Logo Daihatsu
Menu

Cara Menyetel Wiper Mobil dengan Mudah

Otomotif

2021-01-05

wiper mobil

Wiper mobil merupakan komponen yang berfungsi sebagai penyeka air saat hujan turun. Penyetelan wiper mobil ini harus dilakukan dengan benar agar dapat menjangkau bagian kaca mobil dan tidak mengganggu jarak pandang saat berkendara. 

Lantas bagaimana cara menyetel wiper mobil? Seperti kita tahu, cara kerja wiper mobil itu bergerak naik dan turun saat menyeka permukaan kaca bagian depan atau belakang. Kontrolnya pun ada pada bagian dalam kabin mobil. 

Entah akibat baut yang kendur atau penyetelan yang kurang pas, gerakan wiper mobil bisa tidak optimal alias nggak bisa menjangkau seluruh permukaan kaca. Akibatnya jarak pandang pun jadi terganggu karena kotoran atau air tidak tersapu dengan sempurna. 

Oleh karena itu, diperlukan penyetelan wiper mobil sesuai dengan kebutuhan. Sebenarnya menyetel wiper mobil bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan mekanik bengkel. Yuk simak ulasan berikut ini untuk mengetahui cara menyetel wiper mobil dengan mudah. 

1. Siapkan alat-alatnya 

Alat yang dibutuhkan untuk menyetel wiper mobil itu cukup sederhana. Hanya perlu kunci pas ukuran 12. Kunci pas ini digunakan untuk mengunci dan mengunci wiper arm. 

2. Membuka tutup wiper arm 

Tutup wiper arm terletak pada bagian bawah engsel wiper mobil. Tutup ini berfungsi untuk melindungi baut pengunci dari air karena bisa mengalami oksidasi dan berkarat jika sering terpapar air. 

Segera buka tutupan wiper arm dengan cara tarik ke atas. Kalau menggunakan kunci pas dirasa terlalu sulit, Sahabat bisa menggunakan obeng (-) untuk mencongkel tutup tersebut.

3. Mengendurkan baut wiper arm 

Apabila tutup wiper arm sudah dibuka maka akan nampak baut pengunci yang memiliki ukuran 12. Untuk menyetel wiper maka kendurkan baut pengunci ini dengan memutar ke arah kiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Kendurkan sampai baut pengunci terlepas dan angkat bautnya. 

Jangan lupa untuk mengetuk sedikit bautnya agar kotoran yang menempel bisa terlepas. Pasang lagi bautnya dan kencangkan secukupnya sesuai dengan kebutuhan. 

Sesuaikan posisi wiper arm ini, jika terlalu ke atas maka turunkan sedikit posisinya. Jika terlalu ke bawah, maka naikkan sedikit pula dari tempatnya. 

Jika posisi dirasa sudah pas, maka kencangkan baut wiper arm dengan kunci pas 12 dengan memutar ke arah kanan atau sesuai arah jarum jam. Perlu diperhatikan, beberapa jenis wiper arm ada yang tidak menggunakan baut pengunci, melainkan pakai pengunci lain yang bisa dilepas dengan cara cukup dicongkel saja pakai obeng. 

4. Coba setelan wiper mobil 

Sebelum menyetel wiper mobil dari dalam kabin, angkat tempelan wiper agar menempel di kaca. Cara ini bisa mencegah terjadinya kerusakan pada wiper mobil. 

Putar kontrol kendali wiper mobil dan perhatikan gerakannya. Kalau wiper bisa bergerak normal dan tidak melebihi bidang permukaan kaca, maka setelan wiper mobil sudah pas dan matikan kontrolnya. 

Kalau sudah begitu, Sahabat hanya tinggal menempelkan wiper mobil ke kaca dan coba putar kontrolnya sekali lagi. Tutup pelindung baut wiper arm dan wiper sudah bisa digunakan sebagaimana mestinya. 

Jika setelan wiper dirasa ada yang kurang pas, Sahabat bisa mengulangi cara ke tiga untuk menemukan jangkauan wiper sesuai kebutuhan. 

Demikian ulasan cara memasang wiper mobil yang mudah. Semoga ulasan ini bisa menambah wawasan dan menghemat pengeluaran ya, karena menyetel wiper mobil bisa dilakukan sendiri tanpa perlu pergi ke bengkel. Selamat mencoba! 

Penulis : Dinno Baskoro


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Tang Crimping dalam Otomotif & Cara Menggunakannya

2022-12-21

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas mengenai

thumbnail

Cara Cek Pajak Kendaraan Bekasi Secara Online, Mudah!

2024-01-31

Cek pajak kendaraan Bekasi saat ini sudah bisa dilakukan dengan mudah secara online. Jadi, Anda tidak perlu menunggu antrean panjang ketika hendak melakukan pengecek

thumbnail

Berikut Perbedaan Ring Piston Kompresi 1 dan 2, Yuk Simak!

2022-10-24

Memahami perbedaan ring piston kompresi 1 dan 2 memang diperlukan. Mengingat

thumbnail

Tips Menghemat Aki Meskipun Modifikasi Audio Mobil

2022-06-29

Sejatinya takaran daya konsumsi listrik di semua mobil telah disesuaikan dengan sebaik mungkin. Hanya saja, karena sifat dasar manusia yang tidak pernah puas maka kadang