Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Rongga Grill Mobil: Fungsi, Cara Merawat, hingga Berbagai Desain Kerennya
17 Maret 2021
rongga grill mobil

Grill mobil adalah bagian yang biasa disebut sebagai jantung identitas suatu mobil. Hal ini dikarenakan letak grill mobil yang berada di depan dan tengah sehingga langsung menarik atensi yang melihatnya. Dari sini terlihat jelas jika rongga grill mobil memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Jangan salah, Sahabat, rongga grill mobil tidak hanya untuk hiasan saja kok. Banyak fungsi yang diberikan rongga grill mobil dan itu sangat penting untuk kesehatan berfungsinya mesin mobil.

Jika penasaran, yuk langsung simak saja penjelasan berikut! Tidak hanya fungsi rongga grill mobil, tetapi juga cara merawat grill mobil hingga bentuk-bentuk grill mobil yang keren dan bisa meningkatkan kesan gagah dan antik pada sebuah mobil.

Fungsi Rongga Grill Mobil

Ada alasan mengapa grill mobil memiliki bentuk seperti kisi-kisi seperti halnya ventilasi udara pada rumah. Mungkin, fungsi rongga grill mobil yang pertama kali dikenali kepada pengendara mobil memang sebagai hiasan. Namun, rongga grill mobil dibentuk seperti itu memiliki tujuan khusus loh, Sahabat.

Pertukaran udara atau lebih tepatnya sebagai sirkulasi udara masuk sehingga mesin di baliknya bisa didinginkan supaya tidak overheat. Itulah alasan utama mengapa mobil dengan bahan bakar minyak selalu memiliki grill di bagian depannya.

Melalui rongga grill mobil, udara masuk dari luar sehingga bisa menjaga suhu ideal mesin secara optimal. Hal ini sangat berguna supaya mobil tidak mengalami mogok akibat terlalu panas suhunya. Namun, pada mobil dengan mesin yang dijalankan dengan listrik memang sudah tidak memiliki grill lagi.

Jangan Sembarangan Memodifikasi

Biasanya, beberapa pemilik mobil memiliki hobi untuk memodifikasi mobilnya, mulai dari bagian interior hingga eksterior. Namun, Sahabat jangan gegabah untuk memodifikasi grill mobil dengan impulsif ya.

Sahabat harus memahami terlebih dahulu fungsi grill mobil untuk apa. Jadi, ketika mobil Sahabat memiliki rongga grill mobil yang lebar, jangan sampai memodifikasinya dengan bentuk rongga yang sempit. Sebab, hal itu bisa mempengaruhi fungsi grill untuk mesin mobil yang sangat krusial.

Salah-salah modifikasi, bisa-bisa Sahabat justru membuat mesin mobil malah menjadi sakit karena udara yang masuk terhalang sehingga cepat overheat. Akibatnya nanti bisa bahaya untuk Sahabat sendiri karena akan gampang mengalami mogok di jalan, apalagi jika dalam perjalanan jauh.

Yang pasti, jika ingin memodifikasi grill mobil, Sahabat harus memperhatikan betul-betul rongga grill mobilnya ya. Perhatikan letak bilah-bilah rongga menghadap ke arah mana, atas atau bawah sebab itu pasti diarahkan ke radiator.

Bentuk Grill Mobil Keren

Jika Sahabat kira bentuk grill mobil hanya kotak dengan rongga-rongga tanpa memiliki style yang keren, berarti Sahabat keliru. Beberapa mobil memiliki bentuk grill mobil yang keren dengan desain yang tetap memperhatikan fungsi utama dengan baik sehingga tidak mempengaruhi kinerja mesin.

Yang paling banyak digunakan pada banyak jenis mobil adalah jenis kidney grill, yaitu berbentuk kotak, memanjang vertikal, atau horizontal. Terdapat dua grill biasanya, tepat di atas nomor polisi.

Desain unik nan keren lainnya adalah bentuk segitiga terbalik dan terletak persis di tengah depan. Ukuranya lumayan besar sehingga pada mobil jenis ini, plat mobil akan diletakkan di sebelah kiri atau kanan, bukan di tengah.

Untuk mobil dengan kesan antik, bentuk grill biasanya adalah kotak besar dan diletakkan persis di tengah depan. Sususannya tergabung dengan kap mobil. Desain unik lainnya adalah berbentuk oval selayaknya mulut yang sedang membulat atau biasanya dikenali sebagai grill bell karena bentuknya mirip lonceng. Bentuk sangat khas memang.

