Logo Daihatsu
Menu

Saat Kecelakaan Terjadi Jangan Lakukan 5 Hal ini

Tips & Trick

2020-11-24

kecelakaan

Kecelakaan lalu lintas selalu menjadi ancaman bagi pengguna kendaraan dan lalu lintas. Kewaspadaan dan kehati-hatian sangat diperlukan oleh seluruh pengguna jalan untuk menghindari kemungkinan adanya kecelakaan. 

Kecelakaan bukanlah hal yang diinginkan oleh semua orang. Namun, sekeras apapun usaha kita untuk menghindari kecelakaan, kemungkinan terjadinya kecelakaan tetaplah ada. Lantas, bila hal tersebut benar-benar menimpa kita, hal-hal apa yang tidak boleh anda lakukan saat itu? Banyak prosedur yang harus anda patuhi saat itu, apa saja? Berikut ulasannya:

1. Jangan biarkan mobil Sahabat di jalan

Bila luanda tidak terlalu parah lebih baik parkir mobil anda di bahu jalan, jangan didiamkan apalagi hingga menimbulkan kemacetan.  Lalu sesegera mungkin hubungi polisi dimana nantinya anda akan mendapatkan bantuan termasuk ambulans bila diperlukan.

2. Jangan tinggalkan tempat kejadian

Tetap di tempat kejadian, janganCsekalipun anda meninggalkan lokasi kejadian. Meninggalkan lokasi kejadian dapat membuat anda mendapat tambahan hukuman, terlebih bila kecelakaan tersebutCmenimbulkan korban jiwa. Sekali lagi anda harus bertanggung jawab memberikan laporan sedetail mungkin mengenai kejadian kecelakaan tersebut kepada polisi.

3. Menghilangkan barang bukti

Bila polisi mencari barang bukti saat anda mengalami kecelakaan dan anda dengan sengaja menghilangkannya lebih baik hal ini jangan anda lakukan. Hal itu akan menambah situasi buruk buat anda ke depannya.

4. Tidak menghubungi polisi dan catat detail kecelakaan

Bila anda menemukan kecelakaan di jalan, namun anda tidak melaporkannya ke polisi tentunya hal ini juga termasuk bentuk pelanggaran. Langkah yang anda lakukan bila disuatu saat menemukan kecelakaan lebih baik anda segera melaporkan ke polisi terdekat. Jangan lupa juga untuk Minta data-data pribadi dari pihak lain yang terlibat (pemilik mobil yang ditabrak atau menabrak), catat nomor SIM, nama, alamat, nomor telepon, dan juga pelat nomor kendaraan.

5. Jangan sepelekan impact sakit saat kecelakaan

Terkadang anda lupa untuk memeriksa ke rumah sakit setelah mengalami kecelakaan. Meskipun anda mengalami cidera yang tidak terlalu parah, anda harus periksa secara detail ke pihak rumah sakit agar anda mengetahui cedera anda benar-benar parah atau tidak.

Baca juga : Bahaya Microsleep Saat Berkendara! Ini 4 Tips Mengatasinya


Tag

Tips & Trick

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

5 Kiat Sukses dalam Wawancara Kerja

2020-11-24

Mendapatkan pekerjaan adalah tujuan bagi kebanyakan orang, terutama bagi seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikannya. Namun, untuk diterima di pekerjaan yang ki

thumbnail

SIPP BPJS Ketenagakerjaan: Definisi, Cara Daftar, dan Syarat-Syaratnya

2021-05-29

Setiap perusahaan yang karyawannya memiliki BPJS mesti memiliki SIPP BPJS Ketenagakerjaan. SIPP BPJS Ketenagakerjaan sendiri bisa membantu perusahaan dalam mengelola dat

thumbnail

4 Teknik Sederhana Merawat Ban Mobil

2020-10-18

Ban memiliki fungsi vital di mobil. Mulai dari menopang bobot mobil, menahan guncangan, pengendali arah, dan lainnya. Dari fungsinya yang banyak, Sahabat wajib hukumnya

thumbnail

5 Alat Pelacak Mobil Anti Maling, Mulai dari Rp 360 Ribuan

2020-11-09

Di era modern saat ini, mengandalkan navigasi GPS bawaan mobil tampaknya belum cukup. Memasang alat pelacak mobil tambahan adalah suatu kebutuhan yang harus dilengkapi.  Peran dari alat