggunaan jalan tol menuju daerah Kanci, Astanajapura, Cirebon. Dengan adanya exit tol tersebut para pengg
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang @Hak Cipta 2025 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku
Kebijakan Privasi
Hubungi Kami