Logo Daihatsu
Menu

Begini Cara Kerja Starter Mobil

Otomotif

2021-01-13

cara kerja starter mobil

Kehadiran starter mobil berguna untuk menghidupkan atau menyalakan mesin dalam kendaraan. Lantas bagaimana sebenarnya cara kerja starter mobil? Simak ulasannya berikut.

1. Saat Kunci Kontak di Posisi START

Bila anda menancapkan kunci kontak di bendik starter pada posisi start, maka terminal 50 akan secara otomatis mengalirkan arus listrik. 

Di mana aliran arus listrik tersebut berasal dari baterai yang mengarah ke pull-in coil dan hold-in coil. Lalu, dari arah pull-in coil akan dikirim arus listrik ke field coil dan armature coil melalui terminal C.

Dengan begitu, mesin akan berputar dengan putaran lambat. Di saat yang bersamaan, hold-in coil dan pull-in coil pada cara kerja starter mobil akan memunculkan medan magnet akibat aliran listrik yang mengalir.

Inilah yang menyebabkan pinion gear dapat terdorong ke kiri dan karena gerakan ring gear. Sementara putaran mesin yang lambat tersebut, membuat perkaitan gigi menjadi lembut.

Baca juga: 4 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

2. Dikala Posisi Pinion Gear Terhubung Ring Gear

Ketika pinion gear telah berkaitan dengan ring gear, maka kontak plate akan mulai menutup bagian main switch secara otomatis. 

Solenoid dan alur spiral pula akan mendorong pinion gear dikala posisi sedang berkaitan penuh dengan ring gear. Kondisi ini pun membuat contact plate yang tersentuh ujung plunger menghubungkan terminal 30 dan terminal C.

Adanya hubungan seperti inilah, arus listrik bisa mengalir ke engine lebih besar dan menyebabkan mesin bisa berputar lebih besar pula. Alur spiral yang ditimbulkan tersebut mampu memperkuat ikatan pinion gear dengan ring gear

Cara kerja starter mobil ini membuat  tegangan kedua ujung pull-in coil menjadi sama dan menyebabkan arus tidak mengalir. 

Hal ini dikarenakan plunger ditahan oleh gaya magnet yang dihasilkan oleh hold-in coil. Ketika mesin mulai dinyalakan, ring gear dapat memicu armature melalui pinion gear. 

3. Dikala Kunci Kontak Posisi ON Kembali

Tatkala kunci kembali ke posisi ON dari posisi START, secara otomatis tegangan yang diberikan menuju terminal 50 akan terputus. Main switch tetap tertutup, namun sebagian arus yang mengalir dari terminal C menuju hold-in coil melalui pull-in coil akan tetap berlanjut. 

Cara kerja starter mobil ini nantinya akan membangkitkan medan magnet dan menarik plunger. Memiliki kendaraan roda empat tidak sekedar menggunakan demi mobilitas semata. Anda pun harus mengetahui bagaimana cara kerja dari setiap komponennya, terutama starter mobil. 

Untuk itu, alangkah baiknya anda memahami bagaimana cara kerja dari starter mobil yang telah disebutkan diatas guna mengetahui bila terjadi kerusakan di kemudian hari.

Baca juga: Cek Kendaraan di Bengkel Kelistrikan Mobil, Apa Saja yang Diperiksa?


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Itu Satuan Angka Kelvin pada Sinar Lampu Mobil?

2022-07-06

Bagi Anda  yang belum mengetahui apa itu satuan angka kelvin pada sinar lampu mobil. Anda bisa menyimak artikel ini supaya makin tahu, berapa besar ukuran lampu yan

thumbnail

Cara Membersihkan Kerak Oli Mesin Mobil dengan Efektif

2023-11-21

Performa yang dihasilkan mobil tergantung dari kondisi mesin yang prima. Oleh karena itu, pemilik mobil harus rutin membersihkan mesin mobil. Namun, saat membersihka

thumbnail

Arti Plat RF, Jenis dan Aturan yang Berlaku

2024-01-31

Plat nomor di Indonesia sangatlah beragam karena setiap daerah memiliki kode yang berbeda-beda. Namun, apakah Anda pernah melihat plat RF di jalanan? Jika pernah, ap

thumbnail

Deretan Mobil Rental Paling Laris

2021-03-12

Rental mobil merupakan solusi yang sering dia