Logo Daihatsu
Menu

Daftar Ukuran Ban Mobil dan Cara Membacanya, Yuk Pilih yang Cocok!

Otomotif

2023-07-30

Daftar Ukuran Ban Mobil dan Cara Membacanya, Yuk Pilih yang Cocok!

Mengetahui daftar ukuran ban mobil merupakan sebuah keharusan bagi seluruh pemilik mobil. Pasalnya komponen yang satu ini kerap kali pecah secara mendadak ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Dengan mengetahui daftar ukurannya, Anda bisa mengganti ban Anda sesuai dengan standar ukuran velg mobil Anda. Dengan begitu, ban bisa terpasang dengan baik, dan tidak membuang uang Anda karena salah membeli ukuran ban. Tidak usah lama-lama, yuk perhatikan ulasan berikut ini.

Daftar Ukuran Ban Mobil dan Cara Membacanya

Setiap mobil yang dijual di pasaran tentu memiliki ukuran ban yang berbeda. Berikut akan dijelaskan secara rinci beberapa daftar ukuran ban mobil standar dari mobil Daihatsu, beserta cara membacanya.

Daftar ukuran ban mobil Daihatsu berdasarkan tipenya

  1. Daihatsu Xenia Attivo = 185/70 R14
  2. Daihatsu Xenia Xi = 185/70 R14
  3. Daihatsu Xenia Li = 165/80 R13
  4. Daihatsu Terios New = 215/60 R17
  5. Daihatsu Terios = 215/60 R16
  6. Daihatsu Sirion 1.3 = 195/50 R16
  7. Daihatsu Sirion = 175/65 R14
  8. Daihatsu Ayla X = 175/65 R14
  9. Daihatsu Ayla D= 155/80 R13
  10. Daihatsu Sigra = 175/65 R14
  11. Daihatsu Sigra D = 155/80 R134
  12. Daihatsu Luxio = 195/65 R15
  13. Daihatsu Gran Max = 165/80 R13

Baca Juga : Ketahui Arti Kode Kecepatan Ban Mobil dan Batasnya, Cek Disini!

Cara Membaca Ukuran Ban yang Benar

Ada beberapa cara membaca ukuran ban yang benar yang perlu Anda ketahui, berikut cara selengkapnya.

1. Baca tipe ban terlebih dahulu

Cara pertama, yang perlu Anda perhatikan sebelum membaca ukuran ban, Anda perlu tau tipe ban terlebih dahulu. Tipe ban sendiri terdapat beberapa jenis, berikut jenis selengkapnya.

  • Tipe P (Passenger) = tipe ban ini digunakan untuk mengangkut penumpang. Kode “P” yang tertera pada ban tersebut memiliki arti P-Metric (ban yang dibuat dengan standar negara Amerika Serikat)
  • Tipe LT (Light Truck) = tipe ban ini digunakan untuk truk ringan.
  • Tipe ST (Spesial Trailer) = tipe ban ini digunakan khusus untuk trailer.
  • Tipe T (Temporary) = tipe ban untuk ban serep atau cadangan.
  • Tipe ban tanpa huruf atau kode di awal = tipe ban ini termasuk tipe Euro-Metric (ban yang dibuat dengan standar negara-negara Eropa).

Jika dilihat dari beberapa daftar ban mobil Daihatsu di atas, mobil Daihatsu menggunakan tipe ban jenis Euro-Metric.

2. Baca kode ban mobil

Langkah selanjutnya, Anda bisa membaca kode ban mobil. Contoh, pada mobil Daihatsu Xenia Attivo, menggunakan ban ukuran 180/70 R14. Berarti yang dimaksud dengan kode ban mobil terdapat pada tiga angka terdepan yaitu 180. Kode tersebut merupakan kode ketebalan dari ban dalam sehingga mobil Daihatsu Xenia Attivo memiliki lebar ban sebesar 180 mm.

3. Baca rasio ban mobil

Langkah selanjutnya, Anda perlu membaca ukuran rasio ban mobil. Rasio merupakan tinggi ukuran ban, dan terdapat setelah kode ban. Contoh, mobil Daihatsu Xenia Attivo memiliki ukuran 180/70 R14. Berarti ukuran rasio ban tersebut 70, yang berarti 70% dari lebar ban 180 mm.

4. Baca jenis konstruksi ban mobil

Langkah selanjutnya, Anda perlu jenis konstruksi ban mobil. Jenis konstruksi tersebut biasanya ditandai dengan kode huruf setelah kode rasio ban. Misalnya ban mobil Anda menggunakan ukuran 180/70 R14, kode R tersebut memiliki arti radial (ban dengan usia keausan yang lebih lama dibandingkan dengan ban diagonal).

5. Baca diameter ban mobil

Langkah terakhir, Anda perlu membaca diameter ban mobil. Kode ini biasanya bisa Anda temukan setelah kode konstruksi ban mobil. Misal di ban mobil Anda terdapat kode R14, berarti diameter ban dalam Anda 14 inchi agar sesuai dengan pelek mobil Anda. 

Bagaimana sangat mudah bukan? Jika Anda berniat mengganti ban mobil, pastikan kunjungi bengkel Daihatsu agar mendapatkan ban yang orisinil. 


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Cara Merawat Velg Mobil Agar Tetap Mengkilap

2021-02-18

Mobil merupakan kendaraan yang dibutuhkan banyak orang untuk berpergian baik dalam kota maupun ke luar kota. Oleh karena itu, tentunya memiliki mobil adalah keinginan ha

thumbnail

Hindari Kerusakan, Berikut 4 Cara Menyetel Wiper Mobil yang Benar

2021-01-12

Wiper merupakan komponen mobil yang memerlukan perawatan dan penyetelan dengan benar. Kedua hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar komponen wiper dapat menjang

thumbnail

Apa itu Kompresi pada Mobil? Ini Daftar Rasionya!

2022-12-15

Kompresi secara bahasa artinya adalah pemampatan. Dalam proses kompresi tentu saja menimbulkan tekanan. Oleh karena itu dalam dunia otomotif, kompresi adalah pemampa

thumbnail

Penyebab Ban Mobil Benjol dan Cara Mengatasinya

2023-11-21

Memahami penyebab ban mobil benjol beserta cara mengatasinya sangatlah dibutuhkan oleh setiap pemilik mobil. Sebab ban mobil yang benjol merupakan masalah yang perlu