Logo Daihatsu
Menu

Cara Perpanjang STNK Online & Syarat Terbaru 2023

Otomotif

2023-11-21

Cara Perpanjang STNK Online & Syarat Terbaru 2023

Perpanjang STNK saat ini semakin mudah dengan pilihan layanan online yang tersedia. STNK, sebagai dokumen legalitas kendaraan, menjadi keharusan saat bepergian. Tidak hanya sebagai syarat ketentuan hukum, tetapi juga sebagai kunci akses ke berbagai tempat umum seperti pusat perbelanjaan dan cafe.

Tanpa STNK, risiko terkena sanksi tilang dari polisi sangat mungkin terjadi. Namun, keberadaan STNK bukan hanya sekadar syarat, melainkan sebuah kebutuhan praktis untuk menjelajahi berbagai lokasi. Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa STNK bukan sekadar selembar kertas, tetapi kunci akses untuk menghindari kendala hukum dan menikmati fasilitas umum.

Tidak hanya sebagai tanda kepemilikan kendaraan, STNK juga menandakan bahwa kendaraan Anda telah melalui proses perpanjangan secara resmi. Penting untuk dicatat bahwa jika masa aktif STNK Anda habis lebih dari dua tahun, ada konsekuensi serius, yaitu data kendaraan dapat dihapus. Oleh karena itu, melakukan perpanjangan tepat waktu adalah langkah penting untuk menjaga kelengkapan dokumen dan legalitas kendaraan Anda.

Nah karena alasan tersebut, berikut kami paparkan penjelasan lengkap mengenai cara perpanjan STNK online beserta syarat yang diperlukannya di tahun 2023.

Baca Juga : Cara perpanjang SIM secara online.

Cara Perpanjang STNK Online

Berikut langkah langkah perpanjang STNK secara online:

  1. Pastikan langkah awal Anda adalah mengunduh aplikasi Salmonas melalui peramban atau platform unduh aplikasi yang tersedia.
  2. Selanjutnya, lakukan instalasi aplikasi tersebut. Setelah berhasil diinstal, segera pilih opsi login dan lakukan proses pendaftaran dengan memastikan Anda telah menyiapkan semua berkas yang dibutuhkan.
  3. Isi semua data diri dan informasi lainnya secara akurat dan lengkap selama proses pendaftaran. Biasanya, Anda akan diminta untuk mengisi identitas diri, serta informasi mengenai kendaraan seperti nomor polisi pada STNK atau lima digit terakhir dari nomor rangka kendaraan.
  4. Setelah selesai, Anda akan menerima pemberitahuan e-SKPP beserta kode pembayaran yang berlaku hanya selama dua jam.
  5. Segera lakukan proses pembayaran melalui transfer bank, pastikan menggunakan rekening yang telah bermitra dengan Salmonas, seperti BCA, Mandiri, BRI, BNI, BTN, Permata Bank, dan CIMB Niaga. Jika Anda tidak memiliki rekening di bank-bank tersebut, alternatifnya, Anda dapat melakukan pembayaran melalui platform e-commerce, seperti Bukalapak atau Tokopedia.

Syarat Perpanjang STNK Secara Online 2023

 Berikut beberapa syarat perpanjang STNK online yang wajib Anda penuhi:

1. Syarat Perpanjang STNK Tahunan

  • Siapkan KTP asli dan fotokopi pemilik kendaraan sesuai dengan nama pemilik BPKB atau STNK.
  • Siapkan STNK asli dan fotokopi sebagai bukti sah kepemilikan kendaraan.
  • Siapkan biaya sesuai besaran pajak yang dikenakan pada kendaraan bermotor. 

2. Syarat Perpanjang STNK 5 Tahunan

  • Siapkan KTP asli dan fotokopi sesuai dengan nama pemilik BPKB atau STNK kendaraan.
  • Siapkan STNK asli dan fotokopi.
  • Siapkan BPKB asli dan fotokopi (untuk memvalidasi nomor mesin kendaraan dan nomor rangka kendaraan.
  • Siapkan uang untuk pembayaran penggantian plat kendaraan.

Baca Juga : Cara Mudah Mengurus STNK Mobil Hilang

  1. Setelah Anda melakukan proses pembayaran, maka Anda akan mendapatkan email yang berisikan e-pengesahan STNK atau e-TBPKB. Masa berlaku kedua dokumen tersebut berlaku selama 30 hari saja setelah proses pengiriman di email.
  2. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan bentuk fisik dari TBPKB dan stiker pengesahan STNK dalam kurun waktu satu minggu.

Baca Juga : Samsat Online Pajak Kendaraan Bermotor – Cek Biaya dan Cara Bayar

Nah, begitulah beberapa langkah yang wajib Anda perhatikan sebelum melakukan perpanjang STNK online. Cukup sederhana dan mudah, bukan? 

Hanya dengan menggunakan smartphone Anda bisa melakukan proses perpanjang STNK dengan mudah. Jadi, mulai sekarang tidak ada alasan lagi untuk telat dan lupa melakukan perpanjang STNK, ya!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Yuk, Intip Pengertian Slipstream dan Cara Melakukannya

2021-01-06

Bagi setiap pemilik kendaraan, pastinya berpikir bagaimana caranya untuk bisa menghemat bahan bakar. Hal ini tidak lain dikarenakan harga bahan bakar yang bisa saja mera

thumbnail

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil Baru dan Bekas

2020-12-04

Indonesia mengenal surat perjanjian jual beli mobil atau akta jual beli mobil sebagai tanda bukti yang sah terkait transaksi jual beli yang sudah dilaksanakan. Bagi Saha

thumbnail

Yuk, Kenali Arti Lambang Lampu Indikator Mobil Lengkap Ini!

2021-03-24

Banyaknya lampu indikator mobil seringkali membuat seseorang merasa bingung dan enggan untuk mengenali maksud dan fungsinya. Padahal, pemahaman komponen tersebut sangat

thumbnail

Apa Perbedaan Jalan Raya dan Jalan Tol? Ketahui Disini!

2023-04-13

Jalan raya dan jalan tol adalah fasilitas umum yang bisa digunakan oleh siapa saja, namun apa perbedaan jalan raya dan jalan tol? Karena keduanya memiliki fungsi yan