Logo Daihatsu
Menu

Tips Mengenali Gejala Busi Mobil Rusak

Otomotif

2021-01-02

busi mobil rusak

Busi memegang peranan penting sebagai salah satu komponen suku cadang kendaraan otomotif termasuk mobil. Busi mobil yang bermasalah dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang akibat ketidakseimbangan tenaga yang dikeluarkan pada setiap silindernya. Bahkan, busi mobil yang dibiarkan dalam kondisi buruk hingga rusak akan membuat mesin mobil mati.

Untuk dapat mendeteksi adanya masalah pada busi mobil bisa dilakukan dengan beberapa macam cara. Pendeteksiannya bisa dilakukan baik mobil dalam kondisi hidup, digunakan, ataupun mati. Busi yang bermasalah namun dibiarkan terus – menerus bisa menyebabkan masalah serius berupa tidak sempurnanya pembakaran yang ada pada ruang mesin.

Tanda Kerusakan Busi Mobil Ketika Jalan

Salah satu tips mengenali gejala busi mobil rusak adalah ketika mobil Sahabat gunakan untuk jalan. Karakteristik masalah pada busi mobil bisa dilihat baik pada mesin yang tak terasa nyaman hingga konsumsi bahan bakar.

1. Boros Bahan Bakar

Boros penggunaan bahan bakar adalah salah satu ciri umum adanya masalah pada busi mobil Sahabat. Untuk itu jangan pernah menunda mengganti busi mobil yang bermasalah dengan yang baru. Menunda mengganti busi karena alasan ingin berhemat sejatinya justru membuat uang Sahabat lebih terkuras untuk membeli bahan bakar.

Akibat kerusakan pada bagian busi mobil, konsumsi bahan bakar bisa naik hingga sebanyak 30 persen. Hal ini menyebabkan Sahabat harus sebentar-sebentar mengisi bahan bakar. Apabila Sahabat mulai merasakan mobil Sahabat terlalu cepat kehilangan bahan bakar, maka bisa jadi ini sudah saatnya untuk mengganti busi mobil.

2. Akselerasi yang Terhambat

Tanda lain dari kerusakan pada busi mobil adalah akselerasi mobil yang tersendat atau sering terhambat. Busi mobil harus segera diganti apabila Sahabat mulai merasakan akselerasi mobil tidak lagi lancar. Sahabat pun mungkin merasakan saat menarik gas mobil akselerasinya tidak seringan dulu dan terasa lambat atau bahkan seperti ingin berhenti. 

Mesin mobil dengan busi yang rusak pun akan terasa mengalami lonjakan ketika berjalan. Hambatan pada akselerasi mobil akan semakin terasa apabila muatan yang Anda bawa cukup banyak. Hal ini disebabkan oli atau bensin pada mobil tercampur dengan bahan lainnya karena mesin yang tidak bekerja seimbang.

3. Lapisan Kuning Terbentuk di Busi

Sahabat mungkin kerap menemukan busi pada mobil memiliki lapisan berwarna kuning. Hal ini dikarenakan adanya bahan tambahan yang tidak tepat lantas tercampur di dalam mesin mobil. Bahan tambahan yang tidak tepat ini bisa menimbulkan perubahan warna insulator menjadi kuning coklat bahkan hijau sedikit basah.

Tanda Kerusakan Busi Mobil Ketika Hidup (Idle)

Kondisi idle dalam dunia otomotif dimaknai sebagai kondisi dimana kendaraan tersebut dalam kondisi diam atau stasioner. Jadi, mesin mobil memang dihidupkan namun mobil tidak digunakan berjalan. Ada beberapa tanda kerusakan busi mobil yang sebenarnya mudah dikenali saat mobil diam.

1. Putaran Tidak Halus

Anda tentu mengenali kondisi putaran mobil Sahabat dalam kondisi normal atau yang biasa bukan? Saat busi mobil Sahabat mengalami kerusakan, maka akan terdapat perubahan pada kondisi putaran mobil. Putaran mobil akan terasa kurang halus dan terasa lebih berat saat bekerja. Masalah ini dapat dirasakan dari bagian dalam kabin mobil. 

2. Terdapat Getaran Tak Normal pada Mesin

Sahabat pun dapat mendengar dan merasakan adanya getaran tak normal pada mesin mobil saat dihidupkan. Getaran ini tidak pernah muncul sebelumnya saat busi dalam keadaan baik. Perhatikan perbedaan pada mobil Sahabat dengan cermat untuk mengetahuinya.

3. Tuas Gas Berat

Tanda lain yang sangat terasa adalah ketika Sahabat ingin menarik tuas gas pada mesin mobil. Saat ditarik, tuas gas tersebut akan terasa sangat berat tidak seperti biasanya. Hal ini disebabkan mesin mobil tidak dapat bekerja secara seimbang. Ketidakseimbangan ini muncul karena tenaga yang dikeluarkan pada setiap silindernya tidak berkesinambungan.

