Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Mengecat Grill Mobil supaya Lebih Tahan Lama dengan Hasil Bagus
17 Maret 2021
mengecat grill mobil

Grill mobil adalah komponen yang membuat gagah tampilan mobil. Pemilik mobil yang tidak terlalu puas dengan kondisi grill dari pabriknya biasanya ingin memodifikasinya sendiri atau minimal mengecatnya. Cara mengecat grill mobil tidak sembarangan loh, Sahabat.

Grill mobil yang terletak di depan dan bagian tengah membuat pengecatan tidak terlalu mudah. Terlebih jika hanya dicat tanpa memikirkan bagian sekitarnya pasti akan tampak berantakan. Nah, Sahabat bisa nih menyimak penjelasan berikut mengenai cara mengecat grill mobil.

Pilih Warna dan Jenis Cat yang Bagus

Cara mengecat grill mobil yang pertama tentu saja memilih warna cat yang Sahabat inginkan. Entah itu disesuaikan dengan warna body mobil agar serasi atau yang bertolak belakang agar terlihat mencolok, lakukan sesuai selera.

Memilih cat tentu saja tidak bisa sembarangan loh, Sahabat. Terlebih jika ingin cat lebih awet dengan hasilnya bagus. Ada tiga jenis cat yang ada di pasaran otomotif. Pertama adalah cat stoving. Cat ini biasanya digunakan oleh bengkel yang memiliki oven. Jadi, tidak cocok untuk digunakan sendiri di rumah. Namun, cat ini memiliki kualitas bagus karena tidak mudah kusam.

Yang kedua adalah cat urethane, cepat kering dan lebih murah dibanding cat stoving. Hanya saja kualitasnya tentu di bawah stoving karena mudah tergores. Cat terakhir adalah lacquer. Lebih cepat kering dengan harga paling terjangkau. Ketahanannya hanya sekitar 2 tahun.

Menutup Bagian Sekitar Grill

Grill yang terletak di bagian tengah depan memang seringkali menjadi tricky ketika akan mengecatnya sendiri. Sebab, jika tidak hati-hati akan mengenai bagian sekitarnya sehingga hasilnya akan berantakan.

Nah, Sahabat bisa nih menutup bagian sekitarnya dengan plastik dan kertas. Sahabat harus menyiapkan kertas dan plastik lalu rekatkan di sekitar grill dengan isolasi. Isolasi juga akan membantu membuat pinggiran grill lebih rapi saat dicat.

Lap Grill dari Debu

Setelah semua bagian di sekitar grill tertutupi dan tidak akan terkena cat, sekarang waktunya untuk membersihkan grill dari debu. Pembersihan ini juga akan membantu cat lebih meresap di permukaan grill sebab ketika debu masih menempel, cat akan mudah terkelupas.

Bersihkan debu dari grill dengan cara mengelapnya dengan kain katun. Penggunaan kain katun karena kain tersebut begitu halus sehingga tidak akan memberikan efek baret pada grill. Bersihkan secara merata ya, Sahabat.

Semprotkan Cat hingga Merata

Setelah dirasa bersih dan tidak ada debu yang menempel di grill, waktunya mengecat. Biasanya, satu kaleng semprot juga sudah cukup untuk mengecat grill secara merata. Jangan sampai ada sudut yang terlewat ya, Sahabat, supaya hasilnya rapi.

Lepas Penutup Sebelum Cat kering

Sebelum cat mengering, Sahabat harus melepas penutup plastik atau kertas yang tadi digunakan untuk melindungi body mobil di sekitar grill.

Melepasnya sebelum kering bertujuan supaya isolasi tidak menempel terlalu lama yang nantinya akan memberikan bekas di body mobil. Lepaskan dengan hati-hati ya supaya lapisan cat rusak. Setelah itu, tunggu cat sampai mengering ya!

Cara mengecat grill mobil di atas mudah sekali kan untuk diikuti? Dengan mengecat sendiri juga akan menghemat biaya karena Sahabat hanya memberi satu kaleng cat dibandingkan melakukan pengecatan di bengkel yang tentu saja memerlukan biaya tambahan yang tinggi. Terlebih, Sahabat juga hanya perlu melakukannya di rumah sehingga bisa menghemat waktu juga.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku