Logo Daihatsu
Menu

6 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, Lebih Mudah dan Cepat!

Otomotif

2023-05-22

6 Aplikasi Cek Pajak Kendaraan, Lebih Mudah dan Cepat!

Aplikasi cek pajak kendaraan merupakan solusi bagi pemilik kendaraan yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengecek pajak secara langsung di Samsat. Aplikasi tersebut memang diciptakan oleh pihak Korlantas dan pemerintah untuk mengurangi angka penunggak pajak. Bagi Anda yang belum mengetahui aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mengecek kendaraan bermotor. Anda perlu memperhatikan beberapa rekomendasi aplikasi pengecekan pajak kendaraan seperti berikut.

Aplikasi Mengecek Pajak Kendaraan

Untuk mengetahui besaran nominal pajak kendaraan, ada beberapa aplikasi cek pajak kendaraan yang perlu Anda ketahui. Berikut aplikasi selengkapnya.

1. Samsat Online

Aplikasi cek pajak kendaraan pertama ada Samsat Online. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak Korlantas RI. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan oleh berbagai masyarakat dari berbagai provinsi. Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek pajak kendaraan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengecek denda pajak, denda tilang, hingga pengecekan plat nomor kendaraan. Untuk pengoperasian aplikasi ini terbilang cukup mudah. Berikut cara selengkapnya.

  • Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, Anda perlu mengunduh aplikasi ini terlebih dahulu melalui Playstore.
  • Jika sudah Anda unduh, langkah selanjutnya Anda perlu menginstal aplikasi ini.
  • Jika sudah, Anda tinggal memasukkan data diri Anda beserta data kendaraan.
  • Kemudian, pilih menu “Registrasi” dan isi semua data formulir yang diminta aplikasi ini. 
  • Jika sudah, secara otomatis aplikasi akan memberikan informasi mengenai data kendaraan bermotor secara detail, tagihan biaya pajak, tenggang waktu pembayaran pajak, masa kedaluwarsa STNK hingga kode billing pembayaran. Jika Anda berniat langsung membayar pajak, Anda bisa melakukan pembayaran melalui bank, ataupun marketplace.

2. Sambara

Aplikasi kedua ada Sambara. Aplikasi ini merupakan aplikasi pengecekan pajak kendaraan bermotor khusus masyarakat yang tinggal di Provinsi Jawa Barat. Untuk cara menggunakan aplikasi ini hampir sama dengan penggunaan aplikasi Samsat Online. Anda hanya perlu mengisikan informasi data diri beserta informasi kendaraan Anda secara lengkap.

3. Stackpole E-Samsat Jateng

Aplikasi ketiga ada Sakpole E-Samsat Jateng. Aplikasi yang satu ini diciptakan khusus untuk masyarakat Jawa Tengah yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Tidak hanya besaran pajak, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengecek status kendaraan, Samsat terdekat dari pemukiman Anda, hingga harga jual kendaraan bermotor.

4. Cek pajak motor mobil

Aplikasi keempat ada aplikasi Cek Pajak Motor Mobil. Aplikasi ini selain dapat digunakan untuk mengecek besaran pajak kendaraan bermotor, juga dapat digunakan untuk mengetahui status kendaraan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui status kendaraan bermotor yang hendak Anda beli apakah resmi, atau curian. 

5. Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi kelima ada aplikasi Cek Pajak Kendaraan. Aplikasi ini dibuat khusus untuk mengecek besaran pajak kendaraan bermotor. Cara penggunaannya juga mudah, Anda tinggal unduh dan install aplikasi ini terlebih dahulu. Kemudian, Anda tinggal memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor Anda. Secara otomatis, aplikasi ini akan menghitungkan berapa besaran nominal pajak yang perlu Anda bayarkan.

6. Sambat

Aplikasi keenam ada aplikasi Sambat. Aplikasi ini diciptakan untuk masyarakat Provinsi Banten. Selain dapat digunakan untuk mengecek besaran pajak kendaraan bermotor, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengecek keaslian plat nomor kendaraan. Cocok bagi Anda warga Banten yang hendak membeli kendaraan bermotor bekas agar tidak tertipu. 

Demikian beberapa aplikasi pengecekan pajak kendaraan bermotor yang bisa Anda unduh. Semoga dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat tidak beralasan telat bayar pajak karena sibuk atau ribet. Karena di era digital ini semuanya akan dipermudah. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Ini Bedanya Header Knalpot Racing dan Knalpot Bawaan Mobil

2022-06-26

Biasanya banyak orang yang mengganti header knalpot racing dengan knalpot bawaan untuk bisa meningkatkan performa mobil. Namun terkadang masih ada yang belum mengetahui

thumbnail

Rongga Grill Mobil: Fungsi, Cara Merawat, hingga Berbagai Desain Kerennya

2021-03-17

Grill mobil adalah bagian yang biasa disebut sebagai jantung identitas suatu mobil. Hal ini dikarenakan letak grill mobil yang berada di depan dan tengah sehingga langsu

thumbnail

Apa itu Brake System? Ini Fungsi, Komponen, dan Cara Kerjanya

2024-01-15

Memahami apa itu brake system beserta fungsi, komponen, dan cara kerjanya sangatlah perlu. Sebab sistem tersebut merupakan salah satu sistem yang dibuat untuk menjag

thumbnail

Fungsi Dwell Tester : Cara Perawatan & Menggunakannya

2022-08-10

Bicara soal pemeliharaan kendaraan, tentu tidak lepas dari penggunaan alat ukur untuk membantu proses perbaikan salah satunya menggunakan dwell tester. Salah satu fungsi dwell tester