Logo Daihatsu
Menu

Daftar Kapasitas Oli Mesin pada Mobil Daihatsu Terlengkap

Otomotif

2022-12-29

Daftar Kapasitas Oli Mesin pada Mobil Daihatsu Terlengkap

Tahukah Anda daftar kapasitas oli mesin mobil Daihatsu? Nah, bagi Anda yang belum mengetahuinya simak selengkapnya dibawah ini, ya!

Mengganti oli mobil rasanya bukan hal yang asing lagi buat Anda yang memiliki mobil sejak lama. Namun untuk orang yang baru saja punya mobil, mengetahui info mengenai ganti mobil sangat penting.

Pasalnya, jika tidak diganti oli, mobil mulai bermasalah, seperti: boros bahan bakar, tarikan kurang bertenaga, dan mudah overheating. Anda juga akan menemui masalah lain yang akan muncul semakin lama Anda tidak mengganti oli mobil Anda.

Umumnya, oli mobil perlu diganti 6 bulan sekali atau mobil Anda sudah menyentuh angka 5.000 km hingga 10.000 km. Mana yang sampai duluan, maka Anda harus segera mengganti oli mobil Anda.

Namun, jika Anda mengganti oli Anda sendiri tanpa bantuan teknisi, Anda perlu tahu banyak teknis mengenai cara mengganti oli hingga kapasitas oli mesin yang pas dengan mobil Anda.

Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil Daihatsu

Berikut ini adalah daftar kapasitas oli mesin mobil Daihatsu yang pas. Terdapat 2 kondisi, yaitu tanpa filter dan dengan filter.

1. Daihatsu Xenia 1000 cc

  • Kapasitas oli tanpa filter = 2,1 liter
  • Kapasitas oli dengan filter 2,3 liter

2. Daihatsu Ceria

  • Kapasitas oli tanpa filter = 2,1 liter
  • Kapasitas oli dengan filter = 2,3 liter

3. Daihatsu Sigra 1000 cc

  • Kapasitas oli tanpa filter = 2,5 liter
  • Kapasitas oli dengan filter = 2,7 liter

4. Daihatsu Sigra 1200 cc

  • Kapasitas oli tanpa filter = 2,7 liter
  • Kapasitas oli dengan filter = 3 liter

5. Daihatsu Xenia 1300 cc

  • Kapasitas oli tanpa filter = 2,7 liter
  • Kapasitas oli dengan filter = 3 liter

6. Daihatsu Sirion

  • Kapasitas oli tanpa filter = 2,8 liter
  • Kapasitas oli dengan filter = 3,1 liter

7. Daihatsu Espass

  • Kapasitas oli tanpa filter = 3,7 liter
  • Kapasitas oli dengan filter = 4 liter

8. Daihatsu Taft/Rocky Diesel

  • Kapasitas oli tanpa filter = 5,5 liter
  • Kapasitas oli dengan filter = 6 liter

Baca Juga : Jangan Keliru, Ini Perbedaan Oli Transmisi dan Oli Gardan

Mengapa Kebutuhan Kapasitas Oli Bertambah Saat Ganti Filter Oli? 

Anda pasti bertanya maksud dari oli tanpa filter dan dengan filter. Oli tanpa filter adalah saat diganti olinya saja. Sedangkan dengan filter adalah saat oli mesin diganti bersamaan dengan penggantian filter.

Filter oli ini diganti setelah satu kali pengganti oli tanpa ganti filter. Jadi, jika oli mesin diganti tiap 6 bulan sekali, maka filter oli diganti setiap satu tahun sekali.

Alasan mengapa kapasitas olinya bertambah saat penggantian filter adalah karena saat mengganti filter, maka oli yang sebelumnya ikut juga dalam filter. Ketika filter diganti, maka harus ada oli yang masuk dalam filter yang baru.

Apa yang Terjadi Jika Tidak Sesuai Kapasitas Pabrikan?

Mungkin Anda berpikir, mengapa sih repot-repot harus tahu kapasitas oli sesuai anjuran pabrikannya? Alasannya adalah jika kapasitas oli kurang, maka mobil Anda akan mudah overheat dan kurang tenaga.

Namun jika kapasitas berlebih, mesin mobil Anda akan keberatan dengan lebihan oli yang tidak seharusnya ada. Tentu ini juga akan mengganggu performa mobil kesayangan Anda saat dipakai.

Baca Juga : Bahaya Kerusakan Mesin, Ini Waktu yang Tepat untuk Ganti Filter Oli Mobil

Ragu Mengganti Oli Mobil Sendiri?

Jika Anda masih ragu untuk mengganti oli mesin mobil sendiri karena takut salah langkah, Anda bisa menggunakan bantuan teknisi di bengkel resmi Daihatsu. Teknisi Daihatsu sangat berpengalaman dalam mengganti oli dan memperbaiki kerusakan lainnya. Percayakan servis mobil kesayangan Anda pada bengkel resmi Daihatsu.

Demikianlah informasi mengenai daftar kapasitas oli mesin mobil Daihatsu. Semoga bermanfaat!


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Fungsi Intake Valve dan Cara Kerjanya pada Mobil

2023-01-09

Memahami fungsi intake valve beserta cara kerjanya pada mobil bisa dibilang perlu. Seperti diketahui valve pada mobil terbagi menjadi dua yaitu intake dan exhaust. D

thumbnail

Daftar Harga Mobil Bekas Daihatsu Dibawah 150 Juta, Terbaik!

2022-10-24

Memiliki mobil bekas dengan harga bersahabat dan memiliki spesifikasi mumpuni, baik dari kualitas performa mesin, material, hingga desain bukanlah khayalan semata. S

thumbnail

Fungsi Busi Mobil, Jenis dan Cara Kerjanya, Yuk Ketahui!

2023-01-06

Fungsi busi mobil bisa dibilang krusial, karena apabila komponen ini bermasalah maka mobil akan sulit dihidupkan. Lantas apa saja fungsi dari komponen ini selengkapn

thumbnail

Bahaya Isi Ulang Air Aki Mobil Pakai Air Zuur

2022-01-20

Tahukah Anda bahwa ternyata sangat bahaya isi ulang aki pakai air zuur, mengapa? Karena air zuur mengandung asam sulfat. Kandungan asam sulfat  ini bisa berbahaya,