Logo Daihatsu
Menu

Cara Perpanjang STNK Online & Syarat Terbaru 2022

Otomotif

2022-09-14

Cara Perpanjang STNK Online & Syarat Terbaru 2022

Saat ini melakukan perpanjang STNK terbilang mudah karena bisa dilakukan secara online. Ketika Anda bepergian menggunakan kendaraan, selain Anda wajib membawa SIM, Anda juga harus membawa STNK.

Jika Anda tidak membawanya, maka Anda akan terkena sanksi tilang oleh polisi. Anda juga tidak bisa bebas mengunjungi beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan, cafe, dan lain sebagainya. Karena untuk memasuki kawasan tersebut Anda wajib membawa STNK. 

Pentingnya STNK sebagai salah satu surat yang menunjukkan legalitas suatu kendaraan. Membuat surat ini wajib Anda bawa ketika bepergian, serta wajib Anda lakukan perpanjang masa aktifnya. Jika masa aktif STNK kendaraan Anda sudah habis lebih dari dua tahun, maka siap-siap data kendaraan Anda dihapus. 

Pada pembahasan sebelumnya kita sudah membahas mengenai cara perpanjang SIM secara online. Nah, kali ini tidak kalah menariknya yaitu kita akan membahas tuntas mengenai cara perpanjang STNK online dan syarat yang diperlukan terbaru tahun 2022. Langsung saja simak dibawah ini!

Syarat Perpanjang STNK Secara Online 2022

Sebelum ke langkah langkah perpanjang STNK secara online, berikut beberapa syarat perpanjang STNK online yang wajib Anda penuhi:

1. Syarat Perpanjang STNK Tahunan

  • Siapkan KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan sesuai dengan nama pemilik BPKB atau STNK.
  • Siapkan STNK asli dan fotokopi sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan.
  • Siapkan biaya sesuai besaran pajak yang dikenakan pada kendaraan bermotor. 

2. Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

  • Siapkan KTP asli dan fotokopi sesuai dengan nama pemilik BPKB atau STNK kendaraan.
  • Siapkan STNK asli dan fotokopi.
  • Siapkan BPKB asli dan fotokopi (untuk memvalidasi nomor mesin kendaraan dan nomor rangka kendaraan.
  • Siapkan uang untuk pembayaran penggantian plat kendaraan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengurus STNK Mobil Hilang

Cara Perpanjang STNK Online

Saat ini, perpanjang STNK tidak sesulit dahulu. Karena bisa dilakukan  melalui aplikasi perpanjang stnk online yaitu Salmonas (Samsat Online Nasional). Berikut langkah langkah perpanjang STNK secara online :

  1. Pastikan Anda mengunduh terlebih dahulu aplikasi Salmonas di peramban atau platform unduh aplikasi. Lalu instal.
  2. Setelah di instal, segera pilih menu login. Lakukan proses pendaftaran. Pastikan Anda sudah mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan.
  3. Isi data diri dan informasi lainnya secara benar dan lengkap. Biasanya Anda akan dimintai untuk mengisi identitas diri, dan identitas kendaraan seperti nomor polisi pada STNK, atau lima digit terakhir dari nomor rangka kendaraan.
  4. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan pemberitahuan e-SKPP dan kode pembayaran yang berlaku hanya dua jam saja.
  5. Selanjutnya, lakukan proses pembayaran dengan metode transfer bank. Pastikan Anda menggunakan rekening bank yang sudah bekerja sama dengan pihak Salmonas seperti, BCA, Mandiri, BRI, BNI, BTN, Permata Bank, dan CIMB Niaga. Jika Anda tidak memiliki rekening dari bank-bank tersebut, Anda bisa melakukan pembayaran dengan e-commerce, seperti Bukalapak atau Tokopedia.
  6. Setelah Anda melakukan proses pembayaran, maka Anda akan mendapatkan email yang berisikan e-pengesahan STNK atau e-TBPKB. Masa berlaku kedua dokumen tersebut berlaku selama 30 hari saja setelah proses pengiriman di email.
  7. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan bentuk fisik dari TBPKB dan stiker pengesahan STNK dalam kurun waktu satu minggu.

Baca Juga : Samsat Online Pajak Kendaraan Bermotor – Cek Biaya dan Cara Bayar

Nah, begitulah beberapa langkah yang wajib Anda perhatikan sebelum melakukan perpanjang STNK online. Cukup sederhana dan mudah, bukan? 

Hanya dengan menggunakan smartphone Anda bisa melakukan proses perpanjang STNK dengan mudah. Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk telat dan lupa melakukan perpanjang STNK, ya!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Biaya Balik Nama (BBN) Motor Mulai Cara Hitung dan Persyaratan Sesuai Aturan

2022-09-14

Anda tentunya tahu, bahwa kendaraan motor haruslah dilengkapi dengan dokumen yang harus dipenuhi pemiliknya. Tak terkecuali bagi Anda yang ingin mengurus surat balik nam

thumbnail

Ciri-Ciri Kampas Rem Mobil Habis dan Perlu Diganti

2022-09-14

Agar pengalaman berkendara Anda selalu nyaman, maka berbagai komponen pada mobil yang digunakan harus dalam kondisi prima. Terlebih pada sistem pengereman, karena jika t

thumbnail

Yuk Simak Cara Memasang Aki Mobil yang Aman

2022-09-14

Cadangan listrik utama pada kendaraan terdapat dalam Aki. Komponen tersebut bekerja untuk memenuhi semua kebutuhan listrik pada mobil. Jika Aki tidak berfungsi secara op

thumbnail

Mengenal Pengertian dan Fungsi Fungsi Throttle Position Sensor

2022-09-14

Bagi Anda pengguna kendaraan bermotor dengan tipe injeksi, pernahkan mendengar istilah TPS atau throttle position sensor? Ternyata bagian ini cukup penting untuk