Logo Daihatsu
Menu

Cara ke Lembang dari Jakarta Naik Kereta, Hemat dan Nyaman

Travel

2020-12-23

kereta api

Lembang adalah daerah dengan hawa sejuk sehingga banyak digemari wisatawan. Menjadi bagian dari utara Kota Bandung, Lembang menyajikan objek wisata dengan alam hijau.

 Kecamatan Lembang berada di Bandung Barat. Wilayahnya berbatasan dengan Subang dan menjadi daerah wisata paling populer di Bandung.

Nah, jika Sahabat yang tinggal di Jakarta ingin ke Lembang, naik mereka adalah alternatif paling menyenangkan. Terlebih tiket kereta bisa didapatkan dengan harga murah loh.

Tiket Kereta Api hanya Rp20.000

Melakukan perjalanan dengan kereta api tentu saja menjadi kesenangan tersendiri untuk sebagian orang. Selain tidak perlu menyetir sehingga bisa tidur selama perjalanan, perjalanan menggunakan kereta api juga lebih murah dibanding pesawat atau travel.

Cara ke Lembang dari Jakarta naik kereta, Sahabat hanya bisa turun di stasiun yang ada di Bandung, yaitu Stasiun Hall dan Stasiun Kiaracondong yang lebih dekat dengan Lembang.

Harga tiket keretanya bervariasi, sesuai yang ingin Sahabat pilih. Kereta yang tersedia ada dua: KA Argo Parahyangan dan KA Serayu.

Jika memilih menggunakan KA Argo Parahyangan, Sahabat harus menaikinya dari Stasiun Gambir dan akan berhenti di Stasiun Hall. Kelas keretanya adalah bisnis dengan harga tiket Rp35.000 dan eksekutif dengan harga Rp70.000.

Ada KA Serayu yang bisa memberikan harga lebih murah dibanding Argo Parahyangan. Sahabat bisa menaikinya dari Jakarta Kota dan akan diturunkan di Stasiun Kiaracondong. Harga tiketnya hanya Rp20.000 untuk kelas ekonomi saja.

Lebih Hemat dengan Kereta Api Lokal

Selain menggunakan KA serayu dengan harga Rp20.000, Sahabat bisa loh hanya mengeluarkan Rp14.000 saja untuk perjalanan kereta api ke Lembang dari Jakarta. Jauh lebih murah bukan?

Kereta api yang dipilih adalah kereta api lokal. Namun, dengan menggunakan kereta api lokal ini, Sahabat harus transit sekali dan berganti jurusan, yaitu ke Purwakarta terlebih dahulu baru pilih jurusan ke Bandung.

Dari Jakarta, Sahabat bisa ke Stasiun Tanjung Priok atau Stasiun Kemayoran lalu memilih KA Walahar Ekspres yang akan mengantar ke Purwakarta dengan harga tiket Rp6.000 saja. Setelah sampai di di Purwakarta, Sahabat bisa naik KA Cibatu dengan tujuan Bandung dengan harga tiket Rp8.000.

Sahabat bisa memesan tiket 3 jam sebelum kereta berangkat. Jadwal keberangkatan untuk KA Walahar Ekspres di Tanjung Priok adalah tiga kali, yaitu 09.55, 11.05, dan 16.15. Jika dari Kemayoran mulai pukul 10.16, 11.24, dan 16.36. Untuk KA Cibatu hanya tersedia dua jadwal, yaitu pagi pukul 04.20 dan sore pukul 15.45.

Menggunakan Transportasi Umum untuk Lebih Hemat

Setelah menemukan alternatif cara ke Lembang dari Jakarta naik kereta dengan harga yang sangat ramah kantong, jangan lupa pikirkan juga berhemat selama di Lembang ya, Sahabat. Karena kereta api hanya sampai di Bandung, berarti untuk menuju Lembang juga harus merogoh kocek lagi.

Sahabat bisa menggunakan Bus Damri. Bus ini adalah yang paling populer karena jadwal keberangkatannya yang sering, banyak ditemui, dan harga tiketnya yang sangat murah. Untuk menuju Lembang dari stasiun Bandung, Sahabat hanya butuh membayar Rp2.000 untuk kelas ekonomi dan Rp3.000 untuk bus dengan AC loh. Murah banget, kan?

Jika Sahabat berlibur ke Lembang bersama rombongan teman, bisa menyewa mobil supaya lebih fleksibel jika ingin ke mana-mana. Harga sewa adalah Rp350.000 per hari. Praktis dan lebih nyaman.

Baca juga : 12 Tempat Wisata Di Lembang yang Tidak Akan Membuat Bosan

Nah, bagaimana? Sudah siap berlibur ke Lembang dari Jakarta naik kereta? Jangan ragu karena naik kereta akan memberikan pengalaman seru loh. Hemat juga!

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Travel

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Contoh Anggaran Biaya Perjalanan Bisnis untuk Pebisnis Pemula

2021-01-07

Perjalanan bisnis adalah perjalanan yang terkenal dengan pengeluarannya yang lumayan tinggi. Biasanya, atas nama kesuksesan urusan perusahaan, biaya tinggi itu akan dima

thumbnail

7 Tips Merantau ke Medan untuk Mengurangi Homesick

2020-12-15

Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya. Ibu kota Sumatera Utara tersebut tak pelak menjadi kota metropolitan yang banyak dituju ole

thumbnail

11 Kuliner Khas yang Wajib Diicip ketika ke Puncak Bogor

2020-11-20

Puncak Bogor selalu padat oleh wisatawan ketika akhir pekan. Pengunjungnya biasanya dari Jakarta yang penat dengan kehidupan perkotaan. Destinasi wisatanya yang beragam membuat Puncak semakin popul

thumbnail

10 Makanan Halal di Singapura untuk Kulineran dengan Nyaman

2021-03-24

Saat melakukan perjalanan ke luar negeri, sahabat pasti mencoba kuliner khas dari negara tersebut. Namun, ada hal penting yang perlu diingat oleh sahabat yang beragama I