Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Begini Cara Kerja Rem Cakram pada Mobil
27 November 2020
cara kerja rem cakram

Sistem rem hidrolik cakram adalah salah satu tipe rem yang paling banyak digunakan untuk kendaraan. Baik itu mobil atau motor, cakram atau disc brake lebih diminati karena memiliki keefektivitasan yang lebih unggul. Lantas, apa rahasia sistem ini? berikut adalah cara kerja rem cakram pada mobil yang menggunakan prinsip tekanan hukum pascal.

Prinsip Komponen Pada Sistem Disc Brake

Komponen pada sistem pengereman cakram sendiri terdiri dari enam peranti dasar. Peranti tersebut adalah Disc atau rotor, backing plate, roda penghubung, brake caliper, sekrup penahan, dan pedal rem. Letak dari cakram sendiri berada di balik ban, yang membuatnya berinteraksi langsung dengan pergerakan ban mobil. 

Prinsip kerja yang mendasari cakram adalah hukum pascal yang mana berkaitan dengan penggunaan cairan hidrolik pada sistem pengereman. 

Fungsi yang berkesinambungan pada komponen tersebut kemudian menghasilkan prinsip lain, yakni perubahan gaya kinetik menjadi energi panas. Energi panas kemudian akan dilepas ke udara luar. 

Dari mana energi panas tersebut? Jika diperhatikan dengan baik, hal tersebut karena adanya gesekan pada media stasioner (brake caliper) dengan benda bergerak (disc rotor). Bisa dikatakan cara kerja rem cakram ini akan membuat perputaran roda juga ikut berkurang dan berakhir dengan kendaraan terhenti. 

Baca juga: Mengungkap Perbedaan Rem Cakram dan Rem Tromol

Cara Kerja Saat Pedal Rem Diaktifkan 

Untuk lebih jelasnya, rangkaian operasional dari sistem ini bermula dengan diaktifkannya pedal rem. Atau bisa dikatakan saat Anda menginjak pedal rem. 

Sistematika aktivitas ini akan dimulai dari pedal rem yang akan menghasilkan tekanan hidrolik pada master silinder. Karena adanya tekanan tersebut, piston yang berkaitan dengan aktuator rem akan aktif. 

Piston inilah yang akan menggerakkan brake caliper yang berguna untuk menghentikan rotor dengan paksaan. Cara kerjanya adalah dengan mengapit rotor menggunakan dua buah kampas yang digerakkan piston. 

Efek dari jepitan ini adalah rotor akan mengalami hambatan untuk terus berputar, yang kemudian menghasilkan panas karena gesekan. Saat disc brake berhenti, ban kendaraan juga akan dipaksa untuk berhenti atau mengalami pengurangan kecepatan. 

Cara kerja rem cakram ini juga akan memberi efek gaya gesek pada ban dan juga permukaan aspal. Yang mana kerap hadir dengan suara decitan keras hingga bau gosong akibat perubahan gaya gesek ke panas. 

Baca juga: 4 Tanda Kamu Harus Mengganti Rem Mobil

Cara Kerja Saat Pedal Rem Dilepas

Sistematika daya apit ini bisa aktif dan non aktif bergantung dengan pedal rem. Saat diaktifkan maka daya hidrolik akan melakukan tugasnya. Namun saat pedal rem dilepas, maka tekanan hidrolik akan terlepas atau hilang. 

Efeknya adalah brake caliper, piston, dan juga aktuator akan kehilangan kekuatan untuk pengeraman. Saat itu pula, cara kerja rem cakram akan berakhir sepenuhnya. Rotor yang tidak lagi terapit dan terganggu putarannya akan kembali berfungsi. 

Pada dasarnya sistem ini juga akan bergantung dengan kekuatan injakan pedal rem, semakin kuat pijakan maka akan semakin erat jepitan kampas dan pengereman . 

Secara garis besar, prinsip kerja dari disc brake sendiri terdiri dari berbagai kegiatan yang saling berkesinambungan. Mulai dari perubahan gaya gesek bidang putar dan diam menghasilkan panas, hingga konfigurasi beberapa komponen keseluruhan pada sistem mobil. 

Bisa disimpulkan bahwa pedal akan membuat brake caliper mengapit cakram untuk mengurangi laju mobil.

Baca juga: Mengenal Aneka Jenis Sistem Rem Mobil

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku