Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Daftar 5 Tanaman Hias yang Sedang Populer
04 November 2020
tanaman hias

Tanaman hias di masa pandemi ini sedang menjadi tren yang cukup menyita perhatian. Banyak sekali yang mempopulerkan beberapa tanaman hias hingga menyebabkan harga tanaman hias naik tajam. Tanaman hias adalah semua jenis tumbuhan yang biasa dipakai sebagai komponen hiasan rumah, kebun, upacara, atau hiasan busana. Yang dulunya dijual murah atau bahkan tidak menarik perhatian sama sekali, kini banyak yang mencarinya.

Jika Sahabat melakukan flashback ke enam tahun yang lalu, Sahabat pasti ingat dengan batu akik yang populer. Enam tahun sebelum tren batu akik, ada tren ikan Lou Han. Sebenarnya ini adalah perulangan tiap enam tahun ada saja yang dipopulerkan oleh beberapa orang.

Terlepas tanaman hias ini sekarang menjadi tren sesaat, kali ini penulis akan membahas beberapa tanaman hias yang sedang naik daun.

Janda Bolong atau Monstera obliqua

Nama tanaman hias ini memang agak unik dan sedikit vulgar. Namun, memang seperti itulah nama tanaman ini yang dikenal di pasaran.

Namun, dari penuturan orang Jawa Tengah, daun biasanya disebut dengan “rondon”. Mereka menyebutnya dengan “rondon bolong” karena memang daunnya berlubang. Hanya saja diplesetkan menjadi “rondo bolong”. Kemudian diserap mentah-mentah menjadi Janda Bolong. Nama latin tanaman hias Janda Bolong ini adalah Monstera obliqua.

Sebelum populer seperti saat ini, saat penulis masih kecil sering kali melihat tanaman tersebut di depan rumah tetangga. Sahabat pasti juga pernah melihat tanaman Janda Bolong ini di sekitar rumah Sahabat, ‘kan?

Harga tanaman hias Janda Bolong ini di pasaran cukup mahal. Ada yang menjual 70 ribu per potnya. Ada juga yang menjual 150 ribu per potnya. Ini tergantung besar dan bentuk daun bolongnya sebagus apa. Semakin unik maka semakin mahal.

Manfaat yang bisa didapatkan dari Janda Bolong ini adalah kepuasan saat memandang keunikan daunnya yang bolong. Tak hanya itu, Sahabat bisa mendapatkan manfaat tambahan pasokan oksigen yang dihasilkan oleh daun-daun yang berfotosintesis.

Beberapa orang yang melakukan budidaya Janda Bolong ini mendapatkan manfaat berupa uang yang cukup banyak ketika tanaman ini sedang populer. Saat tidak populer mungkin hanya laku dijual sekitar 25 ribu. Namun, ketika jadi populer, maka banyak yang mau membeli dengan harga di atas 100 ribu.

Aglaonema Gadis

Nama-nama tanaman hias yang sedang populer memang sedikit aneh. Jika sebelumnya adalah Janda, sekarang ada Gadis-nya, yaitu Aglaonema Gadis. Beberapa orang menyebutnya dengan nama Sri Rejeki.

Kemungkinan sebutan Gadis pada tanaman Aglaonema yang satu ini adalah karena warna bagian tengah daunnya yang berwarna merah muda. Karena ada beberapa jenis tanaman hias Aglaonema; ada yang tengahnya merah, ada yang tengahnya merah muda. Dominasi warna merah bagian tengahnya pun bervariasi. Semakin banyak dominasi warna merah mudanya, maka semakin mahal juga harga jualnya.

Di pasaran, harga Aglaonema Gadis ini dijual dengan harga 150 ribuan. Ada juga yang menjual dengan harga 300 ribu. Hmm, mahal juga yah.

Namun, bagi pecinta tanaman hias hal itu tidak terhitung mahal loh. Jika Sahabat adalah pecinta tanaman hias, pasti Sahabat juga akan rela meskipun merogoh kocek agak dalam untuk membeli tanaman hias yang satu ini.

Untuk manfaatnya sendiri sangat terasa bagi yang melakukan budidaya tanaman Gadis ini. Harga yang mahal tentu menjadikan keuntungan yang menjanjikan di saat tren tanaman hias seperti saat ini.

Baca juga: Budidaya anggrek dalam pot

Lidah Mertua

Tanaman hias selanjutnya adalah Lidah Mertua. Hmm, apakah Sahabat bisa menebak mengapa dinamakan Lidah Mertua? Penulis sendiri menebak dinamakan dengan Lidah mertua karena ujungnya yang lancip, seperti beberapa lidah mertua dalam arti secara harfiah.

Lidah Mertua ini memiliki nama latin Sansevieria. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di sekitar Sahabat. Sahabat bisa mengeceknya di rumah-rumah tetangga. Harganya sendiri di pasaran tidak semahal Janda Bolong dan Aglaonema Gadis. Sahabat bisa mendapatkan Lidah Mertua ini dengan harga sekitar 30 ribu.

Meski harganya murah, Sahabat bisa mendapatkan banyak manfaat dari tanaman yang satu ini. Lidah Mertua ini dipercaya memiliki khasiat membuat rambut berkilau semisal lidah buaya. Tak hanya itu, Sahabat bisa menggunakan tanaman Lidah Mertua ini untuk menetralkan aroma tidak sedap yang berasal dari kulkas. Ada pula yang memiliki keyakinan bahwa tanaman ini bisa digunakan untuk meredakan sakit kepala. Caranya adalah dengan membakar daunnya dan yang sakit kepala menghirup aroma bakarnya. Namun, jangan terlalu banyak juga yah Sahabat membakarnya, nanti malah mengganggu.

Chinese Money atau Pilea peperomioides

Tanaman hias yang satu ini bentuknya unik dan lucu. Daunnya bulat-bulat seperti uang logam. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah Yunnan, China Selatan. Nama latin tanaman ini adalah Pilea peperomioides. Ada juga yang menyebutkan dengan tanaman UFO, tanaman misionaris, dan tanaman kidal.

Karena tanaman ini sangat jarang ditemukan di Indonesia, harganya pun tidak main-main mahalnya. Rata-rata penjual tanaman hias Chinese Money ini mematok harga 400 ribu. Bahkan ada yang menjualnya hingga jutaan. Hmm, apa ada yang beli yah Sahabat dengan harga semahal itu? Sepertinya tetap ada sih, karena namanya hobi pasti mahal.

Tanaman yang satu ini memiliki sifat seperti tanaman kaktus. Sahabat tidak perlu banyak memberikan air. Sahabat cukup memberinya air setiap 3 hari sekali. Tanaman ini sangat cocok jika ditempatkan di dekat jendela.

Manfaat langsung yang didapatkan ketika Sahabat mempunyai tanaman ini adalah Sahabat bisa menikmati bentuk daun yang unik. Belum ditemukan manfaat spesifik lainnya seperti bisa dibuat obat atau apapun.

Tanaman Adam Hawa

Tanaman Adam Hawa ini lebih mudah ditemukan di sekitar kita. Mungkin Sahabat pernah melihatnya namun tidak tahu apa namanya. Tanaman Adam Hawa ini unik, di sisi pertama daunnya berwarna hijau, namun di sisi lainnya berwarna ungu. Inilah yang menyebabkan tanaman ini disebut dengan tanaman Adam Hawa. Warna hijau mewakili Adam, sedangkan warna ungu mewakili Hawa.

Tanaman Adam Hawa ini menurut beberapa referensi berasal dari Meksiko. Di negara lain, tanaman ini dikenal dengan Oyster (Inggris) atau Bang Lan Ye (Cina). Nama latin tanaman hias yang satu ini adalah Rhoeo spathacea.

Harga tanaman ini cukup terjangkau loh di pasaran. Sahabat bisa mendapatkan tanaman ini hanya dengan sekitar 10 ribu rupiah saja. Cukup terjangkau dibandingkan dengan tanaman hias yang sudah penulis ulas sebelumnya di atas.

Selain digunakan untuk tanaman hias, tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari bisa digunakan untuk obat mimisan, batuk rejan, bronkitis, antiradang, disentri, flu, dan batuk berdahak. Dengan harganya yang murah dan banyak manfaat yang dimiliki oleh tanaman Adam Hawa ini, Sahabat tidak perlu ragu lagi untuk menjadikannya sebagai tanaman hias di rumah.

Itulah beberapa tanaman hias yang sedang populer dan memiliki beberapa manfaat. Bagi yang akan melangsungkan pernikahan, bisa disimak artike tentang tanaman dekorasi pelaminan. Sahabat bisa menentukan kira-kira tanaman manakah yang akan Sahabat pilih untuk hiasan di rumah.

Penulis: Iskael

Tips Sahabat Lainnya
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
11 Rekomendasi Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus
Rekomendasi merk cat mobil dengan kualitas bagus sehingga bisa bertahan lama memang selalu dibutuhkan oleh pemilik mobil hingga pecinta otomotif. Hal itu dikarenakan memiliki mobil dengan warna mengil
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil Serta Cara Kerjanya
AC Mobil yang menjadi solusi saat berada di cuaca di Ibu Kota yang sangat terik. Indonesia merupakan negara tropis dengan suhu udara yang cukup panas terlebih saat musim kemarau tiba. Di saat seperti
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Engine Mounting Komponen Penting Mesin Mobil
Tahukah Sahabat bahwa tatkala mesin mobil dihidupkan maka akan timbul getaran yang cukup tinggi pada setiap komponen mesin. Apabila getaran yang cukup tinggi ini masuk hingga ke bodi mobil, dipastikan
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku