Logo Daihatsu
Menu

Cara Mudah Menghilangkan Bau Rokok di Mobil, Bisa Menggunakan Bahan Dapur, Loh!

Otomotif

2021-05-06

bau rokok di mobil

Menghilangkan bau rokok di mobil merupakan hal yang selalu dicari tipsnya. Sebab, bagaimanapun, mobil pribadi seringkali menjadi rumah kedua untuk sebagian orang dan kondisinya harus membuat nyaman sehingga perjalanan tetap menyenangkan.

Akan tetapi, bagi yang gemar merokok hal tersebut memiliki sedikit hambatan karena kerap kali, saat sedang menunggu dan bosan di dalam mobil, merokok adalah kegiatan yang pas. Namun, asap rokok tentu saja akan meninggalkan bekas di dalam mobil sehingga aromanya yang menyenangkan.

Nah, bagaimana sih cara menghilangkan bau rokok di mobil yang mudah dilakukan? Sahabat bisa nih menyimak penjelasan berikut. Pssst, ada tips penggunaan bumbu dapur sebagai bahan rahasia menghilangkan jejak asap rokok di dalam mobil juga loh!

Atur Sirkulasi Udara

Pertukaran udara tidak hanya dibutuh untuk sebuah ruangan saja loh. Sahabat bisa menyalakan AC mobil dan diamkan untuk beberapa saat supaya udara di dalam mobil bertukar dengan udara dari AC.

Bisa juga Sahabat buka jendela mobil ketika sudah diparkirkan di halaman rumah dan biarkan beberapa saat. Atau supaya lebih seru, Sahabat bisa berkendara sekitar 10 hingga 15 menit saat malam hari tanpa menyalakan AC dan sebagai gantinya Sahabat harus membuka jendela mobil.

Dengan perlakuan demikian, aroma asap rokok di dalam mobil akan lekas terganti dengan udara luar yang lebih segar. Pemilihan waktu malam hari karena udara tidak terlalu panas sehingga sinar kulit tidak terpapar sinar UV yang tidak bagus untuk kulit tubuh.

Rajin Membuang Sampah

Kendaraan yang baik memang yang menyediakan tempat sampah kecil supaya ketika makan di dalam mobil, bungkus makanan tidak sembarangan dibuang di jalan. Nah, jangan lupa juga ya untuk membuat sampah. Jangan dibiarkan hingga menumpuk pokoknya.

Bau asap rokok akan semakin terasa tidak nyaman jika bercampur dengan bau sampah, meskipun hanya berupa sampah kering dari bungkus cemilan. Paling tidak, dengan tidak adanya sampah di dalam mobil akan membuat suasana di dalam mobil membuat tidak sumpek.

Menggunakan Pengharum Mobil

Tips ini merupakan tips paling umum yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau rokok di mobil. Selain wanginya lekas menyebar di dalam mobil, pengharum mobil akan menambah bau segar yang menenangkan pikiran.

Akan tetapi, pengharum mobil juga memiliki kelemahan. Hal ini tidak akan mempan untuk mengusir bau asap rokok jika memang baunya sudah membandel. Akibatnya, bau pengharum ruangan yang bercampur dengan bau rokok justru akan membuat pusing kepala.

Vacuum dan Lap Interior Mobil

Bau rokok di dalam mobil tentu saja terjadi karena asap rokok menempel pada bagian-bagian dalam mobil seperti setir kemudi, jok, hingga karpet mobil. Dengan begini, meskipun Sahabat menyalakan AC mobil seberapa lama dan membuka jendela selebar mungkin tetap bau rokok tidak bisa hilang.

Salah satu solusi yang lebih ampuh adalah dengan membersihkan interior mobil dengan baik. Mengelap dan melakukan vacuum cleaning pada interior mobil adalah hal yang bijak untuk dilakukan.

