Logo Daihatsu
Menu

Efek Buruk Busi Mobil Jarang Dibuka

Otomotif

2022-05-20

Busi Jarang Dibuka

Salah satu yang membuat kinerja mobil Anda terus optimal adalah busi harus dalam keadaan baik. Agar busi terus dalam keadaan baik maka busi wajib dibuka, yaitu dilakukan dengan melakukan servis secara berkala. Jangan sampai busi jarang dibuka sehingga mendatangkan efek buruk bagi mobil Anda.

Biasanya selama tidak ada masalah, banyak orang yang jarang membuka atau melepas busi mobil, padahal tidak harus menunggu bermasalah dulu, busi harus rutin dibuka dan dicek. Baca informasinya di sini hingga selesai dan ketahui berbagai efek buruk busi jarang dibuka. 

Bahaya Busi Mobil Jarang Dibuka

Seringkali timbul beberapa masalah akibat dari busi mobil jarang dibuka apalagi jarang diganti. Jangan sampai Anda terus melakukan kebiasaan ini karena, hal ini akan berdampak buruk pada kendaraan Anda. 

Berikut ini beberapa bahaya busi jarang dibuka dan jarang diganti.

1. Drat Busi Menjadi Susah Dibuka

Bila busi jarang dibuka, hal ini bisa menyebabkan drat busi menjadi melekat kuat pada damrat kepala silindernya. Jika ini terus dilakukan dan busi pun melekat kuat pada drat maka akan patah bila dipaksa ketika membukanya.

2. Bagian Drat Busi Menjadi Berkarat dan Korosi

Selain menyebabkan busi menempel kuat pada drat, busi yang jarang dibuka lama kelamaan bisa berkarat dan korosi, sehingga busi menjadi patah. Idealnya, Anda perlu membuka busi secara rutin dan melakukan servis secara berkala. 

3. Performa Mobil Menurun

Busi yang jarang dibuka apalagi jarang diganti dapat mengakibatkan performa mobil bisa menurun dan loyo Hal ini bisa terjadi karena perbedaan celah antara elektroda dan groudnya dan gab..

Bila kondisi tersebut terjadi maka busi yang bertugas memercikan listrik atau api pun menjadi tidak stabil (misfire) sehingga menyebabkan pembakaran kendaraan jadi tidak sempurna.

Hal inilah yang menyebabkan mobil ketika digunakan untuk melaju kencang terasa berat. 

4. Menyerang Berbagai Komponen Lain

Selain berpengaruh pada performa mobil, busi yang rusak dan berkarat karena  lama tidak dibuka dan diganti juga bisa menyerang berbagai komponen lainnya seperti halnya penyakit komplikasi. Jika hal ini terjadi maka siap-siap untuk merogoh kocek yang lebih dalam untuk perbaikannya.

5. Menyebabkan Kerusakan Kelistrikan Permanen

Busi yang menjadi garda paling depan dalam sistem pengapian kendaraan jika lama tidak dibuka ataupun diservis dan diganti adalah membuat tegangan pada komponen tersebut menjadi naik.

Dampak dari kondisi ini, busi akan menuntut suplai lebih besar dari bagian-bagian kendaraan yang berhubungan dengannya seperti aki.

6. Boros Bahan Bakar

Efek domino dari busi yang jarang dibuka dan diganti menyebabkan bahan bakar mobil Anda lebih boros, hal ini terjadi karena performa mesin menurun. Tenaga yang dihasilkan pun menjadi lebih lembek, kemampuan berakselerasi menurun sehingga mengakibatkan konsumsi bahan bakar pun lebih banyak dari sebelumnya. 

Dalam penggantian busi mobil, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah, namun ingat! hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan kunci untuk melepas pasang busi tersebut. Gunakanlah kunci yang tepat. Kunci busi merupakan salah satu SST atau special service tool yang ukurannya tentu harus sesuai dengan ukuran busi pada mobil Anda.

Setelah mengetahui bahaya busi jarang dibuka ini apakah Anda masih akan bermalas-malasan membuka busi dan malas menggantinya? Saran terbaik dari kami yaitu tetaplah rutin melakukan servis kendaraan Anda sebelum terjadi permasalahan yang lebih besar.

Selain melakukan servis secara berkala, keawetan kendaraan juga dipengaruhi dari pemilihan kendaraan pada awal pembelian, pilihlah jenis kendaraan terbaik dengan kualitas terjamin. Daihatsu adalah produk terbaik bagi Anda yang mendambakan mobil berkualitas dan awet. Dapatkan informasi mengenai produk dan layanan kami pada laman ini, jangan ketinggalan semua informasinya.


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail
New

Fatal! Musim Hujan, Jangan Selalu Gunakan Fitur Defogger

2022-05-20

Setiap mobil yang dipasarkan ke negara tropis yang sering hujan dan cuaca dingin, biasanya sudah dilengkapi dengan fitur standar deffogger alias anti kabut pada k

thumbnail
New

Bahan Pembuat Knalpot Mobil dan Cara Merawatnya!

2022-05-20

Supaya dapat berjalan, mesin mobil harus melakukan pembakaran. Sisa pembakaran tersebut harus dikeluarkan melalui knalpot. Jadi, fungsi utama knalpot adalah sebagai salu

thumbnail
New

Jenis-Jenis Transportasi Laut yang Ada di Indonesia

2022-05-20

Transportasi laut adalah alat transportasi yang lazim beroperasi di lautan. Transportasi laut sendiri punya beragam fungsi. Tergantung dari jenis transportasi laut itu s

thumbnail
New

Amankah Mesin Turbo Pakai Oli Biasa?

2022-05-20

Saat ini banyak pabrik mobil yang menawarkan kendaraannya dengan mesin turbo. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan tenaga yang lebih optimal meskipun kapasitas mesinnya