Logo Daihatsu
Menu

Cara Mengecat Mobil untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Otomotif

2021-01-06

cara mengecat mobil untuk pemula

Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bila cat bodi kendaraan roda empat akan tampak kusam seiring berjalannya waktu dan seringnya pemakaian. 

Jika Anda ingin permukaan cat mobil menjadi lebih mengkilap seperti sedia kala, maka tidak ada salahnya untuk melakukan cara mengecat mobil untuk pemula. Penasaran bagaimana tahapannya? Berikut ulasannya.

1. Babak Awal Sebelum Pengecatan

Bila Anda masih pemula untuk urusan pengecatan pada mobil ini, maka jangan terburu buru untuk langsung menggantinya karena ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan terlebih dahulu. 

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu mengamplas bagian tertentu yang akan dicat secara merata. Disarankan untuk menggunakan amplas yang memiliki ukuran 1500.

Selanjutnya, cuci bagian yang telah diamplas tersebut menggunakan air bersih dan keringkan dengan kain yang bersih pula. Bila perlu, diamkan mobil di bawah sinar matahari secara langsung hingga benar benar kering. 

Usai dikeringkan, siapkan Epoxy atau cat yang mampu memberikan lapisan pelindung yang sangat kokoh untuk kendaraan kesayangan Anda.

Cara mengecat mobil untuk pemula berikutnya yaitu menyemprotkan Epoxy pada bagian yang sudah direncanakan untuk dicat. Kemudian gosok kembali permukaan mobil tersebut menggunakan amplas yang berukuran 2000 secara merata. 

Cuci kembali bagian mobil yang telah diamplas tersebut dan keringkan menggunakan kain yang bertekstur lembut seperti kain katun. Jika ingin hasil pengecatan terlihat sempurna, hendaknya Anda menggunakan warna putih atau abu abu guna memulai pengecatan dasar. 

Ketika proses pengecatan ini usahakan melakukannya di ruangan terbuka, sehingga sinar matahari bisa langsung menyinari mobil secara langsung. Namun Anda juga perlu menghindari debu yang dapat membuat warna mobil menjadi tidak rapi.

Bila cat dasar sudah disemprotkan ke seluruh bagian, maka selanjutnya tunggu selama kurang lebih dua jam atau hingga cat dasar tersebut kering. 

Lalu gosok kembali menggunakan amplas agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Pada cara mengecat mobil untuk pemula ini, Anda hanya perlu mengamplas secara tipis tipis saja agar warna dasar dari cat menjadi merata ke seluruh bagian.

Baca juga: Berikut Biaya Cat Mobil Untuk Setiap Bagian Kendaraan

2. Tahap Pengecatan

Di tahapan berikutnya ini, Anda perlu mencampurkan cat yang telah dipersiapkan sebelumnya dengan thinner. Perlu diingat, saat pencampuran tersebut jangan terlalu encer ataupun kental. 

Bila Anda menggunakan jenis cat yang kental, maka campuran cat dan thinner menggunakan perbandingan 1:2 di mana satu liter untuk cat dan dua liter untuk thinner.

Sementara untuk jenis cat yang encer, Anda hanya perlu mencampurkan 1:1 antara cat dan thinner. Perbandingan ini dilakukan agar warna yang diciptakan nantinya lebih menawan dan cantik. 

Usai mencampurkan cat dan thinner, maka proses pengecatan bisa dimulai. Kemudian cat yang di menempel harus dikeringkan. Setelah cat kering, cara mengecat mobil untuk pemula yang terakhir yaitu tahap varnish. 

Jika Anda telah melakukan pengecatan pada bodi mobil sesuai dengan instruksi diatas, maka jangan lupa juga untuk selalu merawatnya agar tetap mengkilap. Dengan begitu, kendaraan kesayangan akan tampil lebih kece dan menawan lagi. 

Bila perlu, Anda bisa melakukan coating agar permukaan cat tampak lebih mengkilap dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: Rekomendasi 7 Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

2021-01-12

Pengendara mobil mana yang tidak akan panik ketika kendaraannya tidak mau distarter atau lebih dikenal mogok? Agar tidak salah langkah, berikut cara mengatasi mobil tida

thumbnail

Arti dan Kode Ukuran Velg Mobil

2021-01-05

Ukuran velg mobil adalah perhitungan yang bisa dijadikan referensi saat memilih velg hingga mobil yang cocok. Ukurannya harus pas atau sesuai agar velg mobil yang baru s

thumbnail

Alasan Ganti Shockbreaker Harus Sepasang

2022-05-20

Shockbreaker merupakan komponen berbentuk tabung pada mobil yang berfungsi untuk menyerap guncangan yang diciptakan oleh spring agar tidak terjadi efek rolling. Jadi, sa

thumbnail

Cara Mematikan GPS Mobil dengan Mudah & Cepat, Yuk Cek!

2023-04-17

Saat ini penerapan GPS dalam mobil sudah