Logo Daihatsu
Menu

Ciri-ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

Otomotif

2021-11-10

sasis mobil bekas tabrakan

Bagi Anda yang sedang mencari mobil bekas, maka Anda perlu cermat dan teliti untuk melihat mobil yang Anda pilih bekas tabrakan atau tidak. Salah satu hal yang paling mencolok adalah bagian sasis. Maka, Anda perlu mengetahui sasis mobil bekas tabrakan terlebih dahulu.

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan untuk memastikan kondisi mobil masih Tangguh mengingat bahwa sasis atau rangka mobil menjadi elemen paling penting dalam sebuah mobil. Simak penjelasannya berikut ini!

6 Ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan

Bagian yang perlu Anda periksa sebelum membeli mobil bekas adalah bagian sasis mobil. Sasis atau rangka mobil ini akan terasa sangat jelas saat dikendarai jika pernah mengalami tabrakan. Untuk itu, periksalah dengan teliti sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Berikut adalah 5 ciri sasis mobil bekas tabrakan :

1. Bengkok pada tulang kolong mobil

Ciri pertama yang perlu Anda teliti adalah bagian kolong mobil yang berada di sisi kanan, kiri, serta bagian bawah bumper mobil. Anda harus memeriksa dengan senter dan raba dengan tangan agar lebih jelas.

Jika ada bengkokan, maka itu pertanda bahwa mobil pernah mengalami benturan yang cukup besar. Jika Anda menemukan hal ini, maka Anda perlu menanyakannya kembali kepada penjual penyebab adanya bengkokan itu.

2. Ruang mesin

Bagian mobil lainnya yang perlu Anda periksa saat akan membeli mobil bekas adalah bagian ruang mesin. Anda bisa memeriksa bagian sasi utama yang terletak di sisi kiri dan kanan bawah yang dekat dengan fender.

Pastikan kembali bagian support radiatornya juga. Jika bekas tabrakan maka akan ada bengkokan yang terlihat jelas di bagian ini.

3. Ada tanda perbaikan di bagian sasis

Ciri-ciri sasis mobil bekas tabrakan lainnya juga bisa Anda deteksi dari adanya bekas perbaikan pada mobil seperti dempul atau las. Jika bekas tabrakan, maka tanda-tanda ini akan terlihat jelas sebagai bekas perbaikan mobil.

Selain itu, periksalah bagian karat pada sasis karena jika sasis sudah pernah di las, maka akan mudah berkarat sebagai indikasi mobil mengalami perbaikan setelah tabrakan.

4. Mobil terasa tidak seimbang saat dikendarai

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, maka Anda juga perlu melakukan test drive terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sistem kendali pada mobil saat dikendarai.

Dengan demikian, Anda dapat merasakan tidak seimbang atau oleng ke kanan kiri, bisa jadi bagian sasis pernah mengalami tabrakan. Meskipun sudah pernah mengalami perbaikan, akan tetapi hal ini perlu menjadi pertimbangan bagi Anda.

5. Ada dempulan pada pilar mobil

Ciri sasis mobil yang pernah mengalami tabrakan biasanya terdapat dempulan pada pilar mobil karena pernah mendapatkan perbaikan. Anda harus waspada terhadap hal ini karena bagian ini kemungkinannya kecil sebagai imbas kerusakan mobil.

Jika kerusakan ini terjadi, maka dapat dipastikan bahwa mobil tersebut pernah terbentur atau tertabrak dari sisi samping dengan keras. Jadi, Anda perlu teliti memeriksa bagian ini.

6. Body mobil tidak presisi

Ciri berikutnya adalah body mobil tidak presisi. Jika Anda melihat pada satu sisi ternyata kurang presisi maka kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami tabrakan yang keras. Untuk itu, pengecekan ini sangat perlu dilakukan dengan cermat.

Cara Hemat Beli Mobil Baru, Hanya di Daihatsu

Jika Anda khawatir mobil bekas yang Anda inginkan adalah bekas tabrakan, maka tak ada salahnya jika Anda memilih mobil Daihatsu sebagai solusi yang tepat.

Banyak pilihan mobil terbaru yang dapat disesuaikan dengan budget Anda, mulai dari hatchback, SUV, MPV, dan lainnya. Bahkan, ada beberapa mobil keluaran terbaru yang dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Hanya melalui kami di Daihatsu yang memberikan harga terbaik dengan berbagai penawaran menarik lainnya. Segera kunjungi dealer resmi Daihatsu terdekat untuk mendapatkan mobil impian Anda atau klik website kami hanya di Daihatsu.co.id.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

4 Penyebab Power Steering Menjadi Berat

2021-01-10

Ada saat tertentu di mana terkadang setir mobil terasa berat dan begitu kaku ketika digerakkan. Terdapat begitu banyak penyebab dari permasalahan mobil tersebut. 

thumbnail

Kode Plat Nomor Belakang Kendaraan dan Daerahnya di Indonesia

2023-11-24

Plat nomor kendaraan di Indonesia memiliki peran penting sebagai identitas kendaraan. Hal ini diatur oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 280 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang men

thumbnail

Daftar Ukuran Aki Mobil Terlengkap, Yuk Ketahui!

2022-10-11

Ketika Anda berencana ingin mengganti atau membeli aki mobil, Anda harus mengetahui daftar ukuran aki mobil agar tidak salah pilih. Banyaknya aki yang beredar di pas

thumbnail

Mengenal Engine Mounting: Mulai dari Fungsi Sampai Cara Menggantinya

2021-02-05

Salah satu komponen penting yang ada pada mesin mobil adalah engine mounting. Komponen satu ini sangat penting lantaran kemampuannya yang mampu menahan getaran mesin. De