Tanda Kerusakan Busi Mobil Ketika Mati

Tanda kerusakan pada busi mobil juga bisa dilihat saat kondisi mesin mobil dalam keadaan mati. Tanda – tandanya bisa diperhatikan dari tampilan hingga performa mobil.

1. Warna Busi Mobil Berubah Coklat

Untuk meyakinkan Sahabat apakah busi mobil benar – benar bermasalah atau tidak sebenarnya bisa dilihat dari fisik busi tersebut. Saat mesin mobil Sahabat matikan, Anda bisa mengecek warna dari busi apakah berubah atau tidak. Busi yang bermasalah dan harus segera diganti akan mengalami perubahan warna berupa kecoklatan. 

2. Warna Busi Mobil Berubah Kuning atau Kemerahan

Selain itu, warna pada busi mobil juga bisa berubah menjadi kuning atau kemerahan. Apabila busi berubah warna menjadi kuning atau kemerahan, busi belum harus diganti namun hal ini menunjukkan adanya masalah pada bagian lainnya. Busi yang berubah menjadi warna ini disebabkan karena pemanasan yang berlebih. Karena itu apabila warna busi menjadi kuning kemerahan segera periksa bagian pendingin.

3. Warna Busi Mobil Gosong

Busi juga bisa berubah warnanya menjadi hitam gosong. Apabila hal ini terjadi, maka masalahnya bisa jadi terletak pada pengaturan bahan bakar mobil. Segera bawa mobil ke bengkel untuk pemeriksaan bagian bahan bakar.

4. Busi Meleleh

Kompresi pada mobil yang bermasalah seperti bocor akan berdampak terhadap busi yang meleleh. Apabila hal ini terjadi segera bawa mobil Sahabat ke bengkel.

5. Mesin Sulit Dinyalakan

Sahabat mungkin sering merasakan betapa sulitnya menghidupkan mesin mobil di pagi hari. Apabila hal ini terjadi, patut dicurigai masalahnya terletak pada busi mobil Sahabat. Busi yang bermasalah juga bisa berakhir menyebabkan mesin Sahabat sering mogok di tengah perjalanan. 

Tips Merawat Busi Mobil

Busi sangat penting untuk memicu terjadinya pembakaran dengan cara memercikkan api ke dalam ruang bakar mobil. Dari percikan api inilah kemudian akan menyulut terjadinya pembakaran pada bahan bakar serta udara di dalam mesin mobil. Karena itu, tatkala busi bermasalah, salah satu tanda mudah yang dapat dikenali adalah mesin sulit untuk hidup. Untuk merawat busi dapat dilakukan dengan tips berikut ini:

1. Membersihkan Busi Mobil

Rutinkanlah membersihkan busi mobil Sahabat. Jika ingin membersihkan sendiri cukup mudah dengan merendam busi di dalam bensin. Perendaman cukup dilakukan selama 5 sampai 10 menit saja. Setelahnya kotoran yang tertinggal di busi disikat menggunakan sikat gigi ataupun sikat kawat. 

2. Jarak Elektroda Diatur

Jarak elektroda yang ideal adalah 0,6 sampai 0,8 mm saja. Jarak pengaturan elektroda busi ini harus tepat dan jangan terlalu dekat maupun jauh. Hal ini karena pemercikan api di ruang bakar akan terpengaruh oleh jarak elektroda. 

3. Pasang dengan Tepat

Busi mobil harus dipasang dengan kencang pada tempatnya. Pasang menggunakan tangan kemudian dikencangkan lewat kunci busi.

Tips mengenali gejala busi mobil rusak sangat penting agar Sahabat mampu melakukan pencegahan kerusakan busi sebelum lebih parah. Membiarkan mobil menggunakan busi yang sudah rusak dikhawatirkan akan berdampak pada komponen lain dari mesin mobil.

Baca juga : Rekomendasi 7 Merk Cat Mobil yang Awet dan Bagus


Tag

Otomotif

Share This

Tips Sahabat

thumbnail

Dasar dan Peraturan Pajak Kendaraan Bermotor

2020-11-17

Memiliki kendaraan bermotor harus siap menanggung pajak yang wajib dibayarkan setiap tahun. Baik motor ataupun mobil, keduanya punya dasar pengenaan dan memiliki tarif pajak sesuai ketentuan yang b

thumbnail

Perbedaan Ban Tubeless Dengan Ban Biasa

2020-12-23

Ban merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah kendaraan, baik mobil maupun motor. Adanya komponen yang terbuat dari karet tersebut, akan membantu menciptak

thumbnail

Fungsi Water Jacket, Komponen, dan Penyebab Kerusakannya

2022-10-24

Water jacket adalah ruang yang ada di dalam mesin mobil sebagai tempat untuk menyimpan air pendingin mesin (coolant) yang bersikulasi di dalam mesin mobil. Maka dari itu, f

thumbnail

Memahami Pengertian Coating Mobil dan Apa Saja Fungsinya

2021-01-06

Mungkin sebagian orang berpikiran, melakukan perawatan pada mobil hanya sekedar mesin, rem, ataupun komponen lainnya.Namun apakah Anda