Selain untuk membersihkan bau asap rokok sehingga lebih nyaman untuk dikendarai, mengelap dan mem-vacuum bisa membersihkan jok dan interior mobil lainnya dari tungau loh. Jadi, sekali mendayung, dua pulau terlampaui deh!

Ganti Interior dan Pergi ke Salon Mobil

Jika memang bau asap rokok terlalu melekat di dalam mobil sehingga tips-tips di atas sudah tidak bisa diterapkan lagi, jalan satu-satunya adalah membawa mobil ke salon hingga mengganti interiornya.

Asap rokok memang sangat membandel jika sudah menempel di suatu benda dan tidak dibersihkan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, mengganti karpet, sarung jok, sarung stir kemudi, hingga pelapis kap mobil tentu saja bisa membantu.

Nah, jika sudah diganti, jangan lupa untuk selalu merawatnya ya, Sahabat. Perhatikan juga jika akan merokok biasakan keluar dari mobil. Atau jika memang terpaksa harus merokok di dalam mobil, lekas bersihkan dengan cara mengelap jok dan bagian interior lainnya sehingga asap rokok tidak menempel terlalu lama.

Bumbu Dapur sebagai Penghilang Bau Rokok

Oh iya, apa Sahabat tahu jika bumbu-bumbu dapur juga bisa digunakan sebagai pengharum mobil dan lebih ampuh dalam menghilangkan bau rokok loh. Ada beberapa bumbu dapur yang bisa Sahabat coba, yaitu bubuk vanila, bubuk kopi, bubuk kayu manis, baking soda, hingga cuka.

Untuk bubuk vanila dan kopi, Sahabat bisa membungkuskan di dalam suatu kantong tipis dengan serat yang lebar. Taruh bungkusan bubuk vanila, bubuk kayu manis, atau bubuk kopi di bawah kabin. Biarkan semalaman di dalam mobil sehingga esok harinya, aroma vanila, kayu manis, atau kopi akan menyebar menggantikan bau rokok yang tidak sedap.

Jika menggunakan baking soda, Sahabat bisa menaburkannya di kabin. Biarkan beberapa hari dan lakukan penggantian selama dua hari sekali ya. Untuk cuka cukup mudah. Sahabat bisa menaruh cuka di sebuah gelas kecil lalu taruh di kabin. Biarkan selama semalaman sehingga esok harinya bau rokok pasti hilang.

Itulah cara menghilangkan bau rokok di mobil dengan mudah. Sahabat bisa mempraktikannya ya untuk mobil kesayangan yang sudah tidak nyaman aromanya. Yang pasti, dengan keadaan mobil yang menyenangkan, berkendara pun menjadi kegiatan yang membahagiakan.

Penulis: Nisa Maulan Shofa


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Apa Arti Segitiga Pengaman Mobil? Ini Fungsi Sebenarnya

2023-03-09

Sangat penting sekali mengetahui apa fungsi dari segitiga pengaman mobil. Meski terbilang penting, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum mengetahuinya. Perala

thumbnail

Mengenal Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Kendaraan Kesayangan

2021-03-22

Hampir seluruh lapisan masyarakat kini telah memiliki kendaraan pribadi, baik kendaraan roda dua maupun empat. Ketika diperhatikan secara detail, Anda bisa menemukan informasi yang menyebutkan bahw

thumbnail

Alasan Kenapa Mobil Bekas Banjir Murah: Performa Mesin Tidak Sesehat Sebelumnya

2021-01-29

Harga mobil bekas yang murah perlu dicurigai. Terlebih jika mobil tersebut dijual setelah musim penghujan karena bisa jadi habis terendam banjir. Sahabat harus lebih tel

thumbnail

Penyebab Bearing Roda Mobil Cepat Rusak

2022-02-14

Bearing adalah salah satu komponen mobil yang paling penting karena berfungsi untuk mendukung putaran poros pada ban atau roda mobil. Jadi, supaya roda mobil bisa digera