Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Menghasilkan Setelan Kopling Mobil yang Benar
03 Desember 2020
setelan kopling mobil yang benar

Menentukan setelan kopling mobil yang benar adalah hal yang gampang-gampang susah. Butuh kecermatan tersendiri untuk bisa menghasilkan setelan kopling yang benar. Bila berhasil membuat setelan kopling yang benar, Sahabat akan lebih mudah dalam melakukan transmisi gigi mobil.

Ada beberapa cara yang mesti dilakukan, bila Sahabat ingin menghasilkan setelan kopling mobil yang benar. Menyetel ketinggian pedal kopling, serta mengatur jarak gerak bebas pedal kopling adalah keduanya.

Menyetel Ketinggian Pedal Kopling

Kita bahas dulu cara yang pertama. Ketinggian pedal yang dimaksud di sini adalah jarak antara ujung pedal dengan lantai kendaraan (dalam hal ini mobil).

Setiap mobil punya ukuran ketinggian pedal koplingnya sendiri. Kalau Sahabat ingin tahu berapa ketinggian pedal kopling mobil Sahabat, Sahabat bisa mengecek buku manual perbaikan pada mobil Sahabat.

Untuk bisa menyetel ketinggian pedal kopling, Sahabat terlebih dulu harus punya kunci pas 12 atau 14 inchi. Habis itu, Sahabat langsung bisa melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Putar mur pengunci pada pedal ke arah kiri, hingga mur mengendur dan baut penyetel pada pedal bisa dengan mudah diputar.
  2. Putar baut penyetel ke arah kiri agar ketinggian pedal kopling meninggi. Putar ke arah kanan bila pedal kopling dirasa terlalu ketinggian.
  3. Jika ketinggian pedal kopling sudah pas, segera putar mur pengunci ke arah kanan agar pedal tidak kendor.

Mengatur Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling

Mari kita bahas cara selanjutnya. Cara ini sendiri perlu dilakukan bukan hanya agar setelan kopling mobilnya jadi lebih benar. Tetapi, juga untuk mencegah kopling agar tidak terus-terusan menempel pada Fly Wheel. Kalau kopling terus menempel di komponen tersebut, bisa-bisa kampas kopling bisa habis dengan cepat.

Jarak gerak bebas pedal kopling umumnya berkisar di angka 1,5 cm hingga 3 cm. Jika Sahabat ragu, Sahabat bisa mengecek buku manual pada mobil Sahabat untuk memastikan berapa nomor yang tepat.

Mengatur jarak gerak bebas pedal kopling sendiri bisa dilakukan dalam dua model. Mekanikal dan hidrolik adalah dua model yang dimaksud.

Mengatur Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling Model Mekanikal

Ini merupakan model yang mengandalkan kabel sebagai komponen utama. Ada beberapa langkah untuk mengatur jarak gerak bebas pedal kopling model ini. Langkah-langkah itu adalah:

  1. Kendorkan mur pengunci dengan kunci pas berukuran 10 ataupun 12.
  2. Putarkan mur pengunci ke arah kiri, bila Sahabat hendak menjauhkan jarak gerak bebas pada pedal kopling. Bila ingin jaraknya diperpendek, Sahabat bisa memutar mur penguncinya ke arah kanan.
  3. Jika sudah mendapatkan jarak gerak bebas yang pas, segera kencangkan mur pengunci dengan kunci pas yang sudah Sahabat sediakan.

Mengatur Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling Model Hidrolik

Seperti halnya model sebelumnya, mengatur jarak gerak bebas pedal pada model ini juga perlu sejumlah langkah. Langkah-langkah itu adalah:

  1. Kendorkan mur pengunci dengan kunci pas berukuran 8 atau 10.
  2. Putar batang pendorong hidrolik pada kopling dengan tang atau alat sejenis. Putarlah searah jarum jam jika hendak memperpendek jarak. Sebaliknya, putar ke arah berlawanan jarum jam jika akan memperpanjang jarak.
  3. Kencangkan mur pengunci bila sudah menemukan jarak gerak bebas pedal kopling yang pas.

Menentukan setelan kopling mobil yang benar adalah hal yang gampang-gampang susah. Butuh kecermatan tersendiri untuk bisa menghasilkan setelan kopling yang benar. Bila berhasil membuat setelan kopling yang benar, Sahabat akan lebih mudah dalam melakukan transmisi gigi mobil. Adapun untuk melakukannya, Sahabat bisa melakukan berbagai cara yang sudah kami sampaikan di atas.

Penulis: Anggie Warsito

Tips Sahabat Lainnya
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Awali Dengan Membaca Doa Perjalanan, Ini Manfaat dan Sunnah Bepergian
Seberapa sering Sahabat bepergian dalam setahun? Apakah kamu tergolong individu yang sering melakukan perjalanan atau yang paling sering diam di rumah? Tahukah kamu, melakukan perjalanan atau
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Memilih Cover Mobil Anti Air yang Bagus dan Aman
Perawatan mobil tentu harus menyeluruh dari mulai mesin hingga body luarnya. Membiarkan penampilan bodi luar mobil yang rusak akan berpengaruh juga terhadap nilai mobil tersebut seperti cat yang kusam
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
20 Rekomendasi Parfum Mobil Terbaik & Wangi Tahan Lama
Selera wangi parfum mobil itu tergantung masing-masing individu. Cocok untuk orang lain belum tentu cocok untuk kita. Daripada bingung, di bawah ini ada 20 terbaik dengan berbagai rentang harga dan v

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor