Logo Daihatsu
Menu

Cara Membuat Bemper Mobil Sendiri

Otomotif

2020-12-03

cara membuat bemper mobil sendiri

Jika Sahabat ingin memiliki mobil dengan bemper sesuai selera, melakukan cara membuat bemper mobil sendiri adalah pilihan tepat. Jangan khawatir bila Sahabat belum tahu bagaimana cara melakukannya.

Sebab, kami akan memberitahukannya di artikel ini. Tidak percaya? Langsung saja simak cara-cara tersebut di bawah ini!

Tentukan Jenis Bemper yang Sahabat Mau

Cara pertama yang harus Sahabat buat adalah mengetahui jenis bemper apa yang Sahabat mau. Semakin tahu jenis bemper mana yang Sahabat mau, maka semakin mudah Sahabat untuk menentukan berbagai hal. Mulai dari biaya pembuatan sampai komponen apa saja yang harus diperlukan.

Tetap Gunakan Suku Cadang Asli Mobil Sahabat

Umumnya, orang yang hendak membuat bemper mobil sendiri akan memakai suku cadang yang beda dari aslinya. Namun, saran kami, tetaplah gunakan suku cadang asli Sahabat, kendati Sahabat ingin membuat bemper mobil versi Sahabat.

Melakukan hal itu akan bikin Sahabat lebih hemat, baik secara biaya, waktu, dan tenaga. Adapun suku cadang asli yang bisa dipakai adalah braket dan juga kabel pemandu.

Buat Model atau Cetakan dari Bemper yang Hendak Dibuat

Setelah tahu apa jenis bemper dan suku cadang yang hendak dipakai, kini kita beranjak ke cara selanjutnya. Membuat model bemper sendiri bisa dibuat dari bahan apa saja. Namun, sebagai saran, Sahabat bisa memakai balok busa atau karton sebagai bahan utama.

Adanya model bemper akan mempermudah Sahabat dalam membuat bemper, serta menempelkan suku cadangnya. Selain membuat model, Sahabat juga bisa sekalian membuat sketsa untuk menentukan di mana saja Sahabat harus menempelkan suku cadang, serta mungkin komponen-komponen penting lainnya.

Buatlah Bemper yang Sahabat Inginkan

Sekarang masuk ke cara yang terakhir. Setelah Sahabat berhasil membuat model atau cetakan  bempernya, Sahabat bisa langsung membuat bemper dari model tersebut.

Agar bisa menghasilkan bemper, Sahabat mesti memakai resin, aerosol, dan katalis sebagai bahan utamanya. Untuk pengerjaan, pastikan Sahabat melakukannya di ruang berventilasi baik. Hal itu dilakukan agar Sahabat tidak terpapar asap resin yang cukup berbahaya.

Jangan Ragu Meminta Bantuan Teman

Bila Sahabat merasa kesulitan, Sahabat bisa meminta bantuan kepada teman yang ahli soal pembuatan bemper custom. Lewat mereka, Sahabat bisa mendapatkan bantuan, masukan, serta cara pembuatan bemper mobil yang lebih detail dan efektif.

Kelebihan Membuat Bemper Mobil Sendiri

Sebelum artikel ini ditutup, kami akan paparkan beberapa kelebihan yang bisa didapat, jika Sahabat berhasil membuat bemper mobil sendiri. Siapa tahu bisa memotivasi Sahabat yang tertarik membuat bemper mobil sendiri. Adapun kelebihan-kelebihan itu adalah:

Menghemat Biaya

Sebetulnya, Sahabat bisa saja membuat bemper mobil dari bengkel atau penyedia bemper kostum. Namun, hal itu akan menguras keuangan, mengingat biayanya yang cukup besar.

Hal itu tak akan Sahabat alami jika membuat bemper mobil sendiri. Membuat bemper mobil sendiri cenderung lebih hemat biaya. Soalnya, Sahabat bisa membuatnya sendiri dari bahan yang ada, serta tak perlu membayar jasa orang lain (dalam hal ini penyedia jasa pembuatan bemper custom).

Bebas Berkreasi

Membuat bemper mobil sendiri membuat Sahabat lebih bebas berkreasi. Sahabat jadi bisa menghasilkan bemper mobil yang sesuai dengan selera, serta beda dari yang lain.

Itulah beberapa cara membuat bemper mobil sendiri, serta beberapa kelebihannya. Semoga bisa dipraktekan oleh Sahabat sekalian. Jangan ragu meminta bantuan teman, jika sekiranya Sahabat mengalami kesulitan saat melakukannya.

Penulis: Anggie Warsito


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Komponen Rem Tromol Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

2022-08-12

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang memiliki banyak komponen. Setiap komponen mobil tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Salah satunya adalah komponen rem tromol.R

thumbnail

Fungsi CKP dan CMP pada Mobil dan Cara Kerjanya, Yuk Simak!

2023-09-29

Mengetahui fungsi sensor CKP dan CMP pada mobil beserta cara kerjanya merupakan hal yang diperlukan. Sensor CKP dan CMP tersebut memiliki peranan penting terhadap ke

thumbnail

Efek Negatif Sering Angkat Wiper Saat Mobil Parkir

2022-06-30

Anda salah satu pengguna kendaraan bermotor dengan jenis mobil? Apa Anda tahu bagaimana cara terbaik untuk merawat setiap komponennya? Mengetahui cara merawat setiap kom