Membersihkan Grill Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, grill mobil ini merupakan jantungnya identitas kendaraan, terletak di tengah depan dan biasanya logo mobil yang khas akan berada di sana sehingga orang-orang mudah mengenalinya. Nah, jika begini akan malu dong kalau grill mobil tampak kotor bahkan berjamur?

Grill mobil yang terletak di depan ini cepat mengalami kotor, terlebih jika mobil dikendarai untuk melintasi jalanan yang becek hingga saat turun hujan. Bahkan ketika musim kemarau pun grill mobil yang pertama kali terserang debu di jalanan. Nah, inilah alasannya rongga grill mobil harus rajin dibersihkan.

Tidak perlu ke salon atau bengkel dong, bersihkan saja secara mandiri di rumah demi menghemat biaya. Memang kisi-kisi rongga grill mobil membuat kita agak susah dalam membersihkannya, tetapi jika Sahabat mengikuti langkah berikut, pasti tidak akan lagi kesusahan.

1. Alat dan Bahan yang Digunakan

Tidak susah kok alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan grill mobil. Sahabat cukup sediakan sikat gigi, kuas, kain katun, sampo mobil, air, dan wax. Keenamnya akan membantu Sahabat membersihkan debu yang menempel di setiap rongga grill mobil dengan mudah.

Nantinya, air dan shampo mobil dicampur dengan takaran 1:3 untuk sampo. Nah, sampo mobil ini akan membantu Sahabat untuk mengangkat kotoran di permukaan grill mobil.

2. Oles dan Diamkan

Saat mengoleskan campuran air dan sampo jangan langsung dilap ya, Sahabat. Diamkan dahulu hingga beberapa saat supaya debu dan kotoran terangkat. Oleskan dengan sikat gigi.

Saat dirasa cairan cukup untuk mengangkat kotoran di permukaan grill, sikat dengan perlahan dengan sikat gigi yang sama. Ingat, jangan keras-keras nanti akan membuat grill menjadi lecet atau tergores.

3. Lap dengan Kain Katun

Menggunakan kain katun bukan tanpa alasan. Ialah karena kain ini memiliki serat yang halus, tetapi begitu mudah untuk menyerap air. Dengan kain sehalus katun, dipastikan tidak akan meninggalkan bekas goresan di permukaan grill mobil.

Bersihkan sisa cairan shampo dan bekas sikatan di permukaan grill dengan cermat ya. Jangan sampai menyisakan bekas, terutama di bagian rongga grill mobil.

4. Wax supaya Lebih Mengilap

Was berfungsi untuk membuat grill tampak lebih mengilap. Karena terletak di tengah depan mobil tentu saja harus terlihat lebih kinclong dibanding sisi-sisi yang lain, kan?

Sahabat bisa mengoleskan wax menggunakan kuat dengan hati-hati ya, tidak perlu dengan sekuat tenaga, nanti justru melukai permukaan grill.

Membersihkan Grill Mobil yang Sudah Berjamur

Jangan sampai termakan tips and tricks yang salah kaprah untuk membersihkan grill mobil yang sudah berjamur ya, Sahabat. Pasta gigi tidak untuk digunakan sebagai pembersihkan grill yang sudah berjamur. Bahan tersebut justru bisa saja memperparah kerusakannya.

Jika memang grill mobil Sahabat terdapat jamur, bersihkan dengan obat anti jamur saja. Memang nanti hasilnya tidak kembali seperti semula, tetapi Sahabat bisa mengombinasikannya dengan mengecat ulang atau memberi coating dan wax sehingga kembali tampak cantik.

Itulah hal-hal yang bisa Sahabat pelajari mengenai rongga grill mobil. Bagaimana? Menarik sekali, kan? Ternyata grill mobil memiliki banyak fungsi krusial. Cara merawatnya pun gampang sehingga tidak ada alasan untuk membiarkan grill mobil berjamur sehingga fungsinya.

Jangan hanya grill mobil yang dirawat ya, Sahabat. Sebab semua bagian mobil sama pentingnya. Rawatlah sebelum bagian-bagian tersebut rusak karena kita lalai. Sebab, pasti biaya perbaikannya lebih mahal.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Adab Bepergian, Membaca Doa Naik Kendaraan Darat
Apa yang Sahabat lakukan ketika hendak bepergian? Banyak orang yang akan menjawabnya dengan jawaban membaca doa. Namun tahukah kamu, selain membaca doa perjalanan atau doa naik kendaraan darat, m

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku