Logo Daihatsu
Menu

Cara Bayar Pajak Mobil Online di Medan dengan Aplikasi, Mudah!

Otomotif

2023-09-29

Cara Bayar Pajak Mobil Online di Medan dengan Aplikasi, Mudah!

Cara bayar pajak mobil online Medan saat ini sudah bisa dilakukan melalui aplikasi sehingga sangat efisiensi waktu. Dengan begitu, masyarakat Medan tidak perlu mondar-mandir ke Samsat hanya untuk membayar pajak mobil. Selain itu, masyarakat Medan dapat mengetahui besaran pajak yang akan dibayarkan jauh-jauh hari sebelumnya sehingga bisa menyisihkan sebagian uang untuk membayar pajak. Yuk, langsung saja ketahui cara pembayarannya dengan memperhatikan cara-cara berikut.

Cara Membayar Pajak Mobil Online Medan melalui Aplikasi

Pembayaran pajak mobil Medan saat ini sudah bisa dilakukan secara online. Tidak hanya melalui situs resmi Samsat ataupun Bapenda setempat, pembayaran juga bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Berikut cara selengkapnya.

1. Melalui Aplikasi SIGNAL

Aplikasi SIGNAL atau SIM Digital Nasional merupakan aplikasi yang dibuat oleh Korlantas Polri untuk memudahkan masyarakat dalam mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor. Aplikasi SIGNAL sendiri saat ini, sudah bisa di akses di berbagai Provinsi di Indonesia, tepatnya 28 Provinsi termasuk Sumatera Utara. Berikut beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan ketika hendak melakukan pembayaran pajak mobil online Medan melalui aplikasi SIGNAL.

  • Pertama, nyalakan data seluler di ponsel Anda, kemudian kunjungi platform pengunduhan aplikasi seperti PlayStore.
  • Selanjutnya, Anda ketik di kolom pencarian “Aplikasi SIGNAL atau Aplikasi SIM Digital Nasional”. Jika sudah ketemu, Anda tinggal unduh aplikasi tersebut.
  • Setelah selesai Anda unduh, install aplikasi SIGNAL tersebut.
  • Kemudian lakukan registrasi pendaftaran, dan unggah semua data yang diminta. Mulai dari identitas diri, nomor ponsel, email hingga kata sandi.
  • Kemudian, pilih Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) yang akan Anda bayar pajaknya. Kemudian klik tombol “Lanjut”.
  • Selanjutnya, halaman aplikasi akan memberikan informasi lengkap mengenai syarat ketentuan pembayaran pajak, pembayaran SWDKLLJ hingga PKB. 
  • Kemudian geser ikon kirim dokumen TBPKP. Selanjutnya, isi kolom yang tersedia sesuai dengan alamat pengiriman.
  • Selanjutnya, Anda klik tombol “Lanjut” jika data yang Anda isi sudah benar.
  • Selanjutnya, Anda klik menu “Cara Pembayaran”. Halaman aplikasi akan secara otomatis menampilkan kode pembayaran, beserta besaran biaya pajak yang harus dibayarkan. Kemudian, klik tombol “Lanjut”.
  • Selanjutnya, Anda tinggal memilih bank yang akan Anda gunakan untuk melakukan pembayaran. Jika sudah selesai, Anda perlu memastikan apakah transaksi pembayaran sudah berhasil atau tidak dengan menekan menu “Status Pembayaran”. 
  • Setelah transaksi pembayaran berhasil, Anda akan mendapatkan bukti sah pembayaran. Simpan bukti pembayaran tersebut dengan baik.

Baca Juga : 6 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, Lebih Mudah dan Cepat!

2. Melalui Aplikasi Sumut Bermartabat

Cara selanjutnya, Anda bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi Sumut Bermartabat. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang diciptakan oleh Pemda Sumut beserta pihak Korlantas Polri guna memudahkan masyarakat Sumatera Utara dalam mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor. Berikut cara menggunakan aplikasi Sumut Bermartabat selengkapnya.

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi e-Samsat Sumut Bermartabat di ponsel Anda.
  • Selanjutnya, Anda pilih menu “Kode Bayar”
  • Isi data yang diminta aplikasi ini, seperti nomor plat nomor mobil Anda, lima digit terakhir nomor rangka mobil, nomor mesin, alamat email, beserta nomor handphone yang bisa dihubungi.
  • Setelah terisi dengan lengkap, klik ikon “Submit”. Kemudian klik tombol “Lanjutkan”.
  • Kemudian Anda akan menerima kode OTP dari SMS atau OTP, lalu masukkan kode OTP tersebut. Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode pembayaran pajak beserta besaran nominal yang perlu Anda bayarkan.
  • Selanjutnya, Anda tinggal melakukan pembayaran pajak mobil Anda melalui transfer bank, e-wallet, ataupun melalui marketplace. 
  • Setelah transaksi pembayaran berhasil, jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayaran tersebut dengan baik.

Bagaimana, cara membayar pajak mobil online Medan melalui aplikasi sangat mudah bukan? 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Cargo Net pada Mobil Xenia

2021-11-30

Seiring dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, kini mobil sudah seperti kebutuhan biasa. Hal tersebut bisa dilihat dari meningkatnya jumlah penjualan mobil maupun aksesorisnya semacam cargo net

thumbnail

Tips Untuk Pengemudi Saat Menjumpai Truk Kontainer Sedang Belok

2021-11-20

Ukuran truk kontainer yang besar dengan bobot sangat berat tentunya, pasti bisa membuat Anda merasa was-was. Terutama saat kendaraan ini bermanuver. Oleh karena itu, ketahui tips saat menjumpai tru

thumbnail

Fungsi Tang Kombinasi untuk Semua Kebutuhan Otomotif

2022-09-26

Fungsi tang kombinasi menjadi salah satu pengetahuan yang harus diketahui oleh pengendara. Pada dasarnya, bentuk dari tang kombinasi mirip seperti gunting tetapi mem

thumbnail

4 Ciri-Ciri Shockbreaker Belakang Mobil Rusak dan Minta Ganti

2022-09-02

Banyak pengguna mobil yang masih belum mengetahui ciri-ciri shockbreaker belakang mobil yang rusak. Shockbreaker merupakan komponen mobil yang berfungsi meredam kejutan saat melewati jalan yang tid