Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cara Putar Balik Mobil yang Benar untuk Pengemudi Pemula
25 Februari 2021
putar balik

Cara putar balik mobil yang benar seringkali memang sering dicari tipsnya supaya tidak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain. Bagi pengendara pemula, putar balik memang cukup susah untuk dilakukan harus lebih berkonsentrasi dan membutuhkan teknik yang benar supaya lebih aman.

Jika Sahabat ingin putar balik mobil di tengah jalan, ada dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan u turn. Dua cara tersebutlah bisa dilakukan yang disesuaikan dengan kondisi yang ada saat Sahabat mengemudi.

Teknik Three Point Turn

Sesuai namanya, three point turn atau teknik maju mundur merupakan cara putar balik mobil dengan cara melakukan tiga titik penghentian. Hal ini dikarenakan Sahabat tidak bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali coba. Jadi, cara putar balik mobil yang benar adalah dengan menggunakan teknik three point turn ini.

Untuk melakukannya, Sahabat harus mengatur transmisi ke gigi pertama lalu memutar kemudi berkebalikan dengan posisi mobil, misal mobil di sebelah kiri maka putar kemudi ke kanan, lalu injak pedal gas sambil memutar kemudi ke kanan.

Setelahnya, Sahabat harus kembali mengatur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas, dan belokkan kemudi ke kanan. Sahabat bisa menggunakan teknik hand to hand dalam memutar kemudi.

Teknik U Turn

Teknik ini tentu saja lebih mudah dibanding three point turn karena dengan u turn, Sahabat bisa putar balik secara langsung. Teknik ini adalah cara putar balik mobil yang benar jika Sahabat ingin ke jalur yang berlawanan arah daripada sebelumnya.

Untuk melakukan teknik ini, Sahabat harus memepetkan mobil lebih ke pembatas jalan lalu atur transmisi ke gigi pertama. Jangan terburu menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling, baru jalankan ketika jalan memang sudah lengang.

Setelah dipastikan lengang, Sahabat lepas rem secara perlahan lalu belokkan kemudi dengan baik. Perhatikan motor yang ada di sebelah kanan ya, Sahabat, karena biasanya motor akan melakukan putar balik lebih cepat sehingga bisa berbahaya.

Hal Lain yang Harus Diperhatikan

Selain teknik cara putar balik mobil yang benar, Sahabat juga harus memperhatikan sekeliling supaya berkendara tetap aman, terlebih di jalan yang ramai. Yang pertama dan utama yang harus diperhatikan adalah Sahabat memang berada di wilayah yang membolehkan untuk putar balik.

Jika Sahabat tidak menghiraukan hal ini, maka surat tilang bisa langsung diperoleh karena melanggar aturan lalu lintas. Yang tidak kalah penting, mengabaikan tanda lalu lintas juga bisa membahayakan pengendara lain.

Jangan lupa untuk menyalakan lampu sign untuk memberi tanda ke pengendara di belakang atau depan Sahabat. Nyalakan lampu sign sesuai dengan arah ke mana Sahabat akan berbelok, kiri atau kanan, jangan sampai terbalik ya!

Perhatikan ruang ketika akan putar balik, apakah cukup atau tidak. Biasanya, ketika akan putar balik ke wilayah jalan yang berkebalikan dengan arah semula, pasti akan banyak pengendara lain yang juga akan berbelok. Tetap tertib ya, tidak apa-apa menunggu lebih lama yang penting tetap aman.

 Baca juga : Drifting 101: Mulai dari Definisi hingga Teknik untuk Melakukannya

Itulah cara putar balik mobil yang benar yang bisa Sahabat pelajari sebagai pengemudi pemula. Jangan lupa untuk selalu patuhi aturan lalu lintas. Cek kondisi mobil juga ketika memang akan bepergian jarak jauh ya, Sahabat.

Penulis: Nisa Maulan Shofa

Tips Sahabat Lainnya
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak
Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang ak
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Keuntungan dan Kerugian Mesin Diesel
Di dunia otomotif, kita mengenal dua jenis mesin. Yang pertama adalah mesin diesel dan yang kedua adalah mesin bensin. Di Indonesia sendiri kebanyakan mobil pribadi menggunakan mesin bensin. Sangat be
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku